Jadi saya sudah sekian bulan kecanduan main game Line Ranger ini. Cukup mengherankan karena biasanya saya cepat bosan dengan game. Sebelum game LR ini, saya pernah main Pokopang dan Line Jelly. Tidak lama saya bertahan dengan 2 game itu sebelum akhirnya saya uninstall dari gadget saya.


Oya, gadget saya sudah ganti lagi. Gadget terakhir yg saya posting di sini adalah si ALE2.

Namun sejak saya beli dan gunakan P780 di bulan Peb 2014 ini, saya 'tidak keberatan' utk menginstal game, terutama karena internal memori P780 lebih besar daripada si ALE2.

Pertimbangan saya membeli P780 adalah karena baterai yg mantap sumantap, 4000 mAh. Namun seiring berjalannya waktu, ternyata percuma punya batre sebesar itu apabila P780 sering digunakan untuk main game LR, apalagi jika sinyalnya tidak memadai.

Walhasil, P780 saya yg biasanya 2 hari baru dicharge, kini mesti sehari sekali dicharge! :-))

Menyesal? Ah, tidak jugak. Keasyikan main game LR membuat saya tidak peduli dg batre yg cepat menipis, hihihi.

Ok, saya ingin membahas sedikit mengenai game LR ini. Kunci bermain game LR adalah SABAR serta BERPIKIR TAKTIS. Sabar karena kadang untuk melewati 1 stage dibutuhkan waktu yg cukup lama. Rekor saya: 4 hari untuk bisa melewati level 100. Berpikir taktis dalam artian, anda mesti cari solusi untuk menaklukkan lawan anda dengan memanfaatkan kelebihan masing2 ranger yg anda miliki.

Saat artikel ini dibuat, saya sudah di level 117, hehehe. :-)

Terus terang, keberhasilan saya berada di sana adalah karena saya punya ranger KSM, salah satu ranger terkuat yg ada. Beberapa orang mungkin tidak membutuhkan ranger KSM, tapi dengan adanya KSM saya bisa mengalahkan musuh lebih mudah (dan cepat).

Berikut ini taktik yg biasa saya gunakan untuk bermain game LR:
1. Jika musuh di level tersebut bergerak dengan cepat, maka gunakan taktik: 2 ranger SPLASH, 1 ranger HEALTH/BALANCE, dan 2 ranger ATTACK (dengan kebutuhan gem yg kecil). Saya biasa gunakan: KSM, SOL (atau Luke atau Clara), Fighter Moon/Macho Moon, Crush, Scott (atau Glenn).

2. Jika musuh di level tersebut bergerak dg normal, saya biasanya gunakan taktik: 1 ranger SPLASH, 2 ranger HEALTH, dan 2 ranger ATTACK (dg gem menengah). Contoh: KSM/SOL, Fighter Moon/Macho Moon, Sindy, Ellin.

3. Di level 100 ke atas, saya biasanya mencapai level 4 sebelum mulai menyerang. Di tengah2 pertarungan, saya baru naikkan level kebutuhan gem hingga level 8.

4. Siapkan hujan meteor, hujan es, angin topan, dan recovery + friend sebelum bertarung. Untuk friend, pastikan anda manfaatkan karena jika tidak maka akan dianggap hangus. Sementara utk 4 item pertama tadi, jika anda tidak gunakan maka tidak akan hangus.

Menemui kesulitan menembus level tertentu? Cara paling mudah: cari video tutorialnya di youtube, hehehe. :-)

Moral story:
- game itu mengasyikkan, tapi bisa bikin lupa waktu! ;-)

- saya jarang suka game, tapi begitu saya suka maka saya akan 'serius' bermain dan mendalaminya. ;-D

Update 20 Juli 2014:

Game Line Ranger (LR) kini sudah mengalami banyak peningkatan. Level-level baru, stage baru sudah disediakan oleh pencipta dan pengembang game ini.

Level baru sudah mencapai 132 level dengan adanya level Maze. Cukup sulit bagi saya untuk bergerak dan maju dengan cepat karena ranger2 yg saya miliki nampaknya kurang memadai.


Beberapa waktu lalu sempat ada event untuk memperoleh ranger terkuat, yakni Susu, namun saya gagal mendapatkannya. :-(


Stage-stage baru yg disediakan adalah "Endless Mode" dan "Battle Mode". Di endless mode kita akan melawan musuh2 LR dari level 1 hingga level terakhir yg kita capai. Cukup seru dan mengasyikkan melawan musuh yg tidak berhenti2 datang. :-D

Sementara untuk Battle mode kita akan melawan musuh yg dipilih secara acak. Rekor saya berhasil menang 50 kali berturut-turut. Saya lupa screenshotnya, nanti jika sudah ketemu saya akan update.

Saat ini komposisi ranger saya adalah seperti berikut:


Tips tambahan:
- bagi yg ingin serius 'mendalami' game LR ini, bisa mengunjungi situs berikut.

- untuk memperoleh ruby secara gratis, ikuti langkah2 berikut. Pertama, login tiap hari (meski tidak main). Jika anda rutin login tiap hari, maka dalam seminggu anda akan memperoleh 35 ruby (gratis). Kedua, bermain battle mode. Meski sulit utk meraih top ranking, tapi MINIMAL anda bisa dapat 20 ruby/minggu. Total jendral anda bisa dapatkan 55 ruby/minggu. Dalam sebulan bisa diperoleh 220 ruby.

- gunakan ruby di gacha HANYA PADA SAAT EVENT seperti contoh berikut ini. Dengan demikian peluang mendapat ranger 5* akan lebih besar! saya pernah 'iseng' mencoba gacha yg 100 ruby (mendapat 6 rangers) di luar event. Hasilnya sangat mengecewakan! Yang saya dapatkan: 1 ranger 5*, 1 ranger 4* dan sisanya, 4 ranger 3*. Sementara jika saya coba di saat event, yg saya dapatkan 3 ranger 5*, 1 4* dan 2 3*.

Update 2 Agustus 2014:

Saya mendapatkan 3 ranger baru yg baru launch tgl 1 Agustus 2014.

*foto dari sini*


Yang paling powerfull (dan berguna) adalah si Chichi, yg menggunakan 'jurus' Taichi (or something like that). :-)

Update 3 Agustus 2014:

Berikut beberapa tips yg cukup penting.

Tim Ranger
1. Di level 85-96, gunakan komposisi 3 ranger dg mineral sedikit + 2 ranger dengan kemampuan splash. Komposisi yg saya gunakan, sebelum ranger saya sebanyak sekarang, adalah sebagai berikut:





2. Untuk melalui dan memenangkan level 97-108, bisa gunakan ranger dg komposisi: 1 health, 1 balance, 3 splash.



3. Sementara untuk level 109-120, saya gunakan 1 health, 1 balance, 1 attack, 2 splash. Ganti Soc Cony dg KSM, itu lebih baik.



4. Agar bisa menang di level 121-127, saya gunakan beberapa komposisi berikut.




Taktik Tempur
1. Untuk level 85-108, naikkan level mineral hingga 4, baru serang musuh. JANGAN naikkan level mineral ke level 8 saat awal permainan, karena kemungkinan kalah akan besar.

2. Musuh di level 100, 104, dan 108 relatif mudah. Di sini saatnya mendapatkan ranger2 dengan * yg tinggi (4* dan 5*), misalnya Xan, Witch Con. Jadikan mereka master. Skill yg dibutuhkan: jago menghentikan spin.

3. Di level 109-112, naikkan level mineral hingga level 8, baru menyerang.

4. Di level 113-127, naikkan level mineral bertahap dg sesekali mengeluarkan ranger untuk menahan serangan musuh. Minimal mineral level 4 baru full konsentrasi menyerang.

Jumlah kemenangan battle maksimal = 99 wins, meskipun anda sudah menang 2juta kali battle. ;-(


Semoga berguna. :-)

Catatan: artikel ini diupdate di sini. Bagi yg request di-add teman Line (utk game LR ini) silakan berkomentar di artikel baru, karena di sini sering tidak muncul.

Artikel ini pindah ke blog baru khusus Line Rangers.