Sebenarnya sudah lama unek2 ini ingin saya sampaikan kepada tukang krosposting antar media sosial.

Catatan: harap dibedakan krosposting ke berbagai media sosial dg krosposting antar media sosial. Krosposting ke berbagai media sosial masih saya tolerir, karena pada dasarnya dia sama dg kupipes pesan ke berbagai media sosial yg dia miliki. Sementara krosposting antar media sosial, dia posting di satu media sosial yg lalu 'di-fw' ke media sosial lain.

Krosposting ke berbagai media sosial saya lakukan utk publikasi blog. Dan sekali lagi, saya melihatnya sebagai suatu hal yg wajar, apalagi wordpress memang menyediakan fitur ini.

Sementara krosposting antar media sosial, bagi saya 'merusak' fungsi dari media sosial itu sendiri.

Contoh paling mudah, path. Medsos ini (dulu) terbatas sifatnya, hanya 150 orang (kini sih katanya jadi 500 orang). Tapi karena ada fitur krosposting, maka postingan di path akan muncul juga di twitter dan facebook, yg notabene berarti merusak hakikat path sebagai 'privacy' (atau terbatas) media sosial.

Dengan embel2 mesti klik url di path, bagi saya ini seperti 'pemerkosaan' path (hahaha..lebay bahasanya).

However, sebenarnya TIDAK ADA PRIVASI DI MEDIA SOSIAL! Jika kita mau melongok ke belakang, kita tentu masih ingat adanya postingan perempuan yg ngomel2 di pathnya ttg tempat duduk. Dan itu semestinya hanya bisa dilihat teman2nya saja. Tapi karena ada temannya yg 'berkhianat', maka bocorlah postingan di path itu dan si perempuan itu menjadi obyek kecaman di berbagai media sosial.

Intinya sih, saya hendak tekankan bahwa tidak ada privasi di media sosial. Tapi hendaknya (jika memungkinkan) tidak krosposting antar media sosial, apalagi jika ternyata anda klik url path si A, ternyata A bukan teman anda. Saat anda minta konfirmasi jadi teman, si A malah ga respon. Pedih kaannn...?? *eitsss...ini bukan curcol. saya sih baik2 saja kalo ga direspon/di-accept jadi teman di path. ga akan mati gara2 ga di-accept kok!*

Gambar dari sini.

Moral story:
- krosposting antar media sosial itu menyebalkan (buat sayah)! :-(