Saya baru menyaksikan film Pacific Rim (PR) hari ini. Telat? Jelas. Menyesal? Tidak.

"Lho, kok tidak menyesal meski telat menonton film PR ini?"

Simple saja, dari awal saya tidak terlalu tertarik melihat film PR ini. Penyebabnya juga simple, karena bagi saya film PR merupakan jiplakan dari film Neon Genesis Evangelion (NGE).

"Ah, ga mungkin lah film Hollywood nyontek!! Jangan fitnah!!"

Ga usah lebay seperti itu. Banyak kok film2 Hollywood yg 'mengadaptasi' (bahasa sangat halus untuk mencontek) film2 dari negara lain lalu di-remake sesuai dengan plot yg sooo Amrik. ;-) Sah-sah saja, hanya saja bagi saya itu adalah masalah besar karena sudah tidak original lagi!

Bagi yg menganggap PR bukan jiplakan NGE, ada baiknya ada mencek dahulu film NGE.

Sudah dicek? Bagaimana, banyak persamaannya kan? Atau terlalu banyak? Atau cuma 'sedikit'?

Saya sendiri menganggap kemiripan PR dg NGE sekitar 70% dan sekitar 10% njiplak dari film Shogun Geta (Getter Robo), terutama mengenai lokasi para Kaiju. Sisanya, jiplakan dari Ultraman, hahaha.

Membandingkan nilai film PR dg NGE, ternyata NGE lebih unggul sebesar 0.9, yakni 8.3 berbanding 7.4. Bagi saya hal ini melegakan karena terbukti bahwa NGE memang film original dan PR adalah film jiplakan. ;-)

Terlepas dairi film jiplakan, saya melihat film PR agak menarik di bagian pertarungannya meski gerakan si Jaeger nampak canggung dan tidak luwes.

Saya coba buat review saya utk PR terhadap NGE. Pertama, pengendalian robotnya. Lebih keren NGE karena hanya butuh 1 orang utk menggerakkan/menggunakan robot tempur. Sementara di PR mesti 2 orang, itupun dengan 'syarat' keduanya mesti 'disinkronisasi' dahulu utk emosi dan memorinya. Di NGE sendiri sempat ada section sinkronisasi antara Shinji dg Rei dan Shinji dg Asuka. Tapi yaaa ndak selebay di PR ini lah. ;-)

Kedua, cara pengendalian robotnya pun lebih keren NGE terutama karena dia film kartun sehingga si pengarang/pembuat film bebas saja untuk berimajinasi. Untuk PR, dia terhalang dg realita. Namun di NGE, keterkaitan si pilot dengan EVA sedemikian kuat. Apabila Eva mengalami patah tulang, hal yg sama juga dialami si pilot. Hal ini dikarenakan si pilot sudah menyatu dg Eva.

Ketiga, sisi pertarungan. Saya tetap menganggap pertarungan Eva vs Angels lebih seru dan lebih sadis. Bahkan untuk film pertama NGE, ketika si Shinji tidak sadarkan diri akibat diserang Angel, tiba2 si Eva berubah mode menjadi mode berserk dan menyikat habis musuhnya. Sementara di PR, ketika Mako 'bengong' akibat ngelamun, si Jaeger ga ngapa2in.

Saya pikir cukup 3 poin saja review saya untuk PR dg NGE karena saya malas melanjutkan. Ga apple to apple, istilahnya, hehehe.

Gambar dari sini dan sini.

Moral story:

- untuk urusan imajinasi, saya lebih menjagokan orang Jepang daripada orang Amerika.

- film2 robot dari Amerika tidak terlalu ok, menurut saya. bahkan seri Transformers pun menurut saya ga cukup ok. malah saya lebih suka PR daripada Transformers.