Well, sebenarnya artikel ini di luar konteks jadwal ngeblog saya, tapi ya ga papa toh saya ngeblog? ;p

Saya bukan penggemar (liga) sepakbola Indonesia. Simpel saja alasannya. Pertama, tidak diurus dengan baik (manajemen yg buruk). Kedua, banyak klub yg tidak profesional. Sudah banyak kasus yg menunjukkan ketidakprofesionalan manajemen klub. Mulai dari telatnya pembayaran gaji (bahkan termasuk Bambang Pamungkas dan Irfan Bachdim, yg akhirnya terpaksa hengkang dan nyari makan di klub luar negeri, terlebih dg kasus Diego Mendieta di sini). Ketiga, banyaknya supporter bola yg lebay dan ga beradab (jika tidak mau dikatakan barbar). Keempat, pemain yg suka njotos wasit seenaknya saat bertanding.

Kasus yg terjadi hari Sabtu kemarin, ketika Persib bertandang ke stadion GBK adalah kasus terbaru dari supporter2 bola yg lebih mengedepankan emosi dan fanatisme lebay.

 

Sayangnya kelebayan the jak juga diikuti sikap para bobotoh yg mengadakan razia kendaraan2 bermotor (terutama mobil) dengan plat B yg sedang berlibur di Bandung.

So, saya menilai kedua suporter sama-sama lebayatun akbar.

Jika sudah begini, lebih baik liga sepakbola Indonesia dihapuskan saja. Karena tidak ada manfaatnya! Coba anda tunjukkan manfaat dari liga sepakbola Indonesia! Berprestasi di tingkat ASEAN saja tidak kok! :p

Gambar dari sini.

Moral story:
- ndak perlu mbahas liga sepakbola Indonesia, ga ada manfaatnya :p

- timnas sama saja, ndak ada prestasi yg bisa dibanggakan. oya,ndak usah menghubungkan nasionalisme dengan timnas. tau apa anda ttg nasionalisme? :p