Semuanya diawali ketika saya sedang asyik makan malam dengan Wify dan #mbakMika seraya menonton acara di sebuah televisi lokal. Saat jeda, mendadak muncul iklan yg diawali dengan ludah bercampur darah muncul di layar televisi. Sontak saya merasa jijik dan nyaris kehilangan nafsu makan, jika tidak segera memindahkan saluran televisi.

Ya, itulah iklan Parodontax, sebuah pasta gigi yg belakangan sedang gencar beriklan, namun menurut saya kurang etis.

Mengapa kurang etis? Banyak pasta gigi yg beriklan, termasuk yg menyatakan bisa mencegah gusi tidak berdarah bla 3x, namun toh tidak perlu menampilkan visual se'brutal' Parodontax. Jika tidak mau dianggap ekstrim karena beralasan mesti ada bukti gusi berdarah, kenapa iklan pembalut tidak menampilkan pembalut yg berlumuran darah haid? ;-)

Dan ketika saya cek di account twitter @rennyardhita, ternyata banyak juga yg menyatakan kekesalannya dg iklan Parodontax.

Iseng saya searching di Youtube, ternyata memang 'defaultnya' iklan Parodontax adalah menyajikan (secara visual) ludah bercampur darah. Bweehhhh.. :-S

Saya jadi heran dg perusahaan Parodontax ini, apakah mereka ga punya akal dan otak sama sekali yak? :p Saya dirasa kasar? Kasar mana dg iklannya? Eh, anda tidak merasa jijik? Mungkin anda memang tidak normal :-D

Moral story:
- selalu ada cara utk beriklan dg elegan, tanpa perlu bikin penonton merasa mual ataupun tidak nyaman

- beriklan tidak perlu brutal ataupun vulgar, apalagi menampilkan hal2 yg menjijikkan ;-)