Akhirnya kabar buruk itu menjadi kenyataan. Posterous, salah satu layanan nge-blog (gratisan) yg saya sukai, akhirnya menutup 'lapak'nya. Masih lama sih, 30 April 2013. Jadi, ketika saya mendapat kabar buruk itu, 16 Peb 2013, saya segera menyiapkan proses backup.

Ada 3 blog saya di posterous, yakni blog posterous-nya mas Fahmi - foto2 dan catatan2 ringan mas Fahmi ;-) lalu Foto2 Kulinernya mas Fahmi dan yg terakhir adalah COMICSTRIP ISENG-NYA MAS FAHMI.

Sebagai kenang2an, saya pasang skrinsut bagian depan ketiga blog di atas.

  

Saya mengenal Posterous sejak 2009, dan saya langsung (cukup) tergila-gila menggunakan layanan ini. Penyebabnya tidak lain dan tidak bukan adalah kemudahannya dalam posting, cukup dengan mengirim email. Blog lain sebenarnya sudah punya fitur yg serupa, bahkan di Blogger.Com dan Wordpress.Com juga jauh2 hari sudah ada.

Namun entah kenapa, saya melihat Posterous lebih mengasyikkan.

So, mulailah saya menggunakan jasa Posterous sebagai fotoblog, terutama utk hal2 yg unik, wisata kuliner, maupun kelakuan 'iseng' saya.

Meski tutup, bukan berarti Posterous lantas lepas tangan. Setidaknya Posterous masih 'bertanggung jawab' dengan memberikan fitur backup. Dengan demikian, para pengguna Posterous bisa menyelamatkan 'harta' mereka sebelum harta tsb dihapus.

Cara membackupnya mudah sekali! Coba baca petunjuk yg diberikan ini.

Saya sendiri, seperti saya tulis di atas, segera melakukan proses backup utk ketiga blog saya di Posterous. Hasilnya adalah seperti berikut:

Pheww...lumayan juga ternyata ukurannya. Dan kini postingan di ketiga blog saya di Posterous sudah tidak menampilkan lagi postingan2 lama (sebelum 2013).

Dengan tutupnya Posterous, terus terang saya agak kebingungan juga mencari 'lapak' baru utk menyalurkan hobi fotografi (amatir) saya ini. Dari pihak Posterous sendiri menyarankan Blogger dan/atau Wordpress. Tapi seperti saya tulis di atas, 'taste' postingan via email dari kedua layanan tersebut ga se-oke Posterous.

Sempat terpikir untuk membuat akun di Tumblr.com, tapi saya masih belum menemukan kecocokan.

Anda sendiri, yg menggunakan Posterous, berniat memindahkan postingan anda ke mana?

Moral story:
- semua yg gratisan tidak ada yg abadi ;-(

- meski Posterous bergabung (baca: dibeli) oleh Twitter 12 Maret 2012, toh ternyata bukan berarti Posterous akan terus dikembangkan (dan terbukti kan, sekarang ditutup?)

- Ada yg punya saran lapak mana yg 'taste' serupa dg Posterous? Info2 yak?! :-)