Tahun ini saya agak 'apes', nyaris terlambat (atau malah memang terlambat? mudah2an sih ndak terlambat) melaporkan spt tahunan saya. Penyebabnya tidak lain dan tidak bukan adalah tutupnya kantor2 pelayanan pajak (KPP) karena ada long weekend di akhir bulan Maret 2013 ini.

Sebagaimana kita ketahui bersama, KPP biasanya masih buka (melayani) pada hari Sabtu, terutama bila musim2 pelaporan spt. Sialnya akhir bulan Maret ini, libur sudah dimulai sejak tgl 29 - 31 Maret 2013. Akibatnya jelas, otomatis KPP libur pada hari Sabtu.

Tinggal saya yg kalang kabut, terutama karena awalnya saya tidak ngeh dengan tutupnya KPP di long wiken ini. Sejak jam 10 pagi, saya sudah tancap gas, menuju KPP Tebet. Kenapa KPP Tebet? Karena saya tahu persis KPP Tebet ini buka di hari Sabtu utk pelaporan spt (tahun lalu saya mengantar Mia Wify ke sini).

Setibanya di sana, saya gigit jari karena ternyata KPP Tebet tutup. Selanjutnya saya menuju KPP Pancoran, yg ternyata juga tutup. Di sana saya bertemu dengan sesama wajib pajak yg juga agak2 bingung dengan tutupnya KPP ini.

Saya sempat cari info mengenai drop box. Eh, apes juga. Ternyata drop box sudah berakhir per 28 Maret 2013 (Kamis).

Putar otak, saya coba daftar online untuk pengisian pajak. Eh, ternyata kodenya akan dikirim ke alamat wajib pajak. Lah...apa gunanya online jika begituuuuu? HALLOOOOO BAPAK-BAPAK DINAS PAJAK, NGERTI NDAK MAKSUD ONLINE? ;-)

Akhirnya beberapa teman di twitter menyarankan saya untuk mengirim spt via pos. Ok, saya segera cari informasinya dan saya rangkum di sini.
Dalam waktu 20 menit, akhirnya saya berhasil mengirim spt saya melalui pos. Saya gunakan jasa pengiriman 1 hari sampai. Agak mahal sih, Rp 21 ribu, jika dibandingkan dg yg biasa, Rp 6 ribu. Tapi saya pikir 'kehilangan' Rp 15 ribu masih lebih baik daripada kena denda Rp 100 ribu. ;-)

Oya, seperti saran @askvicong, jangan lupa untuk menyimpan bukti pengiriman spt via pos, agar anda tidak dikenai denda karena dianggap terlambat. :-)

So, jika lain kali anda memang ndak sempat memasukkan spt anda ke drop box atau titip utk dikirim ke KPP, maka anda bisa mengirim spt melalui pos dengan rincian berikut ini.

Semoga berguna.

Moral story:
- mestinya KPP tidak libur meski long wiken, atau memberi kelonggaran hingga hari Senin berikutnya ;-)

- selalu ada jalan mengirim spt. Pertama, anda bawa sendiri + masukkan di KPP. Kedua, anda cari drop box terdekat. Ketiga, dengan online. Keempat, dengan pos.