Saya menulis dan menerbitkan artikel ini tepat di hari Pahlawan di tahun 2012 bukan berarti saya tidak menghargai apalagi meremehkan jasa para pahlawan yg telah berjuang untuk meraih dan mempertahankan kemerdekaan. Apalagi mereka2 yg telah mengorbankan diri dalam berjuang.

Justru, saya ingin 'menggugat' pernyataan yg sering saya terima sejak kecil, bahwa bangsa Indonesia mempunyai kemampuan yg sedemikian hebat karena telah berhasil mengalahkan pasukan Belanda (dan juga Sekutu) dan meraih kemerdekaan. 'Kehebatan' ini dilukiskan dengan pernyataan "bambu runcing bisa mengalahkan tank dan senjata".

Mari kita pikir sejenak dg logika yg sederhana.

Dari sisi bahan saja sudah tidak masuk akal bagaimana mungkin bambu bisa menembus (apalagi menghancurkan) tank? Jika yg dimaksud bambu runcing bisa digunakan untuk membunuh pengendara tank, itu masih lebih masuk akal.

Atau malah seperti pernyataan saya berikutnya, mungkin masih masuk akal juga ;-


Saya punya beberapa dugaan mengenai pernyataan bambu runcing bisa mengalahkan tank ini.

Pertama, bangsa Indonesia doyan hal2 yg berbau mistis. Kedua, (masih terkait poin 1) untuk membangkitkan semangat karena sebatang bambu ternyata bisa mengalahkan tank dan senjata.

Namun, entah kenapa, bagi saya kedua dugaan alasan di atas itupun agak2 absurd (padahal saya sendiri yg mikir 2 hal tersebut, ahhaha). Logika saya kok yaaa ndak nyampe utk bisa memahami latar belakang munculnya pernyataan bambu runcing bisa mengalahkan tank itu lho?!

Anda sendiri bagaimana, apakah menyetujui dg pernyataan tersebut? ;-)

Moral story:
- sejak baheula bangsa Indonesia doyan sekali dg hal2 berbau mistis

- namun utk alasan2 tertentu, hal2 berbau mistis ini bisa membangkitkan semangat berjuang para pahlawan kala itu

- sah2 saja jika saya menolak pernyataan heroik ini, ya karena saya tidak mengalami sendiri masa2 perjuangan

- menolak pernyataan heroik ini bukan berarti saya tidak menghargai jasa para pahlawan lho! ;-)</div>