Berhubung saya tidak sempat memberikan materi kultwit mengenai aplikasi twitter seperti yg pernah saya janjikan ke pakdhe @cah_ndableg, maka saya buat artikel ini sebagai penggantinya. Dengan artikel ini, saya harap bisa menjelaskan cukup fair, agar tidak terjadi salah tafsir. :-)

Setidaknya ada 3 aplikasi twitter yg pernah saya gunakan di Gemini saya.

1. Twitter for Blackberry
Sebenarnya Blackberry sudah mempunyai aplikasi standar untuk twitteran yang sudah disediakan pihak Twitter.

Bagi saya, aplikasi standar ini benar2 (maaf) tidak cukup memenuhi kebutuhan saya untuk ber-twitter-ria karena fitur2nya yg terlalu simple. Analoginya anda membeli mobil avanza yg benar2 kosongan. Yang penting bisa jalan.

Kelebihannya, menurut saya, aplikasi ini tidak terlalu boros baterai Blackberry.

Nilai: 6.0

2. Uber Social (d/h Uber Twitter)
Sejak pertama kali menggunakan aplikasi US ini, saya sudah tertarik dengan fitur2 yg ditawarkan, antara lain:

- cache (mode offline). jadi, apabila jaringan sedang tidak bersahabat, saya masih bisa melihat kicauan dari following2 saya. jika tidak salah, max kicauan yg bisa dihandle sebanyak 1800 tweets.

- bisa update ke facebook (meski saya ga pernah main facebook)

- jika gagal update, anda bisa masukkan ke draft

- menyimpan hashtag2 yg pernah anda gunakan

- ada fitur mute

- gambar ditampilkan di bawah tweet

Nilai: 7.5

3. Socialscope
Bagi saya, aplikasi ini merupakan aplikasi yg paling ok, meski ada beberapa kelemahan.

Fitur yg dimiliki hampir sama dg fiturnya US, namun kelebihan lain yg saya sukai:

- bisa scroll ke atas dg hanya menekan huruf "N". ada beberapa shortcut lain yg cukup bermanfaat yg bisa dibaca di sini.

- kita bisa create dan menampilkan tab2 baru, entah itu dari list kita ataupun dari seseorang. cocok untuk yg punya 'bakat' stalking. :-) saya gunakan fitur ini terutama untuk menampilkan tweet dari media online. jadi tidak campur aduk dengan TL saya.

- fitur mute-nya lebih ok dari US, bisa diset forever. :-)

Kelemahan SS:

- hashtag yg pernah anda gunakan akan hilang apabila BB anda direstart. hal yg sama kadang2 terjadi pada draft kita ;-(

- lebih boros baterai dibandingkan 2 aplikasi di atas.

- shrink text (url) seringkali tidak bisa bekerja seperti yg diharapkan.

- tdk tahu tweet kita yg di-retweet orang lain

- timeline kita seringkali tidak update (ada tweet kita yg tidak muncul)

Nilai: 8

So, silakan pilih aplikasi twitter utk BB yg paling sreg di hati. :-)

Foto dan gambar dari sini, sini, dan sini.

Moral story:

- aplikasi itu: fiturnya oke, cepat, reliable. anda hanya bisa memilih 2 dari 3 opsi itu.

- saya tidak terlalu suka aplikasi standar (dalam hal ini twitter for blackberry)

- bagi saya pribadi, SS adalah aplikasi twitter terbaik untuk BB.

- penilaian ini sangat subyektif! :-D