Pada hari Jum'at lalu, 6 Juli 2012, pengumuman mahasiswa baru yg diterima di PTN di Indonesia, serentak diumumkan. Saya yakin tangis bahagia, teriakan kepuasan, ataupun isak tangis karena gagal lulus merupakan hal yg akan ditemui.

Saya otomatis teringat pengalaman saya dahulu menjelang pengumuman UMPTN. Perasaan berkecamuk, menantikan kabar apakah saya berhasil diterima di ITB atau tidak. Seingat saya dahulu, pengumumannya dilakukan di hari Sabtu (pagi).

Perasaan dag dig dug akhirnya hilang sejak hari Jum'at siang, usai dapat bocoran dari seorang teman Bapak, yg mengatakan saya diterima di ITB. Alhamdulillah. :-)

Perasaan dag dig dug juga kembali saya rasakan saat adik saya menunggu pengumuman UMPTN. Berdua dengannya, saya menjelajah kota Bandung mencari koran Pikiran Rakyat yg hari itu akan mengumumkan nama2 mahasiswa baru di PTN se-Indonesia.

Menembus cuaca kota Bandung yg (masih) dingin, saya dan adik saya kesulitan mencari tukang koran yg masih berjualan. Sementara itu, kami temukan banyak koran berserakan di jalan, berisi potongan lembaran pengumuman UMPTN.

Perjuangan kami tidak sia-sia, karena akhirnya jam 2 pagi, kami temukan koran PR yg masih utuh. Dengan semangat 45, adik saya mencari dan akhirnya menemukan namanya tercantum sebagai mahasiswa ITB. :-)

Namun, seiring dengan kemajuan teknologi, kini para calon mahasiswa tidak perlu susah payah mencari koran untuk mencari nama mereka. Dengan mengetikkan url http://snmptn.ac.id/i_home.php maka mereka akan bisa lebih mudah menemukan nama mereka.

Dan saya merasa gereget mencari nama itu kian berkurang. Yupp...saya termasuk satu dari sekian old school, yg merasa zaman kian menggerus nilai2 kebersamaan dan kemanusiaan. *halah* ;-)

Foto dari sini.

Moral story:
- berburu koran untuk mencari nama kita di koran itu seru sekali lho!

- cerita teman2 saya yg ramai2 bergerombol mencari koran dan menelusuri tiap nama yg tertera, juga seru. yg berhasil masuk tertawa bahagia, yg gagal masuk cemberut ;-)

- jika BELUM berhasil tahun ini, ya tinggal dicoba tahun depan. ga usah berkecil hati.

- gagal masuk PTN bukan berarti kiamat. banyak orang sukses yg berasal dari PTS, atau malah tidak kuliah sama sekali lho!