Sebenarnya saya sudah lama tahu situs/laman ini. Namun saya tidak pernah menggunakannya, terutama karena diblok di kantor dan koneksi internet yg begitu lemot somlehoi di rumah. Hingga akhirnya usai ada yg mendokumentasikan kicauan #4istri saya, saya mau tidak mau ya jadi tertarik utk memanfaatkan fitur yg ditawarkan situs ini.

Chirpstory. Sebuah nama yg unik. Jika saya terjemahkan, lebih kurang cerita (dari) kicauan. Saya yakin penggunaan kata 'chirp' terkait dg kata 'tweet'.

Cara memanfaatkan situs ini mudah. Anda tidak perlu membuat user baru, meski bisa juga membuat user baru (khusus utk situs ini misalnya). Cukup login dg account twitter anda, maka anda akan diarahkan ke 'meja kerja' anda, seperti terlihat pada gambar di atas.

Di bagian kiri adalah tweet yg hendak anda dokumentasikan. Anda bisa menyeleksi tweet dari timeline anda, balasan, tweet favorit, atau bisa juga mencari user/kata kunci tertentu. Jika anda sudah temukan tweet yg anda inginkan, anda bisa langsung copy semua ke bagian kanan, atau dipilih 1 per 1, sesuai kebutuhan.

Jika sudah selesai dicopy ke area kanan, anda bisa lakukan filtering utk menghapus RT atau yg dobel. Klik clear jika anda hendak mengosongkan area kanan.

Selanjutnya tinggal klik "Create" utk menggenerate dokumentasi anda. Anda bisa mengisi beberapa bagian untuk menjelaskan dokumentasi tweet yg anda buat.

Apabila dokumentasi anda telah berhasil dibuat, maka di TL anda akan muncul pesan seperti berikut:


Gambar diambil dari sini.

Moral story:

- nge-tweet itu menyenangkan, namun sebaiknya diisi dg hal2 yg bermanfaat :-)

- dg meng-tweet, anda mesti bisa mempertanggungjawabkan isi tweet anda!

Update 19 September 2014:

Ada perubahan cukup besar di chirpstory. Untuk membuat chirp baru bisa dilakukan di bagian depan (kotak oranye).


Menu2 lainnya masih relatif mudah untuk dikenali.



Beberapa dokumentasi tweet saya:
- Chirpstory ttg #4istri
- Chirpstory ttg kondom
- #banOlga dari acara televisi