Keluhan saya tentang operator XL ternyata tidak berhenti di artikel ini (mengenai quota). Di akhir pekan ini, saya kembali menemukan kejanggalan dalam perhitungan quota.

Saya bandingkan perhitungan quota antara aplikasi mobile internet (yg saya instal di robot hijau saya) dengan sistem yg dimiliki XL. Hasilnya bisa dibilang mengejutkan!

Dari foto di atas, terlihat bahwa pada aplikasi saya baru menggunakan 73,4% quota dari 200 MB, yakni sebesar 146 MB. Sementara info dari XL, saya justru sudah defisit quota, yakni -0.37 MB.

Terus terang, saya menjadi bingung, sistem mana yg mesti dipercaya? Bagaimana XL melakukan perhitungan penggunaan quota? Apakah aplikasi yg saya instal sempat tidak mencatat penggunaan quota internet yg saya lakukan? Padahal dalam beberapa kesempatan saya menggunakan fasilitas wifi di beberapa tempat, dan saat itu paket data dari XL saya matikan, sehingga saya agak heran juga dengan informasi penggunaan data yg saya dapatkan dari XL.

Pada akhirnya, saya kembali merindukan masa2 quota unlimit yg pernah ditawarkan operator2. ;-)

Moral story:
- paket data dari XL (nampaknya) kian mahal dan tidak ada kejelasan mengenai penggunaan quota yg jelas

- dengan adanya 2 informasi yg BERTOLAK BELAKANG dan BERBEDA CUKUP SIGNIFIKAN, terus terang saya jadi menduga-duga adanya kecurangan/ketidakjelasan perhitungan quota yg dilakukan operator2 di Indonesia.

- nasib pelanggan di Indonesia memang tidak pernah 'menguntungkan' ;-( ;-)