Saya hendak sharing mengenai reksadana. Sebelumnya saya pernah menulis beberapa artikel terkait reksadana di blog ini. Silakan dicari di label investasi. :-)

Banyak orang awam yg salah pemahaman dan salah pengertian tentang reksadana. Beberapa 'kesalahan' yg pernah saya temui antara lain:
1. Berinvestasi di reksadana butuh duit jutaan;
2. Terkait dg poin 1, maka hanya orang2 kaya yg bisa investasi di reksadana;
3. Reksadana itu hanya berkutat di saham;
4. Keuntungan berinvestasi di reksadana tidak menguntungkan.
5. ...... (silakan tambahkan di komentar)
Saya mencoba menjelaskan dan berbagi pengetahuan terkait dg kesalahpahaman di atas.

Keempat poin yg saya tulis di atas, bisa dikatakan TIDAK BENAR alias hoax. Saya tidak tahu persis siapa yg menyebarkan pemahaman yg salah seperti itu. Namun, jangan salah. Saya juga sempat punya pemikiran seperti itu, hingga akhirnya saya belajar dan menggeluti reksadana.

Berinvestasi di reksadana tidak butuh duit jutaan, karena sekarang kita bisa temukan banyak produk reksadana yg bisa kita beli dg nominal 'receh', sekitar Rp 100 ribu - Rp 200 ribu. Mungkin karena orang2 berpikir reksadana itu identik dg saham, maka pikirannya mereka butuh duit buanyak utk investasi.

So, dengan demikian tidak cuma orang kaya yg bisa investasi di reksadana. Orang2 kebanyakan, yg berpenghasilan pas-pasan, seperti anda dan saya, juga bisa kok investasi di reksadana.

Reksadana itu tidak hanya berkutat di saham. Ada beberapa jenis reksadana. Anda bisa baca di sini untuk lebih jelasnya. Namun saya coba tuliskan juga di sini.
- RD pasar uang
- RD saham
- RD pendapatan tetap
- RD campuran

Ah, siapa bilang berinvestasi di reksdana tidak menguntungkan? Pernyataan seperti itu mungkin terlontar dari orang yg 'salah' melakukan investasi atau orang yg hendak menipu anda. Coba anda perhatikan gambar yg saya pasang di atas. Anda bisa lihat perbandingan antara nabung dg investasi di reksadana.

Saya pernah tulis di sini, ngompori orang2 agar beralih dari menabung ke investasi. Hal ini dikarenakan berinvestasi jauh lebih menguntungkan (asal sabar dan tahu tujuan investasi). Nah, salah satu bentuk investasi yg saya sarankan adalah reksadana.

Lalu, untuk tahu reksadana-nya untung atau rugi bagaimana? Gampang kok. Anda bisa akses ke infovesta. Jika anda scroll ke bawah, anda akan temukan bagian reksadana. Cek saja di bagian return  yg warnanya hijau, terutama utk yg lebih dari 1 bulan. Itu artinya reksadana-nya punya nilai return positif/hijau (alias untung). Jika merah, ya berarti negatif/rugi.

Penjelasan berikutnya menyusul di artikel selanjutnya.


Gambar dari sini.

Moral story:
- belajar reksadana itu mudah

- reksadana bisa untung bisa rugi. namanya juga investasi :-)