Di jaman sekarang, bagi beberapa kalangan internet sudah menjadi kebutuhan sehari-hari, tidak jauh berbeda dengan sandang, pangan, dan papan. Terlebih dari orang2 yg bisa disebut 'hi-tech' dan maniak gadget, internet bisa dikatakan 'nyawa' kedua mereka dan tempat mereka untuk 'exist'. :-)

'Sayangnya', saya termasuk dari kelompok orang2 tersebut. Bagi saya, rasanya sulit sekali untuk tidak menyentuh internet lebih dari 10 menit. Selain untuk mendapatkan update informasi, internet juga membantu saya membunuh rasa bosan apabila saya sedang dalam perjalanan Jakarta-Cilegon.

Usai saya memiliki gadget robot hijau, saya menggunakan koneksi internet dari XL. Hal ini lebih disebabkan karena saya menggunakan XL untuk nomor telpon saya. Paket Rp 25 ribu dengan kuota sebesar 500 mb merupakan pilihan saya. Ya, intinya murah meriah.

Eh, tak dinyana hari Selasa, 10 April 2012, kemarin ternyata terjadi perubahan tarif internet di XL. Saya ketahui ketika hendak mengaktifkan lagi modem XL saya. Perubahan tarifnya, saya bisa sebut cukup signifikan. Anda bisa lihat perbandingannya antara tabel di atas ini dengan gambar di bagian awal artikel ini.

Paket Rp 25 ribu yg semula kuotanya 500 mb, 'dipancung' menjadi 200 mb saja. Bahkan paket Rp 99 ribu mengalami pemotongan yg tidak kalah 'mengerikan', dari 2,5 Gb menjadi 1,2 Gb saja!

Yang mengesalkan adalah ucapan customer service XL kepada saya,"Pak Fahmi, untuk selanjutnya harap menggunakan kuota lebih baik lagi karena sekarang kuotanya bla bla bla..." Saya sudah males mendengarnya. ;-)

SAYA KAN BAYAR SESUAI TARIF YG DIBERIKAN, YA SUKA-SUKA SAYA DONG MENGGUNAKAN KUOTANYA!! :-)

Foto dari sini.

Moral story:
- operator di Indonesia seringkali berlaku seenaknya.

- pemotongan kuota yg dilakukan XL bisa saya katakan SADIS!

- nampaknya mesti mencoba operator lain, dari Timur Tengah, yg ngaku2 thayyib. ;-)