Beberapa waktu belakangan ini, jika anda perhatikan secara teliti, kita temui banyak acara dengan judul "Stand Up Comedy" muncul di beberapa televisi (swasta) di Indonesia. Saya sendiri menonton acara ini pertama kali di Metro TV, yg menyiarkan Stand Up Comedy Show yg di awal kehadirannya disiarkan hari Kamis malam (jika tidak salah) dan lalu dipindah tayang menjadi Rabu malam (masih jika tidak salah juga).

Jika melihat format acaranya, sebenarnya acara SUC ini bisa dikatakan mencontoh acara sejenis yg telah muncul lebih dulu di Amerika Serikat sana. Anda bisa membaca lengkapnya di link SUC di atas.

Saya bukanlah penyuka acara SUC. Ada beberapa alasan mengapa saya tidak begitu menyukai acara SUC.

Pertama, saya jarang nonton tv hingga larut malam. Selambatnya jam 10 malam, saya, Wify dan mbak Mika sudah mesti tidur agar badan mendapatkan haknya. Sementara, acara SUC disiarkan jam 10.30 PM. ;-)

Kedua, seringkali para pembawa materi komedi ini sangat, sekali lagi, SANGAT tidak lucu! Bisa dibilang mereka berusaha memaksakan kehendak kelucuan mereka kepada para penonton, entah yg hadir ataupun yg menonton melalui televisi. Jika sudah ada unsur pemaksaan, jelas ini melanggar HAM, dan saya tidak setuju sekali! *halah*

Ketiga, materinya seringkali, sekali lagi, SERING KALI tidak lucu. Menghakimi penampilan orang lain, menghina orientasi seksual orang lain, dan lelucon2 lain yg menurut saya tidak ok. Bagi saya, lebih baik menjadikan diri sendiri sebagai bahan tertawaan daripada orang lain. Apalagi saya pernah menyaksikan seorang komedian perempuan menertawakan dan menghina pekerjaan pengamen. Hey...itu masih lebih baik daripada melakukan tindakan kriminal! Malah, menurut saya lebih baik menjadikan para koruptor sebagai bahan lelucon dg harapan mereka menjadi malu *yeah, right...!!*

Tentu saja tidak semua pembawa materi SUC tidak lucu. Ada beberapa orang yg saya sukai penampilannya, kalo pas saya nonton. Nope, tidak akan saya sebut di sini, nanti jadi ge-er mereka, hahaha... :-))

Sebenarnya SUC itu acara yg cukup oke lho. Apalagi banyak yg mengatakan bahwa materi komedi SUC cukup unik dan bernuansa cerdas. Hanya saja, saya sering melihat mereka terjebak dg lelucon2 yg sudah beredar di masyarakat. Mending kalo lucu pas diceritakan ulang. Kebanyakan malah maksa dan membuat saya dg ikhlas memindahkan channel televisi, :-))

Anda sendiri, apakah suka menonton SUC?

Foto dari sini.

Moral story:
- jika anda tertarik dengan penampilan beberapa stand up comedian, anda bisa menontonnya di sini (youtube).

- berikut ini komentar saya di twitter tentang SUC di sini dan sini. Komentar lain nampaknya tidak sempat saya track lagi.