Beberapa tahun lalu, saya pernah menulis artikel menjelang pemilihan Gubernur DKI Jakarta tahun 2007. Anda bisa baca di sini.

Kala itu, terus terang saya menjagokan Adang sebagai DKI1. Hanya saja, sayang sekali, saya tidak punya hak pilih saat itu, karena masih mengurus ktp. Kala itu, mesin politik PKS begitu 'powerful' sehingga meski hanya sendirian, PKS hanya kalah tipis dari partai2 lain yg mendukung Foke.

Nah, di tahun 2012 ini, pemilu utk DKI1 kembali akan digelar.

Berbeda dengan 2007, di tahun ini, saya melihat akan ada persaingan yg cukup seru. Penyebabnya ada 6 pasangan calon DKI1. Keenam pasangan tersebut adalah:

1. Faisal Basri dan Biem Benyamin (independen).
2. Alex Nurdin dan Nono Sampono (Golkar, PPP, dan PDS).
3. Hidayat Nurwahid dan Didik J Rachbini (PKS dan PAN).
4. Joko Widodo dan Basuki Tjahaja Purnama (PDIP dan GERINDRA).
5. Fauzi Bowo dan Nachrowi Ramli (Partai Demokrat dan,konon,PAN).
6. Hendardji Supandji dan Achmad Riza Patria (independen).

Dan sayapun punya pilihan berbeda utk tahun 2012 ini. Jika tahun 2007 saya menjagokan calon dari PKS, maka di tahun 2012 ini saya menjagokan pasangan Faisal Basri dan Biem Benyamin serta Joko Widodo dan Basuki Tjahaja Purnama.

Track record (rekam jejak) kedua pasangan ini, menurut saya, lebih baik dari pasangan lainnya. Bahkan dari calon PKS sekalipun, saya melihat lebih baik.

Mengapa saya tidak menjagokan (lagi) calon PKS? Terus terang, saya sudah kecewa dengan PKS. Selanjutnya, saya melihat HNW 'dipaksakan' utk maju karena menurut saya, dengan majunya HNW ke ajang DKI1, maka beliau sudah 'downgrade' dari semula Ketua MPR. Prof Didik, yg menurut saya cukup mumpuni. Toh, keduanya, ini masih menurut saya, kurang siap utk bisa mengelola DKI. Ini terlihat dari kemunculan nama kedua tokoh ini di akhir2 masa pendaftaran calon.

Pasangan no 1 berasal dari kelompok independen. Dengan kata lain, mereka tidak akan punya hutang politik jika mereka menang. Namun, ganjalan akan muncul pada saat mereka mengajukan anggaran ataupun minta persetujuan DPRD. Tantangan akan datang dan tanpa sifat 'keras kepala' dan 'cuek beibeh', saya meragukan pasangan ini bisa bertahan lama (jika menang).

Sementara pasangan no 4, saya suka dg sepak terjang pak Jokowi. Dimulai dari kesuksesan beliau saat menjabat walikota Solo (hingga 2 periode), lalu dukungannya terhadap mobil Esemka, serta sikapnya yg cenderung kalem (tapi bukan berarti lembek). Lalu pasangannya, yg dijuluki Ahok bukan seorang politisi kemarin sore. Pengalamannya saat menjabat Bupati juga saat menjadi anggota DPR dari Golkar membuat saya merasa yakin bahwa pasangan Jokowi dan Ahok merupakan pasangan yg punya kemampuan untuk memperbaiki DKI menjadi kota yg lebih baik.

Sekitar 2-3 hari lalu sempat dilakukan debat antar pasangan. Sayangnya saya tidak sempat menyaksikan. Namun, dari timeline yg saya ikuti di Twitter, ternyata pasangan 1 dan 4 merupakan pasangan favorit.

Foke sendiri bagaimana? Ternyata dia tidak hadir dalam perdebatan. Entah apa alasannya. Namun, saya menduga bahwa Foke sedang mempersiapkan slogan dan pidato kemenangan (hahaha). Namun, jangan meremehkan Foke! Dengan jabatannya, dia bisa menggunakan fasilitas negara utk meraih kembali kursi DKI1 lho!

"Eh, kan dilarang menggunakan fasilitas negara utk kampanye?"

Ah, itu kan cuma slogan. Kenyataannya, pejabat yg menggunakan fasilitas negara utk kampanye pun tidak dihukum. Ditegur doank paling, lalu kasusnya lenyap begitu saja! ;-(

So, saya akan gunakan suara saya utk memilih utk tahun ini! Semoga akan ada perubahan yg (lebih) berarti. Minimal tidak ada cagub yg ngaku2 ahli, tapi ternyata selama 5 tahun ini tidak ada perbaikan yg signifikan. ;-)

Oya, kalo mau itung2an, secara kasar (dan berdasar pengalaman di 2007) calon PKS bisa menang. Namun untuk tahun ini, saya rasa akan berkurang cukup banyak terutama mengingat PKS belakangan ini sering tidak konsisten.

Anda, penduduk Jakarta, punya rencana memilih siapa? Silakan share di sini. :-)

Foto dari sini.

Moral story:
- Pemilihan kepala daerah cukup menarik utk diikuti, apalagi utk DKI.

- Pilgub DKI kali ini diperkirakan akan cukup seru!