BAB itu berapa banyak yg normal? Well, normal ini menurut kedokteran atau gimana? Saya sendiri termasuk yg tidak peduli dg berapa kali saya BAB, selama perut saya tidak mules, berarti porsi BAB yg saya lakukan itu masih normal. ;-)

Nah, masalahnya, jika ternyata suatu pagi anda baru sadar bahwa anda sudah tidak BAB selama sekian hari, apa yg anda lakukan? Tips berikut merupakan rangkuman dari kicauan saya di Twitter.

1. Anda mengalami #SulitBAB? Saya hendak berbagi beberapa tips mengenai hal ini. Saya sudah coba beberapa dan berhasil.

2. Pertama,makan buah2an. Pengalaman saya,buah pisang dan pepaya akan menolong kita keluar dari #SulitBAB

3. Faktor serat yg dikandung kedua buah itu mudah2an cukup membantu saluran pencernaan anda meloloskan kotoran ;-) #SulitBAB

4. Kedua,minum susu coklat dingin di pagi hari. Beberapa kali saya melakukan ini,dan cukup berhasil. #SulitBAB

5. Butuh kurang dari 10 menit,anda akan ngacir ke toilet. Saran: jgn lakukan jika anda sdh siap ngantor atau hendak sholat! ;-) #SulitBAB

6. Ketiga,minum kopi. Bagi saya,efek minum kopi masih lebih lambat dari susu coklat dingin. Perhatikan juga poin 5. #SulitBAB

7. Keempat,makan makanan pedas. Sambal atau kerupuk pedas atau produk sejenis,bisa membantu melancarkan BAB anda. #SulitBAB

8. Untuk kasus ini,biasanya butuh semalam utk membuat saya BAB di pagi harinya. #SulitBAB

9. Kelima,minum obat pencahar. Untuk yg ini,saya belum pernah coba. Ngeri dg efek sampingnya,ngocor terus. ;-) #SulitBAB

10. Saya tidak pernah pakai produk gel yg konon bisa melancarkan BAB. Yg ada malah anjuran JANGAN PAKAI! #SulitBAB

11. Konon,produk itu malah menggumpal di saluran pencernaan :-( #SulitBAB

12. Pengalaman saya,gunakan yg alami. Hindari no 9,10,kecuali kefefed&pakai resep dokter. ;-) #SulitBAB

Semoga berguna.

Gambar dari sini.

Moral story:
- BAB kadang dialami banyak orang.

- BAB yg encer (apalagi cair) menandakan kondisi badan anda tidak fit (sakit).

- sembelit juga merupakan informasi ada yg tidak beres dg badan anda.

- gunakan yg alami. hindari obat2an/bahan kimia.