Tanggal 6 Oktober lalu, saya dikejutkan dengan wafatnya Steve Jobs, salah satu orang yg pengaruhnya cukup besar, terutama di bidang IT. Well, setidaknya itu menurut saya.

Pengaruhnya yg besar, tidak saja di Amerika, bahkan di seluruh dunia, jelas tidak bisa diremehkan. Bagaimana budaya baru yg dia ciptakan, dengan iPod ciptaannya yg menggeser dan menjungkalkan kedigjayaan walkman selama puluhan tahun bisa disebut sebagai hal yg fenomenal.

Banyak orang yg pro kontra dengan Steve Jobs. Beberapa gambar saya tampilkan di bawah ini. Hal yg lumrah dan biasa, menurut saya. Tidak ada sosok yg tidak dipandang dari sisi negatif.

Satu2nya barang produksi Apple yg saya miliki 'hanyalah' iPod nano, hadiah dari Wify untuk ulang tahun saya, 2 tahun lalu. Toh, bukan berarti saya tidak pernah berhubungan/kontak dengan produk Apple lainnya. Tapi memang bisa dikata, produk2 Apple itu tidak cukup terjangkau oleh kebanyakan orang. Saya sendiri sebenarnya berniat untuk membeli dan mencoba produk Apple lainnya, setidaknya iPhone atau iPad. Namun tidak untuk saat ini. Barangkali 1-2 tahun ke depan. *siapin selipan di dompet*

Steve Jobs sendiri dikenal sebagai orator ulung. Dalam artian, jika dia berbicara maka orang2 akan terpukau dan selalu menunggu kalimat berikutnya yg akan dia sampaikan. Dan ini memang cool, menurut saya, yg cukup sering berbicara di depan orang dan tahu bagaimana sulitnya menyedot perhatian orang untuk sebuah penampilan di depan selama lebih dari 30 menit.

Salah satu pidato Steve Jobs yg cukup menggugah bisa anda tonton di Youtube. Steve Jobs tidak sekedar berpidato, namun juga curcol mengenai kondisi dia usai diketahui menderita sakit kanker.


Banyak sekali warisan Steve Jobs yg kita terima. Dan cukup banyak quote menarik dari dia. Beberapa di antaranya saya lihat mirip sekali dengan quote dari Rasululloh SAW. Dan jika merujuk ke keturunannya, Steve Jobs memang ada darah muslim. Well, ga ada hubungannya sih, cuma saya ikut 'terpancing' saja ngait2in, hahaha.

Foto2 dan gambar2 yg saya pasang di sini saya comot dari banyak website. Sayangnya, saya lupa url-nya, tapi beberapa saya ambil dari 9gag.com. Mohon maaf utk ketidaknyamanannya. :-)





Berikut ini beberapa artikel yg layak untuk anda simak.
  • http://gizmodo.com/5847300/where-were-you
  • http://gizmodo.com/5847415/the-best-visual-tributes-to-steve-jobs-around-the-web/gallery/16
  • http://gizmodo.com/5847375/notable-reflections-on-steve-jobs
  • http://tekno.kompas.com/read/2011/10/06/14583412/Inilah.Sepuluh.Karya.Terpenting.Steve.Jobs.
  • http://internasional.kompas.com/read/2011/10/06/12530927/Steve.Jobs.Saya.Bukan.Hamba.Uang
  • http://money.cnn.com/galleries/2011/technology/1110/gallery.how_steve_jobs_changed_the_world.fortune/2.html
  • http://www.wired.com/gadgetlab/2011/10/steve-jobs-greatest-achievements/
  • http://www.fastcompany.com/1775918/steve-jobs-media-mashup
  • http://www.wired.com/epicenter/2011/10/jobs/
  • http://www.sudutpandang.com/2008/04/steve-jobs-vs-bill-gates-simplicity-vs-complexity/
Moral story:
- Steve Jobs adalah salah satu pengubah dunia

- Ada 3 buah apel yg sangat mempengaruhi hidup manusia. Apel yg dimakan Nabi Adam as & Siti Hawa, apel yg menginspirasi Newton, dan apel buatan Steve Jobs. ;-)

- Meski rival dan berseteru, toh Bill Gates tetap kagum dg Steve Jobs. Demikian juga sebaliknya. Bahkan BG merasa kehilangan rivalnya ini.

- Kisah SJ dan BG bisa anda lihat di film "Pirates of Silicon Valley"