Seiring dengan berjalannya waktu, sebuah barang lambat laun akan menjadi usang dan kinerjanya tidak akan sebaik di awal pembelian. Demikian pula halnya dengan modem 3G yang kami miliki. Kami beli bersamaan dengan kami berlangganan layanan Telkomsel Flash sekitar 3 tahun lalu.

Nah, sejak bulan Juli 2011 lalu, kinerja modem semakin meredup. Seringkali dia bengong padahal sinyalnya HSDPA dan lampu indikator berwarna hijau. Jelas ini membuat kami kesal, terutama karena kehidupan kami (err...terutama saya) sebagai penikmat internet menjadi terganggu.

Terutama sejak bulan September 2011 kinerja modem kian drop. Sering mendadak disconnect padahal saya sedang berselancar. Tidak ingin berlama-lama, akhirnya saya berinisiatif membuat layanan wireless di rumah.

Mengapa wireless? Hal ini dikarenakan Wify juga seringkali ingin berselancar ke internet, padahal saya sedang gunakan modem 3G-nya. Dengan adanya wireless, maka kami tidak perlu lagi direpotkan dengan copot-pasang modem.

Usai tanya ke beberapa teman di twitter, akhirnya saya memutuskan membeli router TP-LINK 3420. Ada beberapa pertimbangan mengapa saya membeli modem jenis ini:

1. harganya cukup murah (silakan cek harganya di toko2 online)

2. mendukung modem 3G dan koneksi WAN (dengan demikian, jika saya hendak sambungkan dengan layanan Speedy atau First Media di kemudian hari, saya tidak perlu beli lagi peralatan tambahan)

3. setting yg mudah

4. keamanan yg cukup terjamin

Di samping itu, saya juga membeli modem 3G, sebagai pengganti modem 3G yg sudah mulai empot2an kinerjanya.

Usai membeli barang2 tersebut di 'calo' langganan saya (@askvicong), saya segera merakit barang2 tersebut. Tidak butuh waktu lama untuk melakukan setting dan terhubung ke internet. :-)

Kini saya dan Wify bisa menggunakan internet pada saat bersamaan tanpa perlu lagi repot pasang-copot modem.

Moral story:
- barang elektronik mempunyai life time rata2 3-5 tahun, tergantung penggunaan

- dengan kebutuhan berinternet yg semakin tinggi, maka dibutuhkan layanan yg bisa mengakomodir. wireless adalah solusinya! :-)

- router TP-LINK 3420 SANGAT MUDAH digunakan. alternatif lain tentu ada, tapi karena saya tidak pakai, maka jelas saya tidak rekomendasikan, hehehe.

- jika anda beli router TP-LINK 3420 utk terhubung dengan modem 3G, cek dahulu kompatibilitas modemnya.