Kemarin saya berkesempatan untuk membuka rekening di Bank Commonwealth (selanjutnya disingka bcomm).

Tidak pernah terpikirkan oleh saya untuk membuka rekening di bcomm. Pengalaman saya dg bcomm adalah sekitar 5-6 tahun lalu saat saya melamar pekerjaan di bcomm, namun saya lupa posisi yg saya tuju. Yang jelas, saya ditolak dg sukses dengan kemungkinan saya minta gaji terlalu tinggi, hahahha.

Tujuan saya membuka rekening karena saya hendak bertransaksi yg membutuhkan bcomm sebagai media transfer duitnya.

Saya menuju Kemang Raya, cabang bcomm yg terdekat dg rumah (sekaligus 1 arah menuju kantor). Di sana saya diterima dan dilayani oleh mbak Herlina. Seperti biasa, KTP merupakan benda yg diminta untuk dikonfirmasi dan diduplikasi oleh CS. Kembali saya mesti mengisi form-form.

Dari keterangan yg saya dapat, ada 2 jenis tabungan di bcomm, yakni tabungan bunga harian (TBH) dan tabungan Commonwealth. Perbedaannya adalah di setoran awal. Kita bisa buka TBH dg min Rp 500 rebu, sementara utk tcomm min Rp 50 juta. Berhubung dompet tidak bisa menampung selipan 50 juta, maka saya pilih TBH saja.

Ternyata TBH juga ada 2 macam, yakni dg buku dan tanpa buku. Perbedaannya, jika dg buku maka ada saldo minimum yg mesti disimpan dengan biaya admin Rp 5000. Sementara non buku, saldo kita bisa dihabiskan hingga 0 dg biaya admin Rp 6000. Saya pilih tanpa buku agar saya tidak dipusingkan dg saldo minimum dan berjaga2 kali saja duit saya ngepas sementara saya mesti tarik semua.

Fasilitas lain bcomm cukup menarik, terutama bisa tarik tunai GRATIS di banyak atm. Saya masih sebal dg salah satu bank (yg kini dimiliki Maybank) yg memberi fasilitas gratis tarik tunai tapi ada syaratnya. Bah, gratis kok pake syarat? :p

Mbak Herlina juga mengaktifkan semua fitur dan fasilitas yg menjadi hak saya, yakni internet banking dan mobile banking. Ada aplikasi bcomm yg bisa diinstal di BB juga lho! (silakan menuju http://m.commbank.co.id)

Yg menjadi kendala, menurut saya, adalah ketidakfleksibelan internet bankingnya. Saya mendapat user yg relatif sulit diingat (tidak bisa ditentukan oleh saya sendiri) serta passwordnya adalah angka2 yg muncul di key-nya (appli 1). Walhasil, saya sangat bergantung dan tidak boleh ketinggalan key bcomm ini.

Bcomm sudah terhubung juga dg banyak bank, sehingga mudah untuk urusan transfer2an. Termasuk untuk transfer uang (US$) ke luar negeri, gratis! Huh, tahu begitu saya kemarin tidak perlu repot2 saat hendak mengirim uang ke luar negeri.

So far, saya beri nilai 7.5 utk layanan yg cukup baik dan cepat (terutama tidak banyak antriannya, hahah).

Anda sendiri punya rekening di bank asing mana?

Moral story:
- bank asing kok melayani dg lebih baik ya?

- artikel ini bukan artikel berbayar lho...kecuali pihak BComm berminat menjadikan saya sebagai icon *halah, ngarep dot kom*

update 19 Agustus 2011:
Hari ini saya transaksi di web bcomm. Saat di proses akhir, ada kesalahan yg saya lakukan sehingga saya menekan tombol "Cancel". Tapi anehnya, si web menyatakan transaksi saya berhasil. Dengan kata lain BUAT APA ADA TOMBOL CANCEL JIKA TIDAK BISA MEMBATALKAN TRANSAKSI! :-)