Well, baru pertama kali saya mengirim uang ke luar negeri. Penyebabnya gara2 salah satu vendor di India menagih pembayaran usai saya tiba di Indonesia. Padahal saat di India saya sempat menawarkan untuk membayar saat transaksi berlangsung, tapi entah kenapa ybs tidak mau. Walhasil, saya mesti siap menanggung rugi karena akan mengeluarkan uang lebih banyak dari yg seharusnya (ada komisi, bla 3x).

Pertama kali saya mencoba mengirim dari BCA. Ternyata persyaratannya ribet. Pertama, saya mesti beli dollar dari mereka, yg harganya jauh lebih mahal dari harga yg ditawarkan tempat lain. Kedua, transaksi hanya bisa dilakukan sebelum jam 12 siang. Ketiga, biaya transaksi (fee) sebesar USD50. Ah, saya skip saja. Coba cari alternatif lain.

Pilihan kedua Western Union. Saya sempat menggunakan jasa WU saat mencairkan cek dari Google. Tidak sampai 30 menit, uang sudah cair, meski dg harga dollar yg amit2 juga dan kena potongan 100-200 ribu (saya lupa persisnya). Sayangnya, saat saya mencoba menggunakan jasa WU, syaratnya agak ribet juga, yakni saya mesti punya fotokopi kartu identitas orang (India) yg akan mengambil/mencairkan dana ini. Ah, terlalu ribet syarat ini. Apalagi si vendor India itu baru jawab usai 2-3 hari. Padahal dg WU, uang akan sampai dalam waktu 15 menit saja.

Pilihan terakhir, BII. Saya mendatangi BII di Cilegon, bersamaan dg tugas saya ke Cilegon. Di BII, saya dikenai biaya USD 40, plus materai (gara2 saya mesti membeli dolar tambahan). Harga dollarnya ya amit2 juga lah, meski tidak semahal BCA. Tidak butuh waktu lama utk mengurusnya, akhirnya saya menyelesaikan urusan itu.

Sayangnya saya tidak bisa minta bantuan ke staf keuangan kantor utk mengurus dikarenakan nominalnya < USD 1,000. Mungkin solusinya, lain kali kalo ke luar negeri, belanja belanji-lah minimal USD 1,000 sehingga bisa diuruskan kantor, hahaha. Gambar dari sini.

Moral story:
- mengirim uang ke luar negeri tidak sulit harusnya, tapi aturannya mayan ribet.

- gunakan jasa yg terbaik. barangkali anda punya referensi lain utk pengiriman uang ke luar negeri?

- ini bukan artikel berbayar ;-)