Pernahkah anda 'terpaksa' memutuskan/menjauhi tali pertemanan dalam hidup anda? Saya pernah, dan sedikitnya 2 kasus yg terjadi berlatar belakang masalah uang.

Kasus pertama dengan teman H, katakanlah demikian. Dengannya, saya sudah akrab cukup lama, terlebih tempat tinggal kami di Jakarta pernah cukup berdekatan. Hanya berbeda 1-2 RW saja. Pekerjaannya juga sudah lumayan, saya perkirakan gajinya sudah lebih dari Rp 20 juta jika melihat posisi dia.

Keakraban dan pertemanan ini terpaksa putus, gegara ybs mengajak saya untuk bergabung di MLM yg dia ikuti. Entah siapa yg memulai untuk memutuskan pertemanan ini, karena dari sisi saya, saya tetap bersikap biasa saja. Mungkin dari pihak H, yg merasa sudah mendapat downline (korban tepatnya,hihihi) yg berprospek, eh, ternyata gagal. ;-)

MLM yg ditawarkan meminta saya membeli produk seharga Rp 10 juta. Wuittss...Rp 10 juta bukan uang yg sedikit lah, lumayan kalo diinvestasikan tuh. Dan barangkali H juga kesal karena saya yg membayari makan di tempat pertemuan/presentasi.

Entah bgm kabarnya skrg, mungkin dia sudah berhasil menjadi diamond, platinum, or whatever itu ranking di MLM yg dia ikuti. Semoga sukses sajah! :-)

Kasus kedua terjadi karena kesalahan saya juga sebenarnya. Saya ditawari produk unitlink oleh teman. Awalnya sih saya berniat membantunya utk mendapat customer. Tapi setelah sekian lama ikut, saya baru ngeh, something wrong dg produk unitlink ini.

Usai melakukan perhitungan yg lebih rinci, bla bla bla, serta bertanya nominal uang yg saya miliki, akhirnya saya berkesimpulan bahwa produk unitlink tidak lebih upaya utk menggerogoti duit dg imbalan yg tidak sepadan! *mungkin di lain waktu, saya akan membahas unitlink ini lebih rinci*

Kerugian yg saya alami cukup besar, lebih dari Rp 13 juta. Dan well, saya kecewa berat dg ybs karena antara penjelasan di awal dg di kondisi akhir ada perbedaan.

Bagi saya, memutuskan tali pertemanan seperti ini lebih baik karena saya tidak menjadi lebih baik dg keberadaan mereka. Sorry to say, guys. ;-)

Gambar dari sini.

Moral story:
- duit bisa bikin kalap
- MLM? ah, no way! :-D
- Unit link? say goodbye aja! ;-)
- Buat kalian berdua, jika membaca artikel ini, sorry to say ya kalian berdua saya jadikan contoh. Ndak ada lagi contoh yg terbaik selain kalian berdua soalnya ;-))
- Sorry for you two, I prefer not to make interaction. No hard feeling, huh!? ;-)