Well, kali ini saya akan berbagi pengalaman hal yg berbau teknis.

Saya menggunakan virtual box untuk menjalankan beberapa aplikasi yg tidak diperbolehkan diinstal di laptop kantor. Penyebabnya, kebijakan kantor yg melarang para staf untuk menginstal aplikasi2 freeware, ataupun shareware. Padahal ada beberapa aplikasi freeware yg cukup menarik untuk dijalankan dan dimanfaatkan.

Nah, ternyata virtual box yg saya miliki ini bersifat dinamis. Kadang ada program yg sudah saya instal lalu saya buang. Ini ternyata berdampak terhadap kedinamisan si VB. Ukurannya cenderung membesar, padahal sebenarnya aplikasi2 tidak penting sudah saya hapus semua.

Semula, virtual box saya hanya berukuran 5 Gb saja. Tapi lama kelamaan menjadi 16 Gb.

So, saya mesti cari cara dong untuk memadatkan si VB ini. Bisa apes saya jika ukurannya terus membengkak.

Hasil Googling, saya temukan beberapa cara untuk menyiasati hal ini. Dari beberapa referensi, akhirnya saya gunakan referensi dari sini dan sini untuk melakukan pemadatan VB saya.

Jadi, caranya sangatlah mudah!
Pertama, download dulu aplikasi2 yg dibutuhkan, yakni SDelete.
Kedua, jalankan VB anda. Lalu lakukan penghapusan (uninstal) aplikasi2/data yg tidak dianggap perlu (minimal di drive C).
Ketiga, lakukan defrag pada drive2 yg telah anda bersihkan (min di drive C).
Keempat jalankan "sdelete -c C:\" (tanpa " dan utk drive C:\).
Kelima, tutup/matikan VB anda.
Keenam, dari komputer anda (BUKAN VB) pergi ke folder "C:\Program Files\Oracle\VirtualBox\" (tanpa ").
Terakhir, ketikkan "VBoxManage modifyhd [folder tempat file .vdi anda] --compact" (tanpa ")

Voilaaa...akhirnya ukuran VB saya berkurang drastis! Dari 16 Gb menjadi 7 Gb!

Moral story:
- gunakan VB untuk menginstal aplikasi2 yg 'beresiko'

- JANGAN melakukan proses compact saat VB di-pause! pastikan MATIKAN (shutdown) dahulu sebelum proses compact

- kelebihan VB, bisa dipasang/digunakan di komputer mana saja, selama sudah diinstal aplikasi Virtual Box dari Oracle ini.