Sebagian besar dari kita, saya yakin, pernah merayakan ulang tahunnya. Entah itu saat bayi, TK, atau SD. Atau bahkan hingga sudah menjadi kakek nenek pun masih dirayakan ulang tahunnya.

Ulang tahun.

Momen ini selalu menjadi hal yg istimewa bagian kebanyakan orang. Apalagi bagi anak kecil. Mereka senang sekali jika ulang tahunnya tiba, karena itu berarti pesta dan mereka dapat kado.

Coba saja anda lihat di beberapa pusat perbelanjaan atau tempat makan asing. Biasanya mereka mempunyai paket ulang tahun, terutama bagi ortu yg ingin merayakan ultah anaknya. Dari yg paket 50 orang hingga ratusan orang.

Menginjak SMP atau lebih tinggi, orang yg merayakan ulang tahun mulai 'diwajibkan' menraktir, terutama teman2 akrabnya. Sayangnya, traktiran yg diberikan kadangkala tidak disertai dg pemberian kado kepada yg berulang tahun.

Saya sendiri berpendapat, orang yg berulang tahun mestinya diperlakukan secara istimewa donk! Dikasih kado, diajak makan, pokoknya dia jadi raja/ratu sehari lah! Bukannya malah disuruh nraktir, mana kita ga ngasih kado pula! Kasian amat ybs, heheh!

Secara pribadi, saya tidak keberatan jika saat saya ultah ada yg nagih ditraktir. Boleh saja, tapi setidaknya ya kasih kado dulu donk!

Eiitsss...bukan berarti saya matre! Tapi saya pikir kenapa sih kita maunya (mudah) menerima saja, tapi sulit sekali utk berbagi. Dengan kata lain, kian dewasa, saya melihat mayoritas orang justru 'dididik' menjadi pelit. Ditraktir yes, ngasih kado no!

Untuk kasus2 tertentu, saya malah lebih suka memberi kado kepada teman saya yg berulang tahun, tanpa mesti minta ditraktir. Yuppp...saya ingin mempraktikkan prinsip saya di atas, lebih banyak memberi. Sayangnya, karena kondisi keuangan, saya tidak bisa selalu memberi kado kepada teman2 saya yg berulang tahun.

Nope, tidak mesti karena saya pelit atau tidak ikhlas. Kadangkala saya bingung juga mesti ngasih kado apa ke teman saya itu. Lha wong secara finansial dia lebih beruntung dari saya. Walhasil, saya yakin dia sudah memiliki banyak barang, yg barangkali jika saya beri satu kado ke dia, maka kado saya itu malah jadi mubazir. ;-)

Sayapun bukan orang yg ngotot minta ditraktir oleh yg berulang tahun. Tapi jika ybs berniat menraktir, itu artinya saya mesti siap2 ngasi kado utk ybs. :-)

Anyway, selamat bagi yg berulang tahun di hari ini, semoga ALLOH SWT memudahkan rejeki, membuat hidup anda lebih bermanfaat serta diberi keselamatan dunia dan akhirat, aamiin. :-)

Gambar dari sini.

Moral story:
- tidak banyak orang yg merayakan ulang tahun
- kian besar, ternyata kita menjadi orang pelit, hanya mau terima traktir tapi ndak mau kasih kado
- anda mau saya traktir saat saya ulang tahun? siapkan kadonya yak?! hihihi..