Sebenarnya sudah lama saya ingin menulis artikel ini. Tapi baru kesampaian dan teringat lagi gara2 sepanjang sore ini saya merasa jengkel karena usaha pencarian yg saya lakukan tidak mendapatkan hasil seperti yg saya inginkan.

SEO, sebuah istilah yg begitu tenar di kalangan pengguna internet, apalagi yg doyan mengeruk dollar (atau apapun mata uangnya) dari internet. Dari berbagai referensi, saya simpulkan SEO adalah upaya seseorang utk menampilkan halamannya (page/website/blog, apapun itu) di tingkat teratas (dan halaman pertama) apabila ada orang yg melakukan pencarian.

Dengan memanfaatkan algoritma yg dimiliki mesin pencari (terutama si mbah Google), jutaan orang berusaha membuat para pencari info utk berkunjung ke situsnya. Berbagai trik dibuat, mulai dari membuat artikel yg hot, memasang foto2 dan banyak cara lainnya.

Percaya atau tidak, SEO ini seringkali dilombakan, dengan hadiah yg beraneka ragam, mulai hosting gratis, lalu buku dari para pakar SEO, dsb dsb.

Sayangnya, orang2 yg mengikuti kompetisi SEO ataupun yg berusaha menarik pengunjung ke situsnya, seringkali menggunakan cara2 kotor yg pada akhirnya menjengkelkan para pencari informasi.

Cara kotor yg paling mudah, terutama yg membuat sore saya ini menjadi tidak indah, adalah dengan mencantumkan (atau membuat artikel) kata2 yg sebenarnya tidak ada manfaatnya. Contohnya seperti yg saya pasang di bagian atas artikel ini.

Gambar dan kata2 yg anda lihat itu berasal dari sebuah toko online yg menjual produk2 keperluan perempuan. Tapi, anda bisa lihat kata2 kunci yg dipasang, tidak ada hubungannya dg produk yg ditawarkan.

Saya tidak tahu persis, apakah si toko online ini mengikuti kompetisi SEO atau tidak. Tapi mengingat saya pernah amati cara2 yg digunakan orang untuk memenangkan kompetisi SEO, saya rasa sebagian besar output kompetisi SEO itu MENJENGKELKAN BAGI PARA PENCARI INFORMASI! Istilahnya, Black SEO.

Banyak sekali halaman sampah dan informasi sampah yg 'terpaksa' mesti diklik para pencari informasi, hanya gara2 halaman2 sampah itu memuat kata kunci yg dicari. Berbeda sekali dg waktu kompetisi SEO belum populer, saya bisa mendapatkan informasi dg mudah di halaman/situs yg memang relevan.

Oya, halaman2 yg MENYESATKAN ini ingin saya masukkan ke dalam golongan blocked site(s), karena isi situs/artikel mereka TIDAK RELEVAN sama sekali. Jika isi situs/artikelnya memang sesuai dg kata kunci sich, saya tidak keberatan.

Hemat saya, Menkominfo menertibkan hal2 seperti ini. Entahlah, ini sekedar pendapat pribadi saja. Mungkin terlalu mengada-ada, tapi jika anda mengalami hal yg menimpa saya ini, anda akan setuju. Terlalu banyak halaman sampah yg muncul sebagai hasil pencarian benar2 membuang waktu saya yg berharga ini, HUH! *emosi berat*

Moral story:
- mesin pencarian mempunyai algoritma yg unik utk menemukan artikel/situs
- kata kunci yg tepat BELUM tentu menghasilkan informasi yg tepat/dibutuhkan
- kurang ajar kalian para pemuat kata kunci yg tidak relevan di blog/situs kalian!!