Jika anda pindah kerja ke tempat baru atau sedang berada di tempat baru, apa yg anda cari pertama kali?

Aku sendiri mempunyai daftar apa2 yg aku cari di lingkungan baru:

1. Masjid
Sebenarnya yg pertama aku cari antara masjid dan tempat makan. Jika di lingkungan baru itu sudah terlihat (minimal) tempat makan di luar gedung, maka hal pertama yg aku cari adalah masjid/mushola.

Yaaa...meski saya bukan muslim yg lurus2 amat, keberadaan mushola/masjid cukup penting, biar gampang jika hendak sholat.

2. Tempat makan
Aku tidak menjadikan ini sebagai poin 1 karena jarang sekali aku berniat cari makan saat baru tiba di sebuah tempat baru. Pengalaman sebelumnya, aku sudah temui tempat makan secara langsung (saat tiba di tempat baru) jadi tidak perlu tanya2 lagi.

3. Toilet/WC
Ini sebenarnya bisa menjadi poin 1. Tapi tergantung juga. Biasanya di mushola sudah ada toilet/wc, jadi aku tempatkan di poin 3.

4. Pusat perbelanjaan
Nah, kalo ini disimpan di poin 4, yaaaa sukur2 lingk baru dekat dg pusat perbelanjaan jadi bisa jalan2 kalo boring/ada waktu luang, xixixi.

Anda sendiri, apa yg pertama kali anda cari di lingkungan/tempat baru?

Gambar dari sini.

Moral story:
- segera lakukan adaptasi/pengenalan lingkungan saat tiba di lingkungan baru
- poin2 di atas bisa diubah sesuai kebutuhan