Berawal dari plurknya si Werekitten di sini, aku tertarik untuk berbagi pengalaman dengan teman2, mengenai cara berburu tiket (pesawat) yang murah.

Nope...ini bukan promosi tiket yg sering dilakukan oleh beberapa airlines, justru ini adalah 'trik' dari para airlines utk mendapatkan penumpang yg loyal. Dengan trik ini, anda bisa mendapatkan tiket pesawat dengan harga yg cukup miring.

Jadi begini, harga tiket pesawat terbang itu pada dasarnya bervariasi. Ada beberapa parameter yg mempengaruhi harga tiket pesawat:
1. Rentang waktu pemesanan tiket menuju jadwal/hari keberangkatan. Maksudnya, jika anda hendak pergi tgl 4 November 2010, anda akan mendapat harga tiket yg berbeda jika anda memesan tgl 20 Oktober 2010 ataupun tgl 1 November 2010.

2. Event. Ini sih sudah pasti. Menjelang lebaran, natal, dan tahun baru, anda akan dapati harga tiket akan melonjak hebat, membuat mata anda melotot dan dompet menipis dg cepat, haha.

3. Kelas. Ini juga sudah pasti. Ekonomi dan bisnis jelas beda lah, lha wong kenyamanannya juga beda.

Nah, aku pernah diberitahu salah seorang kenalanku, bahwa sebenarnya tiket pesawat itu ada subsidi silang. Dan 'celah' inilah yg hendak kita incar!

Jadi, jika dalam 1 pesawat ada 40 tempat duduk, ada pembagian harga tiket. 20 tiket harga mahal (terutama ditujukan utk yg memesan di last minute, lihat poin 1, atau utk event2 tertentu, lihat poin 2), lalu 15 tiket harga 'standar' dan 5 tiket harga MURAH! Komposisinya tidak pasti, ini hanya gambaran kasar saja.

Berdasarkan pengalaman kenalanku itu, dia mendapatkan tiket murah (dengan definisi murah = harga bisa 20-30% lebih murah dari harga tiket standar) dengan cara:
1. memesan tiket 1 minggu sebelumnya

2. minta ke pihak airline utk mesan tiket murah. aku lupa istilahnya. oya, telpon pihak airlinenya sebaiknya pagi, sebelum jam 9. menurut kenalanku, siang dikit (sekitar jam 9), tiket murah ini sudah tidak ada.

Kenalanku itu memesan tiket Gar*da dengan tujuan Padang. Tiket normal sekitar 400 ribu, dia bisa dapat 300 ribu kurang (seingatku).

Anda mau coba? Semoga berhasil dan selamat jalan2!!

Moral story:
- bepergian dg pesawat itu menyenangkan. cepat sampai...meski harganya ya agak mahal.
- sebenarnya ada tiket2 murah yg ditawarkan oleh airlines, namun tidak diumumkan.
- cara di atas bukan jaminan berhasil. kenalanku mencobanya di tahun 2007, hehe.