BlackBerry (BB), perangkat komunikasi ini tiba-tiba menjadi begitu populer di kalangan masyarakat Indonesia sejak sekitar 2008-an lalu. Kepopuleran dan kelarisan perangkat ini kian dipicu dengan booming Facebook saat itu. Hal ini wajar, karena dengan BB yang mempunyai koneksi dengan lebih stabil (meski masih tergantung pada sinyal), para FB-ers bisa lebih mudah mengupdate status dan melakukan kontak dengan teman2 FB mereka.

Aku sendiri bukanlah peminat FB, sehingga aku tidak terlalu memperdulikan akan kehadiran BB.

Intinya, BB banyak dibeli hanya sekedar update status di FB. Menurutku, hal tersebut terlalu mubadzir dan sia-sia. Mengapa? Karena fitur BB sebenarnya lebih dari sekedar update status. Masih banyak hal lain yg bisa digunakan dengan BB.

Selain saat itu aku tidak terlalu doyan main aplikasi jejaring sosial, aku beranggapan BB malah akan MEMPERBUDAK KITA. Bagaimana tidak, jika sebentar2 mesti cek email, terlebih email yg isinya pekerjaan. Besok mesti ini itu lah, lalu ada presentasi ini itu, dan seterusnya.

HEYYY...HIDUP GA CUMA UNTUK PEKERJAAN!

Di sisi lain, BB memang mempermudah komunikasi. Banyak aplikasi komunikasi yang tersedia dan disediakan untuk BB. Memang, fitur push emailnya merupakan salah satu daya tarik, terutama bagi para top level yg membutuhkan informasi terkini setiap saat.

TAPI...HIDUP GA CUMA UNTUK PEKERJAAN!

Oleh karenanya, ketika aku mendapatkan BB (si Gemini) beberapa hari lalu, aku sudah menegaskan bahwa aku hanya akan menggunakan BB untuk mendapatkan informasi2 terbaru saja. Aplikasi jejaring sosial Twitter dan Plurk merupakan sumber utama untuk mendapatkan info terbaru. Lalu, untuk komunikasi, online YM di BB merupakan solusi yg cukup jitu.

Untuk email, aku pasang 2 akun email. Salah satunya memang terkait dengan pekerjaan. Tapi aku TIDAK MAU DIREPOTKAN dengan pekerjaan. Aku cukup TAHU saja ada INFORMASI TERBARU TTG PEKERJAAN, tapi tindak lanjutnya yaaa nanti saja. Apalagi setelah jam kantor atau di saat week end, aku ndak mau lah diganggu oleh pekerjaan.

Jadi, jika anda hendak membeli BB, yaa pastikan saja anda siap menerima konsekuensinya, terutama jika disuruh kantor untuk mengupdate pekerjaan. Meski anda bisa saja menolaknya.

Perkecualian, jika anda diberi BB oleh kantor. Anda, mau tidak mau, mesti standby ttg pekerjaan anda setiap saat (mendapatkan info dan menindaklanjuti).

Untuk operator BB, ada beberapa layanan yg aku tahu:
- XL, hariannya Rp 5 ribu (full service), per bulan Rp 150 ribu. lengkapnya bisa dilihat di sini.
- Indosat, detailnya bisa dilihat di sini dan sini.
- Telkomsel, detailnya bisa dilihat di sini.
- Axis, detailnya ada di sini.
- Tri, hariannya Rp 3,500, mingguannya Rp 19 ribu, bulanan Rp 88 ribu. detailnya ada di sini.

Moral story:
- BB jangan cuma dipakai untuk FB-an, mubadzir
- gunakan/langganan paket yg sesuai kebutuhan anda
- jangan mau diperbudak oleh pekerjaan
- tidak ingin mati gaya? beli BB dong! ahak...ahak...