Sudah tidak terasa eMBi, si jabang bayi, sudah berusia 8 bulan di kandungan ibunya. Dan hingga saat ini sudah banyak hal yg eMBi bisa lakukan, yg seringkali membuat kami terkesima dan takjub serta makin bersyukur kepada-Nya atas karunia-Nya yg tidak terkira ini.

Beberapa hal yg eMBi lakukan belakangan ini:

  • Aktif bergerak, dengan sering menendang dan menyundul. Akibatnya Wify kesulitan untuk tidur. Tidak jarang kami berdua terbangun di tengah malam buta karena gerakan2 eMBi ini.
  • Menangis. Well, mungkin banyak yg tidak percaya bahwa bayi di kandungan sudah bisa menangis. Tapi dari beberapa buku dan referensi mengenai perkembangan bayi, kami dapati informasi yg meyakinkan bahwa bayi sudah bisa menangis. Jika dia menangis, maka dia akan membuat gerakan2 yg teratur frekuensinya. Mirip jika kita cegukan, "hik...hik...hik..."
  • Caper alias cari perhatian. Hal ini juga membuat kami tercengang. Misalnya kami berdua sedang ngobrol/diskusi serius, eehhh...tau2 si eMBi nyundul2 terus. Dia baru berhenti jika kami ajak dan libatkan dia ngobrol.
  • Minta susu. EMBI juga kadang menangis jika dia minta susu. Dan dia mesti minta 1 kotak susu full, ndak boleh setengah-setengah. Pernah kami coba kasih 1/2 kotak, eeehh....dia terus menangis. Baru diam setelah Wify menghabiskan 1 kotak susu.
  • Cegukan. Nah, cegukan ini mirip dengan tangisan. Dia akan menghasilkan ritme tertentu. Bedanya, cegukan ini muncul jika Wify usai minum atau makan siang dan kebutuhan eMBi akan susu sudah terpenuhi.
  • Lebih nurut ke Pibinya. Wify seringkali kewalahan menghadapi eMBi yg begitu aktif. Walau sudah diajak ngobrol dan dibujuk, seringkali eMBi tidak mau diam. Jika sudah begini, aku yg mesti turun tangan. Diajak ngobrol dan dielus2, baru diem dah dia, xixixi.
  • Ingat dengan janji. Hati2 jika berjanji ke eMBi. Dia akan mengingat setiap janji yg telah dilontarkan! Satu waktu, aku janjikan akan mengaji untuk eMBi menjelang tidur. Ternyata aku lupa. Walhasil, eMBi bertingkah sepanjang malam. Setelah dingajikan, janjinya dipenuhi, baru dia tenang kembali.
  • Dengar musik atau ngaji. Well, kalo ini, sejak umur 3 bulan, eMBi memang doyan sekali dengar musik atau pengajian. Musik klasik sangatlah dia sukai. Sementara musik2 seperti ST12 atau Wali, membuat dia berontak, wahihih. Mendengarkan orang mengaji juga membuat dia tenang, apalagi kalo aku yg ngajiin...bakal tertidur dia, hahah.
  • Pembosan. Jabang bayi ini nampaknya mewarisi sekali sifat orang tuanya, pembosan! Sempat suka makanan terbuat dari telor selama 2 bulan, sebelum akhirnya Wify mual2 merasa eneg. Lalu susu Dancow dan susu kehamilan sempat dikonsumsi selama beberapa waktu, sebelum akhirnya ditinggalkan juga dan beralih ke susu ultra. *beuh,ini sih benar2 mirip aku,xixixi...*
  • Penggemar berat es krim. Sejak usia 3 bulan, eMBi doyan sekali makan es krim. Tapi karena pembosan (lihat poin atas), es krim yg dikonsumsi pun ganti2. Campina, Walls, Baskin Robins, Sour Sally sempat dicicipi. Setelah bosan, sekarang beralih ke Binggrae.

Hingga saat ini, kami masih belum ingin tahu jenis kelamin eMBi. Wify sendiri tetap penasaran dan segera ingin tahu, karena ingin membelikan pakaian2 sesuai dengan jenis kelamin. Bayi perempuan itu identik dg warna merah muda, sementara laki2 dg warna biru. Aku sendiri tidak ambil pusing dg pakaian/peralatan bayi ini. Beli saja, ndak usah dipusingkan dengan warna. *aku sendiri masih bingung kenapa mesti ada penggolongan seperti itu*

Dan ini berarti eMBi sudah kian dekat dengan waktu kelahirannya.

Mohon doanya, semoga eMBi bisa lahir dengan selamat dan kondisi kesehatan Wify juga tetap baik. Aamiin.

Foto di atas adalah foto eMBi saat di-usg 4D beberapa waktu lalu.

Moral story:
- bayi sudah bisa berinteraksi sejak di kandungan
- adalah hal bodoh dan terlambat jika baru mengasuh bayi setelah dia lahir atau malah sudah berumur 4 tahun
- menjelang kelahirannya, membuat kami kian berdebar-debar dipenuhi rasa senang dan cemas, berbaur jadi satu