Apakah anda pernah mengikuti undian berhadiah? Atau hadir di sebuah acara yg menyediakan doorprize yg cukup menarik? Pernahkah anda memenangkannya? Well, setidaknya satu kali?

Sebelumnya, aku hendak membahas dulu mengenai 'layanan' undian berhadiah dan doorprize ini.

Undian berhadiah mempunyai berbagai jenis dan model. Ada yg berupa tabungan. Dengan saldo nominal sekian dan setiap kelipatan tertentu, anda akan mendapat poin. Poin ini yg nantinya akan diundi di hadapan notaris. Permasalahannya, dibutuhkan nominal yg tidak sedikit untuk bisa memenangkan hadiah yg disediakan, apalagi hadiah utamanya. Aku pernah mendengar cerita dari ipar sepupuku, bahwa untuk memenangkan sebuah undian dg latar belakang tabungan, setidaknya diperlukan saldo sebesar Rp 200 juta. Itu baru akan didapat peluang yg cukup menjanjikan. Kurang dari itu? Yaaa silakan bermimpi atau gigit2 bantal saja,xixixi.

Ada juga undian berhadiah dengan latar belakang makanan. Untuk tipe makanan ini, jenisnya juga macam-macam. Ada yg mesti mengirim sekian bungkus dan selanjutnya diundi. Ada juga yg sudah tersedia nomor2 dan kode2 tertentu di dalamnya atau di kemasannya. Nomor dan kode tersebut selanjutnya dikirim melalui sms untuk selanjutnya diundi.

Untuk jenis lainnya, misalnya mobil/kendaraan, serupa tapi tak sama. Saat anda membeli kendaraan, anda akan mendapat poin/no undian. Dan selanjutnya yaaa tinggal menunggu saja, siapa tahu Dewi Fortuna sedang 'khilaf', memberikan keberuntungan kepada anda, ahhaha.

Sementara untuk doorprize, meski sama-sama 'sebar2' hadiah, tapi mempunyai sistem yg 'sedikit' berbeda.

Pada dasarnya, doorprize juga tipe undian. Hanya saja, doorprize dilakukan di tempat event itu berlangsung. Untuk doorprize, tiap pengunjung yg hadir, usai mengisi buku tamu, mereka akan diminta memasukkan kartu nama mereka ke dalam sebuah toples. Biasanya di pertengahan acara, atau sedikit menjelang acara selesai, akan diumumkan siapa yg memenangi doorprize yg disediakan.

Terdapat sebuah cerita yang cukup unik mengenai doorprize ini. Aku mempunyai seorang teman yg berprofesi sebagai jurnalis. Dia sering hadir di berbagai event, terutama yg terkait dengan peluncuran produk baru. Nah, percaya atau tidak, hampir semua event yg dia hadiri, dia selalu mendapatkan doorprize. Dengan demikian, sudah sekian doorprize jenis produk yang dia dapatkan. Saking buanyaknya doorprize jenis produk yg pernah dia dapatkan, dia melontarkan guyonan bahwa dia sudah mendapatkan semua jenis barang, tinggal doorprize mobil dan rumah saja yg belum, ahak...ahak.

Jika di keluarga Donald Bebek, temanku itu bisa dikatakan/dinamai si Untung.

Kembali ke pertanyaan, sudah seberapa sering anda mendapatkan/memenangkan undian berhadiah/doorprize? Anda merasa minder dengan keberuntungan temanku? Atau anda malah lebih beruntung?

Jika anda merasa tidak seberuntung temanku, anda tidak perlu khawatir. Aku sendiri termasuk salah seorang yg jarang mendapatkan undian/doorprize.

Sejak aku SD, aku sudah mulai rajin mengirimkan undian. Entah itu TTS majalah anak-anak, makanan berupa mi instan, dan masih banyak jenis undian yg aku ikuti. Dan hasilnya, (hampir) nihillllll....

Aku sebut hampir nihil, karena alhamdulillah, hari ini aku mendapatkan telpon yang menyatakan aku mendapatkan sebuah handset, Blackberry Curve 8520, Gemini. Aku dapatkan hadiah ini karena di akhir Januari 2010 lalu, aku mengikuti undian yang diselenggarakan oleh Conello, bekerjasama dengan Axis.

Ah, intinya sih, aku senang bukan kepalang mendapatkan BB ini. Berarti aku bisa mulai ngoprek dan meneliti lebih jauh kecanggihan handset ini. Sudah sejak lama aku ingin mempunyai handset ini, hanya saja belum kesampaian karena ada hal2 lain yg lebih membutuhkan biaya. So, dengan dapat gratisan (errr...ga 100% gratis sebenarnya), setidaknya aku cukup berhemat sekitar Rp 3 juta, sik asyiiikk.

Dan BB ini aku namai BB *halah*. Maksudnya BB = Banzai BB atau BB Banzai. Redundan yak? Ah, biarin saja lah. Yg penting, bisa ber-BB-ria lah. *joget2*

Moral story:
- jangan putus asa utk mengikuti undian berhadiah/doorprize
- percayalah nasib baik satu saat akan menghampiri anda
- jangan suka iri/dengki dengan keberuntungan yg diperolehku, eh, diperoleh seseorang, ndak baik itu namanya, xixixi...