Well, bulan Maret sudah berjalan 1/3 bulan alias 10 hari. Dan itu artinya tenggat waktu (deadline) untuk SPT kian dekat.

Aku sudah menyelesaikan mengisi SPT ini sejak 2-3 hari form SPT diberikan oleh staf keuangan di kantor. Seperti biasa, jika sudah berkaitan dengan uang maka aku serahkan kepada Menteri Keuangan, Wify.

Mengisi SPT tidak sulit, apalagi jika anda masih di level mengisi SPT berjenis SS. Yg mungkin sulit adalah menghitung jumlah harta yg dimiliki dan hutang anda di akhir tahun lalu.

Jika anda bingung dengan formulir 1770 SS, maka anda bisa unduh formnya di sini. Formulir SPT 1770 SS ini cukup anda isi kemudian anda bawa ke kantor pajak. Selanjutnya anda akan diminta mengisi form dan memasukkan form ini ke amplop.

Mudah bukan?

Oya, sebaiknya anda segera bergegas mengisi formulir SPT 1770 SS dan pergi ke kantor pajak sebelum nanti anda mesti ngantri berjam-jam.

Sebagai penutup, berikut informasi mengenai formulir SPT 1770

Formulir 1770 SS*
Kata kunci pada formulir ini adalah : ”penghasilan semata-mata dari satu pekerjaan dengan penghasilan bruto tidak lebih dari Rp60 Juta”. Nah, jika Anda berstatus sebagai karyawan atau pegawai yang bekerja pada hanya satu perusahaan/instansi/organisasi dengan penghasilan bruto setahun tidak lebih dari Rp60 Juta, dan tidak punya penghasilan lain selain bunga deposito atau tabungan, maka Anda cukup mengisi SPT 1770 SS.
Formulis SS ini memang dirancang sangat sederhana. Hanya ada satu lembar formulir ini dengan dilampiri formulir 1721 A1 saja. Formulir ini pun formulir yang paling banyak digunakan karena sebagian besar Wajib Pajak Orang Pribadi adalah karyawan dengan penghasilan tidak lebih dari Rp60 Juta setahun.

Formulir 1770*
Kata kunci pada formulir ini adalah : “penghasilan dari usaha/pekerjaan bebas”. Jika Anda memiliki penghasilan jenis ini maka wajib hukumnya Anda menggunakan formulir ini. Kalaupun Anda punya penghasilan lain semisal penghasilan dari pekerjaan, atau penghasilan passive seperti dividen atau bunga, Anda harus menggunakan formulir 1770 (tanpa S).
Contoh kegiatan usaha/pekerjaan bebas misalnya adalah usaha toko, wartel, usaha persewaan kendaraan, salon kecantikan, praktek dokter, pengacara dan sebagainya. Jadi kegiatan usaha itu bisa dalam bentuk usaha perdagangan, jasa ataupun pabrikan. Pekerjaan bebas biasanya dilakukan oleh orang yang memiliki keahlian dan membuka praktek menjual keahliannya tersebut kepada khalayak atas namanya sendiri.*

Formulir 1770 S*
Nah, jika Anda tidak masuk kriteria untuk mengisi formulir 1770 atau 1770 SS maka formulir yang harus Anda isi adalah formulir 1770 S.
Misalnya Wajib Pajak yang masuk kriteria ini adalah Wajib Pajak yang penghasilannya dari satu pekerjaan tetapi penghasilan bruto setahunnya lebih dari Rp60 Juta. Seorang karyawan yang bekerja pada lebih dari satu perusahaan/pemberi kerja juga mengisi formulir SPT 1770 S.


Moral story:
- orang bijak taat pajak...KATANYA
- batas pajak adalah tiap tgl 31 Maret
- sebagai warga negara anda mesti menuaikan pajak, sementara sebagai seorang muslim tunaikanlah zakat