Awal tahun baru ini, aku akhirnya menemukan versi buku dari Komik Rada Lucu yang pernah aku tulis artikelnya di sini. Tidak terlalu mahal, bahkan bisa dibilang MURAH BANGET, seharga Rp 16.500 saja. Jadi, JANGAN NUMPANG BACA SAJA, BELI DONG! xixiix...

Di bukunya ini, Eko bisa lebih menuangkan karya2nya lebih bebas dan 'menyenangkan'. Tentu saja, karena kalo cuma ngandelin dari gambar2 di file2 PDF-nya tempo hari, para pembacanya tentu saja akan kecewa.

Aku yg membaca bukunya ini langsung terkekeh-kekeh membaca kartun2 satir dan bahkan terkadang begitu sarkas dalam menyampaikan pendidikan di Indonesia. Kekerasan fisik (dan mental) masih menjadi senjata utama para pendidik, bahkan untuk diterima oleh murid kelas rendah pun. Akibatnya, tidak sedikit siswa yang stres, tidak saja saat hendak menghadapi ujian nasional. Bahkan untuk hadir di sekolah, dia sudah mempersiapkan dan mengenakan helm agar mukanya 'selamat' dari gamparan gurunya (hal 27).

Toh itu bukan berarti Eko selalu menampilkan hal2 buruk ttg pendidikan. Ada beberapa hal yg cukup menarik dan bisa dijadikan pelajaran. Seperti seorang anak yg cuek saat disuruh belajar, ternyata dia pun akan dicuekin pada saat menjadi pengamen (hal 71). Atau 'ke-iri-an' seorang pedagang karena saat dia sekolah dulu tidak memperhatikan pelajaran sehingga dia tidak cukup pintar bahkan untuk melakukan operasi matematika jumlah kurang yg sederhana (hal 82).

So...kapan nich kalian beli bukunya? Karya anak bangsa seperti ini layak beli lho! *mudah2an bisa dapat buku + tandatangan Eko,xixixi...*

Moral story:
- pendidikan di Indonesia masih memprihatinkan
- para pendidik masih banyak yg menggunakan kekerasan
- karya anak bangsa seperti ini harus lebih dihargai, dg membeli buku ini,xixixi..