Sekitar 10 hari lalu, aku berkunjung ke Palembang, masih dalam rangka kunjungan kerja (baca: Perjalanan Menuju Surabaya). Ini adalah kali pertama aku menginjakkan kaki di daratan Andalas. Jelas ini adalah suatu hal yg begitu aku nanti2kan.

Hanya saja, perjalanan menuju Palembang tidaklah cukup menyenangkan. Penyebabnya adalah proses mendaratnya Singa Udara yg begitu 'kasar', sehingga pesawat sempat terguncang-guncang. Beberapa penumpang sempat menjerit tertahan ketika badan pesawat 'membal' karena landing yg tidak sempurna.

Untunglah, alhamdulillah, akhirnya kami bisa mendarat dan turun dari pesawat dengan selamat, sehingga kami pun segera bergegas. Aku sempat mengontak Ardy, seorang teman (blogger, plurker, dan twitter) yg berdomisili di Palembang. Aku mendapat bantuan Ardy untuk mencapai hotel. Setelah cek in dan mandi, aku ditemani Ardy melakukan wisata kuliner dan jalan2 keliling kota Palembang.

Seperti biasa, artikel kuliner aku pisahkan untuk cerita berikutnya. Kali ini aku akan bercerita jalan2 mengunjungi sungai Musi, jembatan Ampera, Benteng Koto Besar, tempat2 nongkrong di Palembang. Beberapa foto berhasil aku dapatkan, terutama untuk pemandangan sungai Musi, jembatan Ampera, dan Benteng Koto Besar seperti di bawah ini.


Tidak banyak yg bisa aku ucapkan untuk sungai Musi dan jembatan Ampera, selain ruaaarrrr biasaaaa...!! Aku benar2 memuaskan keinginanku untuk bisa melihat dan memandang sungai Musi dan jembatan Ampera dari dekat, karena aku sudah ingin melihat jembatan Ampera sejak 25 tahun lalu! Dan alhamdulillah, akhirnya, kesampaian juga!

Sayangnya sungai Musi sudah cukup tercemar, sehingga mengurangi kenyamanan untuk menikmati keindahan sungai ini. Akibatnya aku mengurungkan niat untuk jalan2/wisata sungai, padahal aku benar2 pengen mengarungi sungai Musi lhooo...!! Barangkali pemerintah Palembang bisa berencana memulai membersihkan sungai Musi untuk meningkatkan daya tarik pariwisata.

Moral story:
- Indonesia mempunyai kekayaan alam (termasuk keindahan sungai) yang begitu menjanjikan untuk menarik turis datang
- sayangnya bangsa Indonesia masih banyak yg tidak menjaga dengan baik kekayaan ini
- polusi air mengurangi minat wisata
- singa udara selalu terlambat deh! kali ini 1 jam (saat pergi ke Palembang, dan kembali ke Jakarta)