Semalam aku mendapat sms dari eFahmi, yang memberitahukan akan diputarnya film bagus banget di Metro TV jam 21.30 WIB. Filmnya berjudul "Le Grande Voyage", sebuah film buatan Perancis, yang judulnya (jika diterjemahkan) adalah "Perjalanan Akbar".


Film ini bercerita tentang seorang ayah (The Father) dan anak (Reda) dalam perjalanan menuju Mekkah dalam rangka menuntaskan keinginan si ayah untuk berhaji, yang dijadikan si ayah sebagai perjalanan yg mesti dia tuntaskan. Yang menjadi kendala adalah gap yang terdapat di antara mereka.

Dan seperti film2 Perancis lainnya, plotnya mungkin tidak cocok bagi kebanyakan dari kita yang sudah kadung dicekoki film2 Hollywood. Namun justru di situlah keunikan film Perancis (dan Eropa lainnya?). Tidak banyak aksi2 menghebohkan, namun dari dialog yang terjadi kita bisa menangkap rincian film ini dan mesti berpikir apa yg sebenarnya film ini ingin ceritakan.

Uniknya, si ayah ingin berhaji melalui jalan darat. Ada sebuah penggalan dialog yang cukup menarik dalam film ini.

Reda: Why didn't you fly to Mecca? It's a lot simpler.
The Father: When the waters of the ocean rise to the heavens, they lose their bitterness to become pure again...

Reda: What?
The Father: The ocean waters evaporate as they rise to the clouds. And as they evaporate they become fresh. That's why it's better to go on your pilgrimage on foot than on horseback, better on horseback than by car, better by car than by boat, better by boat than by plane.

Beuh...dalam banget deh makna dari dialog di atas!

Jika anda tertarik mengikuti ceritanya, bisa dibaca di sini.

Moral story:
- berhaji membutuhkan pengorbanan harta, bahkan jiwa
- gap ayah dan anak mestinya tidak boleh terjadi