Film Surrogates ini kami tonton sekitar 2 minggu lalu. Sedikit terlambat dari rencana semula menonton, yang ingin menonton di hari 1 atau 2 atau bahkan midnight. Hanya saja kesibukan yang begitu deras membuat kami menunda acara menonton film ini.

Sejak awal kemunculan thrillernya, saat kami menonton film lain, aku sudah tertarik dan berniat menonton film ini. Ada beberapa alasan, yakni yang pertama film ini dibintangi Bruce Willis. Selama ini aku selalu percaya film2 Bruce Willis tidak terlalu kacangan banget. Bahkan Die Hard IV termasuk film yg benar2 (maaf) 'goblok', yg meski absurd karena si jagoan susah banget mati, tapi toh ceritanya tetap enak diikuti. Kedua, jika melihat sekilas, film ini melibatkan teknologi canggih.

Akhirnya kami bisa menonton film ini juga! Dan EMANG KEREN!

Film ini menceritakan seorang polisi bernama Tom (Bruce Willis) yang 'kebetulan' hidup di masa ketika angka kejahatan&kecelakaan sudah tidak terlalu tinggi. Penyebabnya adalah ditemukannya manusia tiruan sehingga orang tidak perlu langsung berjalan-jalan/kontak dengan dunia luar. Agak membingungkan yak?

Jadi begini. Anda akan diminta membeli sebuah boneka yg mirip dg manusia (lengkap dengan jaringan syaraf dan lainnya). Si boneka ini bisa didandani menyerupai anda atau bahkan bisa menjadi berbentuk anak kecil. Setelah anda cocok dg tampilan si boneka ini, anda tinggal masuk ke sebuah tempat tidur dengan perlengkapan tertentu. Segera setelah alat penggeraknya terhubung dengan anda, anda bisa menggerakkan si boneka ini untuk pergi keluar rumah tanpa perlu merasa takut lagi dengan segala kejadian/kecelakaan yang bakal menimpa anda.

Nah, ternyata perilaku 'imitasi' ini membuat manusia terbagi menjadi 2 dunia, yg pro dan kontra. Orang2 yg kontra berpendapat bahwa perilaku imitasi ini merusak kebudayaan manusia itu sendiri, karena kontak secara REAL itu sebenarnya merupakan kebutuhan dasar manusia.

Singkatnya terjadi pembunuhan terhadap manusia2 imitasi ini, yang memaksa Tom menanggalkan manusia imitasinya dan menyelidiki pembunuhan ini dengan badan aslinya.

Film ini mengingatkanku pada film Matrix, hanya saja nilai filosofi Surrogates ini tidak sedalam Matrix. Toh, walau begitu, aku sedikit kecewa dengan film ini, karena aku sudah bisa menduga ending dari film ini.halah..

Yang 'menghiburku' adalah di film ini si Bruce Willis memang memerankan 'die hard' dalam artian, emang susah matinyaaa...ngakak Selain itu, manusia imitasinya ada yg mirip dg Demi Moore, mantan istrinya.

Moral story:
- manusia membutuhkan teknologi, tapi jgn sampai diperbudak
- film2 bruce willis biasanya ringan2 saja, tapi yg ini cukup dalam filosofinya