Demikian ungkapan dalam bahasa Inggris yang ngawur, jika saat kita sedang sakit lalu ditanya orang. "Ga enak badan" merupakan alasan yang cukup umum dilontarkan atau diajukan ketika kita merasa ada bagian tubuh kita yang 'tidak bekerja' sesuai fungsinya.

Banyak penyebab badan kita menjadi tidak delicious. Namun rata-rata masuk angin menjadi 'kambing hitam' apabila tubuh kita mendadak merasa tidak fit.

Nah, hal ini yang sedang aku alami sejak hari Senin lalu. Badan terasa tidak fit, bahkan badan ini serasa melayang-layang. Ga jelas gitu deh perasaannya. Padahal pasokan gizi yang disediakan Wify sudah cukup. Istirahat pun bisa dikatakan berlebih. Akhirnya aku coba untuk makan lebih banyak sebagai upaya meningkatkan kekebalan tubuh.

Makan yg bergizi, istirahat dan teratur memang menjadi salah satu solusi (awal) apabila tubuh kita tidak fit. Jika 1-2 hari masih terjadi gejala ini, maka hendaknya pergi ke dokter, walaupun kalo aku sendiri tidak terlalu suka pergi ke dokter. Penyebabnya, aku tidak terlalu suka minum obat, karena menurutku perbedaan obat dan racun sangatlah tipis.

Selain itu, terlalu banyak minum obat akan membuat si penyakit menjadi kebal (immun). Kalo sudah gitu, kadar obat mesti dinaikkan. Dan ujung2nya menjadi kecanduan dan bergantung pada obat.halah..

Menginjak hari Kamis ini, badanku masih tidak delicious, meski tidak separah di hari Senin kemarin. Yang aku bisa lakukan, jangan sampai badan ndak fit dan perasaan melayang-layang ini mengganggu aktivitasku, apalagi sampai muntah2.mual2

Kemungkinan penyebabnya adalah musim pancaroba di Jakarta ini. Ketidak jelasan cuaca di Jakarta belakangan ini terus terang membuatku sendiri agak kewalahan juga untuk mengantisipasinya.

Ada ide lain untuk menyembuhkan 'ga enak badan'?

Moral story:
- istilah ga enak badan berlaku umum dan digunakan jika belum periksa ke dokter
- masuk angin ditengarai sebagai penyebab ga enak badan
- asupan gizi jangan berkurang agar kondisi badan tidak drop lagi