Kali ini aku hendak share di bidang teknologi dan pengetahuan. Lumayan lah, buat bantu temen2 yg mungkin pernah mengalami hal yg sama dan belum ketemu solusinya.

Belakangan ini aku banyak menggunakan Personal Web Access sebagai tools untuk membantu kerjaku, terutama untuk memanage dan mengatur proyek2 yang aku pegang. Lumayan membantu, terutama karena dengan tools ini aku dapatkan tool multiguna, karena bisa menghandle banyak hal.happy

Karena aku juga masih baru memegang tools ini, otomatis masih banyak hal yg mesti aku pelajari (sambil jalan tentunya).

Nah, 1 hal masalah yg aku hadapi kemarin adalah menghapus (ataupun mengganti nama) dari sebuah project. Jadi begini, aku punya 1 project, katakanlah project ABCD. Nah, ternyata project ini mestinya bernama/berjudul ABCDE. Aku mengalami masalah di sini. Karena jika aku simpan file project ini dg nama lain, maka akan ada 2 project serupa dg nama berbeda.

Setelah 15 menit ngoprek2, aku temukan solusinya, tidak terlalu sulit. Berikut langkah2nya:
1. Buka sebuah file Microsoft Project dari existing project atau buat baru dari Project Server
2. Pilih File - Open
3. Akan ada file dengan nama "Retrieve list of all projects from Project Server". Pilih file itu, lalu tekan "Open"
4. Selanjutnya akan muncul nama file MPP yang ada di server
5. Hapus langsung (atau ganti namanya) file MPP yg anda kehendaki

Semoga bermanfaat.
Gambar dari sini.

Moral story:
- produk2 mikocok tidak terlalu sulit, asal mau ngoprek
- sharing knowledge itu penting lho!