Bagi anda-anda yang dibesarkan di era 80an, aku yakin kalian pernah tahu tentang GI Joe! Yak, filmnya bahkan sempat diputar di RCTI selama beberapa waktu.

GI Joe: The Rise of Cobra bercerita tentang tentara2 (rahasia) USA dengan misi untuk menyelamatkan USA dari serangan musuh (dalam hal ini Cobra). Banyak sekali peralatan canggih yang ditunjukkan saat pertempuran GI Joe vs Cobra. Ok...ok...canggih memang relatif, tapi karena fiksi, toh boleh2 saja imajinasi penciptanya berkeliaran ke mana2, yg penting memuaskan khayalan para bocah (usia 4-12 tahun). Aku termasuk di dalamnya, ahak...ahak...nyengir

Di GI Joe ini, aku mempunyai favorit beberapa karakter, yakni si Cobra itu sendiri, Baroness, Snake Eye, dan Scarlett. Keempat karakter ini punya 'kekuatan' yg sedemikian menarik buatku, hingga kini.

Ok, sebelum melantur, kita kembali ke film GI Joe itu sendiri!

Beberapa waktu lalu, aku dan Wify menonton film GI Joe: The Rise of Cobra. Wify, tumben2nya, mau diajak nonton film ini, padahal genre GI Joe dan Transformers toh sama saja, remaja (bahkan cenderung anak2). Jika Transformers, Wify cenderung males nonton (bahkan untuk Transformers 2, aku nonton sendiri).sedih

GI Joe bercerita tentang (masih) tentara2 USA yg mesti berhadapan dg McCullen (dan rekan2nya) yg berusaha menjadi orang dg kekuasaan terbesar di dunia. McCullen sendiri merupakan klan yang punya cerita cukup panjang, hingga pada akhirnya dia menjadi raja senjata utama (mirip2 dg Tony Stark, di Iron Man).

Singkat cerita, terjadi pertempuran antara GI Joe dan pasukan MARS. Dan seperti aku tulis di bagian awal, begitu banyak persenjataan dan peralatan canggih yg ditampilkan. Pokoke, kuereeeennnn....!!

Alur cerita yg (cukup) cepat membuat penonton yg tidak mengerti (atau tidak tahu) ttg GI Joe akan banyak bertanya-tanya. Tapi toh, tetep saja cukup layak diikuti, terlebih karena ada beberapa flashback untuk beberapa tokoh, sehingga membantu anda yg belum tahu banyak ttg GI Joe.

Aku sendiri menilai film GI Joe ini cukup keren. Aku beri nilai 8, 1 nilai lebih tinggi dari Transformers 2.

Di film ini, tetap saja ada kekurangan dan kelebihannya menurutku. Kekurangannya adalah banyak adegan yg terlalu ga masuk akal. Terlebih untuk kejar2an GI Joe dan pasukan MARS di jalanan kota Paris yg (herannya) tidak ada korban jiwa yg jatuh, padahal kerusakan yg terjadi cukup parah, terutama adegan saat menerobos metro. Selain itu, MARKAS BESAR GI JOE BERADA DI MESIR. HELLOOO...!! KOK JADI INGET TRANSFORMERS 2 SIH? EMANGNYA KALIAN JANJIAN UNTUK MENJADIKAN MESIR SEBAGAI PUSAT PEMBUATAN FILM?halah..

Kelebihannya, buatku, adalah di pemeran Baroness dan Scarlett. Menjadi 'terlalu' sexy bo! Wakakak... Terutama untuk Baroness, menurutku sih Sienna Miller tampil cukup 'hot' di film ini. Sayangnya, masih kurang sadis dan 'dingin' jika dibandingkan dengan komiknya yg pernah aku baca.

Bagaimanapun, film ini cukup layak tonton, terutama bagi penggemar film aksi, entah itu adegan perkelahian, peralatan2 canggih, ataupun bagi yg ingin nostalgia masa2 kecil (yg nampaknya terlalu bahagia, sampe pengen nostalgia lagi, wakakak..).

Gambar dari sini.

Moral story:
- untuk adegan2nya, GI Joe punya nilai lebih dari Transformers 2
- sayangnya, masih terlalu USA nih!
- tidak sabar menunggu sequelnya!