Acungan jempol layak diberikan kepada Hoka-hoka Bento dan Pizza Hut atas layanannya yang memuaskan dan membuat customer merasa nyaman.

Jadi begini ceritanya...

Saat aku masih nganggur usai resign beberapa waktu lalu, aku jalan-jalan untuk mencari ide sekaligus hendak ketemuan dengan orang, biasa bahas bisnis, heheh. Nah, seraya menunggu temanku datang, aku makan siang di Hokben di Plaza Semanggi, tempat bertemu. Salah satu item yang aku beli adalah sarang burung, sebuah makanan penutup yang (menurutku) sangat enaaaakkk...ngiler

Usai menghabiskan makanan utama, mulailah aku menghabiskan sarang burung. Tapi kok, errrr...rasanya ASAM yak? Padahal, seingatku si mbak tadi sudah memberikan gula dalam kadar yg cukup. Sejenak aku teringat pengalaman makan di Pancious, di mana kita bisa complaint dengan makanan yg 'bermasalah', dan saat itu, aku mendapatkan gantinya.

Sedikit ragu apakah aku akan mendapat pengalaman serupa atau malah kebalikannya (didamprat), aku beranikan diri saja untuk memanggil salah seorang staf Hokben. Kepada mas yang datang, aku jelaskan bahwa aku sempat mencicip sarang burung sebanyak 2 sendok, tapi rasanya kok asem, tidak seperti biasanya. FYI, aku sudah menikmati menu sarang burung ini sejak 1999, jadi sudah sekitar 10 tahun, jadi aku bisa yakin bahwa rasa sarang burung yg aku nikmati siang itu berbeda.

Si mas mengambil menu sarang burung yg baru aku cicip 2 sendok, lalu membawanya ke belakang (dapur). Sekitar 10 menit, dia kembali datang dan terjadilah dialog singkat (lebih kurang) sebagai berikut:

Staf Hokben(SH):"Mas, menurut koki kami, rasa sarang burung walet ya seperti ini."
Aku:"Wah, ga kok mas, saya yakin, karena saya baru seminggu lalu memesan sarang burung walet di hokben Kalibata Mall, dan rasanya tidak asam seperti ini." (kebetulan juga minggu lalu aku dan Wify sempat makan di hokben Kalibata Mall)

Akhirnya si mas kembali ke dapur dan membawakan gantinya, sarang burung yg masih utuh.
SH:"Silakan mas, kami ganti sarang burung yang tadi dengan yang baru."
Aku:"Horeeee...." (bersorak dalam hati tentunya)

Dan benar saja, sarang burung yang baru ini rasanya TIDAK ASAM! Jadi, memang bukan salah lidahku kan?!nyengir

Pindah ke Pizza Hut.

Hal yang sama terjadi untuk Pizza Hut. Kami makan di Pizza Hut, di Plaza Semanggi juga. Kali ini salah seorang teman memesan spaghetti something. Rasanya SANGAT ASIN!!! Dan akhirnya, salah seorang staf Pizza Hut menawarkan untuk mengganti menu tersebut dengan yang baru. Dan menu yang baru tersebut MEMANG TIDAK LAGI SEASIN hidangan pertama, heheh.

Sekali lagi, salut bagi Hokben dan Pizza Hut! Layanan anda sudah lebih baik dari tempat makan lain.

Moral story:
- layanan yang memuaskan akan menyenangkan hati pelanggan
- pelanggan yang senang hatinya akan mereferensikan tempat makan tersebut pada orang lain
- semoga tempat makan lain menyusul, memberikan layanan yang lebih baik