Aku yakin, sebagian besar dari pembaca blog ini sudah pernah mendengar kata-kata berikut: Plurk, Friendster, Multiply, LinkedIn, Facebook, MySpace, dan Twitter. Yak, kata-kata tersebut merupakan perwakilan dari situs-situs (yg diterjemahkan menjadi laman-laman) yang banyak diakses, apalagi Facebook, yang sudah menjadi 'keharusan' (jika tidak disebut wajib) dimiliki oleh para pengguna internet.

Situs-situs tersebut dinamai situs gaul, demikian menurut Merry, si penulis buku. Dan menurutku, hal tersebut tidak salah. Dengan mempunyai akun di situs-situs yang aku sebut di atas, kita akan menjadi orang yang 'gaul', bahkan tidak mungkin akan menjadi 'seleb' di situs-situs tersebut!nyengir

Dalam buku yang dia tulis, Merry menuliskan pengalamannya menggunakan situs-situs gaul tersebut. Tidak hanya pengalaman yang menyenangkan, namun juga kejadian-kejadian yang membuatnya kesal dan bahkan kapok menggunakan (beberapa) situs gaul tersebut. Cukup lucu juga membacanya.ngakak

Penuturan dan penjelasan Merry tentang situs-situs gaul cukup detail. Dia tidak hanya membahas situs-situs gaul luar negeri, namun juga dalam negeri, seperti Fupei dan Kombes. Hanya saja, sayangnya Merry tidak cukup banyak mengupas situs gaul dalam negeri. Setahuku, masih cukup banyak situs gaul dalam negeri lainnya, namun memang tidak terlalu bergema gaungnya. Saking ga bergema, aku sendiri malah ga terlalu hapal, heheh.

Manfaat dari situs gaul sangatlah banyak dan beraneka, sebagaimana Merry paparkan dalam bukunya. Mulai dari cari dukungan, mencari jodoh, pengembangan citra diri, bahkan juga bisa dimanfaatkan untuk berbisnis.

Untuk urusan kibul mengibul, Merry tidak lupa menuliskannya. Banyak orang yang menyalahgunakan situs-situs gaul untuk hal-hal yg tidak benar, apalagi untuk ngibul. Tidak hanya kibul mengibul, pornografi juga bisa menjadi ancaman bagi para pengguna situs tersebut, terlebih bagi anak-anak di bawah umur. Oleh karenanya Merry juga menuliskan "Do-s" dan "Don't-s" (eh, nulisnya bener ga yak? hihihi...) untuk para pemilik account situs-situs tersebut. Bisa dikatakan sebagai panduan untuk menggunakan situs gaul tersebut secara 'aman' dan 'sehat'.

So, bagi yang tidak mau ketinggalan gaul (atau disebut ketinggalan jaman), maka cepet-cepet deh sign up dan jadilah orang gaul!