Kwetiaw sebenarnya bukan menu makanan yang aneh, terutama bagi warga Jakarta. Banyak sekali tempat makan yang berjualan kwetiaw. Namun, tidak ada salahnya mencoba kwetiaw Jangkung.

Lokasinya di daerah Tanjung Duren, yappp…berdekatan dengan Strawberry Café yang sempat aku bahas beberapa waktu lalu. Untuk mencapai Kwetiaw Jangkung ini tidaklah sulit. Dari Strawberry Café, anda tinggal ikuti jalan menujun Greenvil. Susuri jalan hingga anda menemukan BCA di sebelah kiri anda.

Begitu anda menemukan BCA di sebelah kiri anda, maka anda akan lebih mudah mencapai kwetiaw Jangkung ini. Lokasinya di seberang jalan, di sebelah kanan. Jadi, ada sebuah komplek ruko, nah, dari BCA anda bisa langsung potong jalan, masuk ke komplek ruko itu. Susuri saja komplek itu, anda akan temukan rumah makan kwetiaw Jangkung ini.

Di situ tidak hanya menjual kwetiaw, tapi juga ada baso gepeng. Maka aku memesan kwetiaw sementara Wify memesan baso gepeng.

Tidak perlu menunggu terlalu lama, sekitar 10-15 menit, datanglah 2 hidangan pesanan kami, 1 pori kwetiaw goreng dan 1 porsi baso gepeng. Cukup menggugah selera kwetiawnya, dan memang saat aku coba, kwetiaw Jangkung ini sedikit berbeda dengan kwetiaw biasanya. Nampaknya ada daging kikil (atau juga disebut daging tunjang jika kita pesan di rumah makan padang) yg membuat rasanya menjadi lebih unik. aku beri nilai 7 untuk rasa kwetiaw ini.

Baso gepengnya juga enak. Bahkan menurut Wify, kuah basonya sangat khas dan enak. aku sendiri mencoba 3 potong baso gepengnya, dan memang enak. Nilai 7,5 untuk baso gepeng ini.

Lokasinya sangat mudah dicapai, dan nampaknya sangat ramai jika di hari-hari biasa, terutama karena rumah makan ini berlokasi di daerah perkantoran (banyak ruko yang biasa digunakan untuk perkantoran). Menurut aku tidak cocok untuk nongkrong, apalagi untuk keluarga.

Total kami habiskan uang Rp 44 ribu untuk 1 porsi kwetiaw (Rp 17 ribu/porsi), 1 porsi baso gepeng (Rp 17 ribu/porsi, ada 10 potong), 1 teh botol Rp 3000, dan 1 gelas es jeruk seharga Rp 7000.

Karena rumah makannya cukup bersih, aku rekomendasikan rumah makan ini cukup berharga untuk dikunjungi. Masalah selera, memang, tergantung masing-masing orang.