4/29/2008

Minggu sore, aku dan Wify akhirnya berkesempatan untuk menonton film The Tarix Jabrix, sebuah film komedi yang dibintangi oleh beberapa artis cukup terkenal. Katakanlah Carissa Putri (Ayat-ayat Cinta), Francine Roosenda (eXtra Large), kemudian ada Joe Project Pop, Iga Mawarni, Candil "Seurieus", dan yg lainnya.

Tokoh utama dari film ini adalah 5 sekawan dari SMA Jayagiri (lokasi di Bandung), Caca Sutarya (dijuluki Cacing gara2 anunya segede cacing...ups, spoiler), si kembar Coki & Ciko, Mulder (Mulyana Drajat), dan Dadang. Nama asli dari para personil The Changcuters bisa dilihat di sini.

Awal cerita, kita akan disuguhi kisah si Cacing yg ingin menjadi anggota geng motor "Road Devils" yg dipimpin Eddy Brokoli. Kita akan terkekeh-kekeh, bahkan terbahak-bahak melihat kisah perjuangan si Cacing untuk menjadi anggota RD, yg berujung dengan...ah, tonton sendiri deh!xixixi..

Dilanjutkan dengan cerita 4 personil lain tentang latar belakang kehidupan mereka, terutama yg berhubungan dengan motor, sebelum mereka bergabung menjadi anggota The Tarix Jabrix.

Akan terlalu panjang jika aku ceritakan satu persatu di sini, namun film dengan durasi 1,5 jam ini TIDAK PANTAS UNTUK DILEWATKAN!! ALIAS WAJIB NONTON!!

Apa pasal?
1. Dari sisi cerita, film ini layak diacungi jempol. Tutur dan alur berjalan dengan baik. NYARIS tidak ada cacat dalam film ini kecuali 2 hal, yakni yg pertama lokasi sekolah dan rumah Kalista yg TIDAK JELAS! Jika dugaanku benar, sekolah dan rumah Kalista berlokasi di Bandung Utara. Tapi kenapa mesti 'jalan2' dulu ke jalan Asia Afrika, Braga, dst? Yg kedua mengenai UJIAN SIM. Hmmm..apa benar si Coki (eh atau Ciko) berhasil mendapatkan SIM C dg cara yg benar? Atau masih ada trik2 khusus seperti di artikel2ku tentang pembuatan SIM C?entahlah...

2. Film ini punya sisi positif (pesan moral yg baik). Seperti kita ketahui bersama, beberapa waktu lalu kasus geng motor sempat meresahkan warga Bandung (baca di sini untuk kisah temanku yg sempat menjadi geng motor). Nah, di film ini, The Tarix Jabrix mengajak generasi muda (terutama di Bandung), bahwa untuk menjadi geng motor tidak mesti dengan melanggar lalu lintas atau bahkan meresahkan masyarakat. The Tarix Jabrix malah mempunyai motto untuk menjadi geng motor yg TIDAK MELANGGAR LALU LINTAS, TIDAK MERESAHKAN MASYARAKAT (atau sejenis itu deh), DAN MENGHORMATI ORANG TUA!!ngakak guling2

Tapi serius lho, meski ini sekedar film, metode penyampaiannya cukup efektif. Selain tidak menggurui, film ini juga mencontohkan seperti apa sih geng motor yg 'baik' itu. Hal lain, film ini tidak banyak mengumbar kata2 kotor seperti film Radit dan Jani.

Hanya saja, setidaknya masih ada 2 hal, yg menurutku ada pesan 'tidak baik' dalam film ini. Yang pertama, asap knalpot yg berlebihan (nampaknya urusan knalpot ini mesti mulai diperhatikan pak polisi deh). Yang kedua, cara mengendara yg (menurutku) ugal2an. Oke, sebagai geng motor mereka boleh berekspresi di jalanan. Tapi di beberapa adegan, cara mengendara yg ugal2an membuatku malah khawatir menjadi contoh buruk.
3. Bagi yg pernah tinggal di Bandung, kerinduan akan kota Bandung sedikit banyak akan terpuaskan di sini. Banyak sekali suasana2 dan jalan2 di Bandung yg begitu kurindukan (ceileeee..).

4. Ada hadiah sepeda motor bagi para penonton film The Tarix Jabrix inimata duitan. Informasinya? Silakan klik saja gambar di samping ini ya?!

Hal yg mengejutkan dan menggelikan adalah saat Hanung tampil di sebuah adegan. Yak, Hanung, sang produser, muncul sebagai pelanggan di bengkel Sugema. Dan dia dianggap Saiful Jamil oleh Mayang.ngakak guling2

Salah satu adegan yg menggelikan dan membuat banyak penonton terbahak-bahak adalah ketika The Tarix Jabrix mempraktikkan motto mereka, untuk membantu yg lemah. Ketika ada nenek2 yg hendak menyebrang, mereka sudah berhenti di tempat yg 'aman', kemudian dengan sabar menunggu nenek2 itu menyebrang. Saking ingin membantu, mereka akhirnya menggendong si nenek dan 'menyimpannya' di seberang jalan.ngakak guling2

Salah satu lagu The Changcuters, Racun Dunia, juga sempat dinyanyikan di film ini.

Aku memberikan nilai 8,5 bagi film ini. So, tunggu apalagi? Segera ke bioskop terdekat dan nikmati adegan2 yg tertayang!

Posted on Tuesday, April 29, 2008 by M Fahmi Aulia

6 comments

4/28/2008

Mbok yaaa...tahu diri sedikit dong!

Demikian lontaran kalimat yg keluar dari mulutku, saat Wify memberitahu bahwa Saiful Jamil hendak mencalonkan diri sebagai wakil walikota Serang, berpasangan dengan calon walikota dari PPP, Ruhyadi Kirtam Sanjaya.

Aku tidak ada niat untuk menjelek2kan Saiful Jamil, karena mencalonkan diri maupun dicalonkan diri merupakan hak Saiful Jamil. Namun, menurutku, sebelum mengajukan diri, hendaknya ybs becermin dulu, apakah dirinya layak atau tidak untuk mencalonkan diri.

Pencalonan ini, dugaanku, berkaitan dengan keberhasilan Rano Karno dan Dede Yusuf dalam pilkada Tangerang dan Jawa Barat yg lalu. Dan seperti biasanya, orang2 Indonesia senang sekali mengekor apabila ada yg sukses. Sayangnya ngekornya kadang (atau seringkali?) tidak menggunakan nalar.halah..

Jika kita perhatikan latar belakang Rano Karno dan Dede Yusuf, keduanya sudah terbukti mempunyai pengalaman di bidang politik yg cukup lama, meskipun bagi RK jadi kutu loncat sebelum akhirnya terpilih.xixixi...

Sementara Saiful Jamil, maaf ya bang, aku belum pernah mendengar/tahu kiprah anda di dunia politik. Dengan slogan "KISS" yg anda bawa, kok yaa...maaf, aku pesimis.

Yaaa...monggo deh mencalonkan diri. Semoga sukses...!! *menyatakan selamat dg prihatin*

Posted on Monday, April 28, 2008 by M Fahmi Aulia

3 comments

4/27/2008

Sebuah berita gembira bagi penggemar Tintin. Berdasarkan pengamatanku di toko buku, komik Tintin telah hadir kembali! Jika dulu diterbitkan oleh Indira, maka kini komik Tintin diterbitkan oleh Gramedia.

Ada perbedaan yg cukup mencolok pada komik Tintin. Bukan...bukan pada gambar atau ceritanya, namun pada penamaannya. Ada beberapa perubahan nama dari komik Tintin yg kita kenal sebelumnya.


Tintin sendiri masih tetap namanya (ya iya lah, jika beda, tentu nama komiknya bukan Tintin lagi donk, ahahahah...ngakak). Snowy, anjing Tintin, diubah namanya menjadi MILO. Profesor Kalkulus berganti nama menjadi LAKMUS. Kapten Haddock masih tetap. Sedangkan Thompson dan Thomson, si kembar detektif konyol, diubah namanya menjadi Dupondt.

Perubahan nama ini disesuaikan dengan komik aslinya. Aku sendiri agak bingung, bagaimana Indira bisa mengubah nama2 karakternya ya?

Harga per komik kini menjadi Rp 40.000. Beuh, mahal sekali jika dibandingkan dengan jamanku yg masih Rp 2500, hahah...ngakak

Posted on Sunday, April 27, 2008 by M Fahmi Aulia

2 comments

4/26/2008

Sudah lebih dari 3 bulan ini, laptopku sudah bersih dari file2 (lagu) mp3 bajakan. Bajakan di sini, mengunduh dari internet, ataupun mengopi dari pihak lain. Sedikit beruntung, kantorku seringkali mendapat kiriman cd2 musik demo, sehingga aku masih sempat mendengar lagu2, meski mungkin sudah out of date.

Ada banyak alasan mengapa akhirnya aku mulai membersihkan laptopku dari file2 lagu mp3 bajakan. Salah satunya usai membaca buku tentang Chrisye, yg bercerita bagaimana totalitas dan upaya Chrisye untuk menjadi seorang legenda musik Indonesia. Di bagian akhir, cerita mengenai Chrisye yg sakit dan mesti dirawat, otomatis butuh biaya besar, membuatku berpikir...bahwa jika karyanya tidak banyak dibajak, mungkin Chrisye bisa lebih mendapatkan perawatan yg lebih baik.

Hal yg sama aku lihat pada Gito Rollies.

Dan sejak saat itu, aku lebih 'berhati-hati' dan membersihkan laptopku dari lagu2 bajakan (file mp3). Jadi, jika anda cek laptopku sekarang, anda tidak akan temukan file2 mp3 berisi lagu.

Sebaliknya, kini aku punya hobi baru, berburu video2 klip di youtube. Nah, untuk yg 1 ini, aku masih bingung...apakah perbuatan 'terlarang' atau tidak ya?xixixi...

Yaa...yg penting sih sekarang, KATAKAN TIDAK PADA MP3 BAJAKAN!!talk to the hand

Satu hal lagi, jika aku membuat mp3 dari cd2 yg diterima kantorku, dan aku nikmati sendiri, apakah termasuk pembajakan?

Posted on Saturday, April 26, 2008 by M Fahmi Aulia

2 comments

4/25/2008

Kuliner kali ini, aku hendak mengajak anda semua menikmati buntut bakar. Yak, buntut bakar. Mungkin terdengar aneh, karena selama ini kita lebih mengenal sop buntut dibandingkan buntut bakar. Aku sendiri baru tahu saat mencoba.

Lokasi kuliner kita cukup mudah untuk dikenali dan dijangkau, yakni di gedung Trans TV, di daerah Tendean, tempat aku menonton Tukul tempo hari.

Anda masuk ke gedung bank Mega, kemudian turun ke lantai Basement. Di sana terdapat sebuah food court yg cukup baik dan terawat kondisinya. Nah, di dekat kasir, terdapat kios buntut bakar ini, milik bu(?) Poppy.

Tidak terlalu lama menunggu pesanan kita datang, dan tadaaaa...inilah sosok dari 1 porsi buntut bakar.

Tiga potong buntut bakar (jika anda beruntung, anda akan mendapatkan 3 buah buntut bakar berukuran besar) tersaji seperti anda bisa lihat di samping kiri ini. Bentuknya mungkin tidak menggiurkan karena warna hitam, tapi percayalah, wangi buntut bakar ini akan membuat anda tidak sabar untuk segera menikmatinya.ngiler

Seporsi nasi disajikan bersamaan dengan buntut bakar ini. Berikutnya adalah 1 mangkok kuah buntut bakar, gunanya agar kerongkongan tidak seret karena kondisi makanan kering semua. Selain itu, sayur2 yg ada akan menjaga 'netralitas' lemak yg dihasilkan buntut bakar.

So, aku tidak menunggu waktu terlalu lama. Dalam hitungan sekitar 15 menit, berpindahlah 1 porsi buntut bakar ini ke dalam perutku.nyengir

Memberi tambahan tempe dan perkedel jagung akan menambah selera. Namun, khusus untuk perkedel jagung, aku sarankan dimakan usai menu utama (buntut bakar) selesai dimakan. Alasannya, kita bisa menikmati rasa dari perkedel jagung itu dg lebih santai. Aku sempat mencoba beberapa gigitan perkedel jagung ini seraya makan buntut bakar. Menurutku, rasanya jadi tercampur.

Oya, untuk harga....GRATIS...karena aku dibayari oleh clientku, hahahaa...ngakak Nampaknya tidak terlalu mahal kok! So, jangan ragu untuk mencobanya ya?!

Posted on Friday, April 25, 2008 by M Fahmi Aulia

1 comment

4/24/2008

Sebuah lagu yg kocak...filmnya, Tarix Jabrix, sudah beredar, namun aku dan Wify belum nonton euy.

Seperti biasa, clipnya ada di bagian bawah.

Racun..racun..racun
Mati laju darahku
memang kau racun

Ampun..ampun..ampun
Takluk sudah hebatku 2x
Memang kau racun

Wanita racun dunia
Karna dia butakan semua

Racun..racun..racun
Hilang akal sehatku 3x
Memang kau racun

Wanita racun dunia
Karna dia butakan semua

Wanita racun dunia
Apa daya itu adanya

Racun..racun..racun
Mati laju darahku
Takluk sudah hebatku
Hilang akal sehatku 2x
Memang kau racun

Racun..racun..racun
Racun..racun..racun
Racun..racun..racun

Racun..racun..racun
Racun..racun..racun
Racun..racun..racun

Mati laju darahku
Takluk sudah hebatku
Hilang akal sehatku 2x
Memang kau racun

Posted on Thursday, April 24, 2008 by M Fahmi Aulia

1 comment

4/23/2008

Seminggu yg lalu, aku membeli buku kedua (dari 4 buku) Laskar Pelangi. Ulasan buku pertama, Laskar Pelangi, sudah aku muat di sini.

Buku kedua berjudul Sang Pemimpi. Jika dibandingkan dengan buku pertama, jelas kalah tebal. Buku pertama lebih dari 500 halaman, sementara buku kedua ini 'hanya' 281 halaman. Namun buku kedua ini mempunyai kualitas kertas yg jauh lebih oke dibandingkan dengan buku pertama.

Waktu yg aku butuhkan untuk membaca buku kedua ini jelas lebih singkat, namun butuh waktu seminggu sebelum akhirnya Kamis siang aku berhasil selesaikan membacanya.

Di buku kedua ini, secara garis besar Andrea menceritakan masa SMA (pubertas) yg penuh dengan gejolak anak muda. Dan cukup gila cerita kehidupannya, membuatku sempat sakit perut gara2 menahan ketawa karena aku membacanya di tengah keramaian.

Namun, banyak juga cerita yg mengundang rasa haru. Meski demikian, saat kita membaca bagian2 yg mengharukan, kita juga akan ikut larut dalam kebahagiaan dan keharuan yg dirasa.

Ndak sabar deh untuk membeli buku ketiganya!!nyengir

Posted on Wednesday, April 23, 2008 by M Fahmi Aulia

1 comment

4/21/2008

Pada hari Minggu, kuturut ayah ke kota...ups...maaf, salah. Maksudnya, pada suatu hari Minggu, tepatnya 30 Maret 2008, sekitar jam 16.30 WIB, aku temukan sebuah acara menarik di Global TV.

Acara yg aku maksud, seperti judul artikel ini, Seleb Sitter.

Mirip dengan acara Nanny 911 yg ditayangkan Metro TV, tujuan utama acara ini adalah untuk 'ngemong' si bayi. Hanya saja, jika di Nanny 911, para 'aktornya' adalah para pengasuh sesungguhnya, maka di Seleb Sitter ini, sepasang aktor dan artis yg menjadi tokoh utamanya.

Mereka mesti bisa mengasuh (beberapa) anak kecil, mulai dari bangun tidur, mandi pagi, sarapan, hingga tidur lagi.

Banyak kejadian lucu yg terjadi, terutama jika aktor/artisnya belum menikah/belum punya anak.

Patut ditonton, setidaknya bermanfaat bagi para pasangan suami istri, untuk menanggulangi keributan yg dilakukan anak2 mereka.xixixi...

Posted on Monday, April 21, 2008 by M Fahmi Aulia

1 comment

Harmoko, salah seorang tokoh kunci Orde Baru, sudah kembali!! Dalam 2-3 hari terakhir ini, berita kembalinya mr Harmoko seringkali aku saksikan di televisi.

Apa pasal?

Ternyata Harmoko berniat 'turun gunung' ke dunia politik Indonesia, dengan mendirikan grup dangdut partai politik baru, yakni Partai Kerakyatan Nasional.

Aje gileee...hebat euy bapak yg satu ini..!! Menjelang usianya ke-70, beliau masih tampak segar, bahkan saat aku lihat di tv one 2 hari lalu, saati diwawancarai (dan diwawancandai) oleh Alfito dan Rahma Sarita, beliau masih sanggup mengeluarkan jurus2 ngelesnya.

Mungkin Harmoko muncul karena figur 'tandingannya', Harmono, muncul di Republik Mimpi, hihihi..xixixi...

'Hebatnya' PKN, dia langsung merekrut Jamal Mirdad sebagai salah satu pentolan grup dangdut partai politik baru ini. Mari kita tunggu gebrakan grup dangdut partai politik baru ini.

Posted on Monday, April 21, 2008 by M Fahmi Aulia

No comments

4/20/2008

Membaca tautan ini, aku jadi senyum2 sendiri. Bukan karena ada sesuatu yg lucu pada artikel tersebut, namun lebih pada sekelabat 'khayalan' yg sempat terlintas di benakku.

Khayalanku itu begini...

Jangan sampai para menteri itu menonton KF hanya gara2 berharap, siapa tau mereka mendapat keajaiban yg sama seperti yg dialami Agus Kuncoro dan keluarga di film itu. Yakni masalah2 mereka tiba2 selesai dalam seketika. Hihihih..

Masalah2 bapak2 menteri itu yaa..mesti diselesaikan satu persatu donk pak, ndak bisa hanya gara2 nonton film, saat besok di kantor, dapat laporan semua masalah selesai, ihihihi..

*hanya sekedar lintasan iseng...*

Posted on Sunday, April 20, 2008 by M Fahmi Aulia

No comments

Saat pulang ke Bandung (untuk nyoblos), aku temukan hal menarik. Sebuah buku saku berisi jadwal perjalanan kereta api. Bentuknya cukup menarik dan dicetak di kertas yg cukup berkualitas, sehingga aku yakin jadwal ini tidak akan mudah rusak.

Hanya saja, usai melihat isinya, aku kok melihat hanya jadwal kereta yg berangkat dari Bandung yg lebih banyak ditampilkan. Kecuali Bandung - Jakarta, tujuan perjalanan kereta api lainnya, jika aku tidak salah, lebih banyak yg berangkat dari Bandung saja.

Bagaimanapun, usaha PT KAI untuk menyebarluaskan informasi jadwal perjalanan kereta api ini, cukup layak diacungi jempol. Di tengah persaingan dengan travel, PT KAI masih berusaha (dan yakin) bahwa dirinya masih bisa mengajak warga negara Indonesia untuk menggunakan jasanya.

Penurunan tarif kereta api dilakukan, terutama di jalur 'gemuk', yakni Bandung - Jakarta. Seperti terlihat di gambar samping kiri ini. Argo Gede, yg semula Rp 75 ribu menjadi Rp 45 ribu. Lalu Parahyangan eksekutif menjadi Rp 35 ribu dari semula Rp 65 ribu. Dan kelas bisnis, dari Rp 45 ribu menjadi Rp 20 ribu. Murah banget kan?mata duitan

Apakah taktik potong tarif ini berhasil? Mari kita tunggu.

Posted on Sunday, April 20, 2008 by M Fahmi Aulia

1 comment

4/19/2008

Hari Rabu kemarin, saat hendak makan siang, aku melihat sebuah demonstrasi damai yg dilakukan di depan kedubes Cina (gambar kiri). Hmmm...aku perhatikan dengan seksama apa sih yg di-demo-kan? Ternyata dari spanduk-spanduk yg terpasang, demo ini menentang penangkapan Falun Gong oleh pemerintah Cina.

Googling sejenak, aku temukan hasilnya sebagai berikut. Silakan dibaca jika ingin mendapatkan rincian berita.

Kembali ke aksi demo.

Pada dasarnya, para pendemo tidak menyetujui sikap pemerintah Cina, yg beberapa bulan lagi akan menyelenggarakan Olimpiade, yg (menurut mereka) semena-mena menangkap Falun Gong. Lebih kurang 11 orang melakukan aksinya, duduk di atas alas berwarna biru, dengan posisi semedi.

Anda bisa lihat pada gambar di samping ini.

Aksi ini berlangsung lebih kurang 1,5 jam. Yaaa..pokoknya saat jam makan siang. Usai waktu istirahat, aksi ini akan berakhir dengan sendirinya.

Sedikit banyak aksi damai ini mengundang perhatian, terutama dari pekerja kantoran yg hendak makan siang.

Posted on Saturday, April 19, 2008 by M Fahmi Aulia

No comments