1/31/2008

Di jaman sekarang, di saat nomor handphone sudah menjadi barang dagangan (lebih) murah dari kacang goreng, aku masih terheran-heran jika melihat orang masih 'berebut nomor cantik. Kebetulan aku baca di blog ini, sehingga teringat masalah nomor cantik ini.

Banyak orang berani membeli mahal untuk nomor-nomor handphone yang dianggap cantik, setidaknya oleh mereka. Meski tidak ada aturan khusus tentang nomor cantik, tapi dari beberapa pengalaman yg pernah aku temui, kriteria nomor cantik itu adalah:
1. Punya angka kembar.
Bagi orang Cina, semakin banyak angka 8 berderet, itu berarti nomornya makin cantik. Sebagai contoh 0818-111-888, atau 0812-200-8888 dan seterusnya. Ini tidak terlepas dari kepercayaan orang Cina, bahwa angka 8 adalah angka hoki (keberuntungan).

2. Berbentuk piramida.
Ada juga yg mengatakan bahwa angka cantik adalah yg membentuk piramida. Beberapa kombinasi piramida yg dianggap cantik adalah angka yg melibatkan 2,4,5,6 dan 2,7,8,9.

3. Bentuk melingkar
'Kebalikan' dari poin 2, ada yg senang melingkar. Angka 1,3,7,9 adalah angka2 yg terlibat.

Aku sendiri tidak terlalu mempermasalahkan nomor2 cantik. Masalah nomor gampang diingat, berdasarkan pengalamanku yaa...karena cukup sering menghubungi nomor tersebut. Hanya saja, aku juga punya kriteria nomor cantik. Menurut definisiku, nomor cantik adalah nomor yg melibatkan nama si pemilik. Sebagai contoh adalah 0818-6324642 adalah nomor cantik. Alasannya, jika kita cek di keypad, angka 6324642 = MFAHMIA. Enak kan menghapal/menghubunginya?kontak saya!

Menurut anda, apa sih nomor cantik itu?

Posted on Thursday, January 31, 2008 by M Fahmi Aulia

10 comments

1/30/2008

Percayakah anda, bahwa Dian Sastro ngeblog? Aku sendiri awalnya tidak percaya, hingga Jay memberikan informasi ini.
Silakan click ini.

Posting pertamanya, tertanggal 23 Januari 2008:

Hello world!

I have my own little world shared with my own little people inside my head. Somehow I don’t feel lonely when I’m alone, but always do when I’m in a crowd… people see me as a moody person, but somehow it’s not like that at all, I’m extra sensitive, it’s been a roller coaster, you want to laugh the same time you fell like crying,.. the whole world is dull and yet fascinating, and then suddenly it’s busy busy busy busy busy busy busy busy busy busy busy busy busy busy……. oh so fucked up! It took some extra effort to posses that little world again.. hello…. where are you guys??

— by Dian Sastro


Hasil penelusuran di whois, didapat hasil sebagai berikut:
Registrant:
diansastrowardoyo.net +62.811454678
Hanny
Kuningan
Jakarta,DKI Jakarta,ID 12940


Domain Name:diansastrowardoyo.net
Record last updated at 2008-01-07 04:34:08
Record created on 2006/1/11
Record expired on 2009/1/11


Domain servers in listed order:
ns1.tadulako.co.id ns5.tadulako.net

Administrator:
diansastrowardoyo.net +62.811454678
Tadulako - USA/Indonesia Server - +62 - 811 45 HOST
jl. anggrek x no. 16, kuningan
jakarta,dki jakarta,ID 12940

Technical Contactor:
diansastrowardoyo.net +62.811454678
Tadulako - USA/Indonesia Server - +62 - 811 45 HOST
jl. anggrek x no. 16, kuningan
jakarta,dki jakarta,ID 12940

Billing Contactor:
diansastrowardoyo.net +62.811454678
Tadulako - USA/Indonesia Server - +62 - 811 45 HOST
jl. anggrek x no. 16, kuningan
jakarta,dki jakarta,ID 12940


Registration Service Provider:
name: >>HANNY
el: +62.811454678
fax: +62.811454678
web:mail: a-b-u-s-e @ 3i3.net

Jadi, jika anda fans Dian Sastro, ayo buruan ngeblog!!

Posted on Wednesday, January 30, 2008 by M Fahmi Aulia

5 comments

1/29/2008

Tahukah anda semua, hampir bersamaan dengan wafatnya Soeharto, ada seorang pahlawan juga yang meninggal, namun nyaris tidak mendapat liputan. Bahkan cenderung sepi dari pemberitaan.

Siapakah dia?

Dia adalah Jusuf Ronodipuro, pengucap Proklamasi di RRI yang kemudian disiarkan ke seluruh dunia. Beliau meninggal usai menderita stroke selama sekian lama, serta sempat dirawat di rumah sakit Gatot Subroto.

Berkat pak Jusuf ini, proklamasi kemerdekaan Indonesia bisa tersebar ke seluruh dunia. Selain itu, pak Jusuf pula yang pertama mengucapkan slogan RRI: SEKALI DI UDARA TETAP DI UDARA!

Semoga pak Jusuf bisa istirahat dengan tenang.
*tertegun karena perhatian masyarakat banyak lebih tertuju kepada wafatnya pak Harto. Apakah ini adil?*

tautan:
- artikel 1
- artikel 2
- artikel 3

*foto diambil dari sini*

Posted on Tuesday, January 29, 2008 by M Fahmi Aulia

6 comments

1/28/2008

Pemerintah mengumumkan, untuk memperingati wafatnya Soeharto, masyarakat diminta mengibarkan bendera setengah tiang. Dari pemantauanku di beberapa rumah, SEDIKIT SEKALI rumah yang mengibarkan bendera 1/2 tiang.

Aku sempat hitung2, meski agak kasar/tidak detail....dari sekitar 30 rumah, hanya 3-5 rumah yang mengibarkan bendera 1/2 tiang.

Berikut adalah beberapa skrinsut yang berhasil aku dapatkan.

Posted on Monday, January 28, 2008 by M Fahmi Aulia

2 comments

Hari Minggu lalu, 27 Januari 2008, aku akhirnya membeli buku memoir Chrisye ini. Penyebabnya adalah usai membaca artikel ini. Rasa kepenasaranku ini membuatku akhirnya berburu buku memoir tersebut. Alhamdulillah, aku dapatkan juga buku tersebut, meski dengan harga yang....*glek*...lumayan lah.gigit jari

Tidak menunggu lama, sesampainya di rumah aku segera baca buku tersebut. Agak lama membacanya, terutama karena banyak acara selingan, yakni acara wafatnya pak Harto. Meski demikian, selingan2 tersebut tidak mengganggu konsentrasi membacaku.

Tidak butuh waktu lama untuk membuatku tenggelam dan larut dalam buku tersebut. Tiada bukan dan tiada lain, BUKU INI BENAR2 MENGASYIKKAN DAN DAHSYAT!! Eh, serius, aku tidak merasa berlebihan dalam menilai buku ini.

Banyak cerita dengan berbagai bumbu kehidupan yg sangat asyik untuk dinikmati. Senang, sedih, mengharukan, semuanya bercampur menjadi satu. Meski begitu, aku tidak terlalu menghayati bagian2 yg sedih dan mengharukan, ntar kebawa2 nangis deh...xixixi..xixixi...

Buku dengan ketebalan yang cukup mencengangkan, aku selesaikan dalam waktu 5 jam!! Rekor baru nih...terutama karena bisa membuatku betah membaca berjam-jam, nyaris tanpa jeda.

Lalu aku temukan episode Chrisye seperti yg ada di artikel ini. Benar2 mengharu-birukan dan menyentuh perasaan deh!!

'Untungnya' buku ini terbit saat Chrisye masih hidup. Rasa2nya aku sempat saksikan tayangannya, ketika Chrisye menghadiri peluncuran buku ini. Chrisye sendiri meninggal di bulan Aprili 2007.

Kesimpulan: BELI BUKU INI!! AKU JAMIN TIDAK BAKAL RUGI!!

Posted on Monday, January 28, 2008 by M Fahmi Aulia

1 comment

1/27/2008

Setelah menderita sakit dan dirawat selama lebih kurang 24 hari, Soeharto, mantan Presiden RI selama 32 tahun, siang ini tutup usia.

Aku ucapkan bela sungkawa yg sebesar-besarnya. ALLOH SWT sudah tahu apa yg terbaik bagi beliau.

Kini, saatnya membereskan kejahatan2 yg dilakukan oleh kroni2nya.

Yang juga penting, tidak perlu menghujatnya...kita belum tentu lebih baik darinya. Juga jangan bersuka cita karena kematiannya.

Posted on Sunday, January 27, 2008 by M Fahmi Aulia

5 comments

1/26/2008

Saat iseng2 masuk ke blog ini, aku temukan fakta yg mengejutkan!!!

Free Image Hosting at www.ImageShack.usTernyata, di tahun 2007, blog ini MENEMPATI PERINGKAT 7, alias masuk TOP 100 BLOG INDONESIA!!

CIHUUUUYYYY....!!joget2

Kalo tahun 2008 sih ga penting masuk 100 besar atau tidak...yg penting pernah peringkat 7, heheh...

Posted on Saturday, January 26, 2008 by M Fahmi Aulia

4 comments

1/25/2008

Bagi orang2 jadul jaman dulu, aku yakin pernah tahu, minimal mendengar atau melihat Jamal Mirdad menyanyi. Yak...itu sekitar tahun 80an awal. Jamal Mirdad kala itu memang memulai karirnya di bidang tarik suara, sebelum akhirnya terjun ke dunia film dan ujung2nya menikah dg Lidya Kandou.

Pernikahannya dg Lidya Kandou...errr...sudahlah, tidak perlu dibahas...karena sebenarnya bukan itu yg hendak aku tuju.

Jadi begini...beberapa waktu lalu, aku tidak sengajak meng-click sebuah link dari teman. Link tersebut mengarah ke youtube...dan tebak apa yg aku lihat?? Sebuah videoclip dari Jamal Mirdad saat menyanyi JAMILAH...!! (Eitsss...bukan Mulan Jameela lho...!)

Jika melihat tampilan Jamal Mirdad di clip (dan cover kaset di atas) ini...wah, ga kebayang tuanya bakal jadi seperti di samping ini deh...xixixix...cekikikan

Berikut ini lirik (didapat dari sini) dan clipnya. Silakan berkaraoke-ria!!


duh duh aduh jamilah
kini engkau sudah hamil tua
aduh gendutnya
kalau boleh bertanya
siapa suaminya bapak dari jabang bayinya

duh duh aduh jamilah
cuma bertanya kok jadi marah
memang kenapa
aku bisa menerkah
engkau sama si dia
kumpul kebo dengan rahasia

ya jamilah ( jamilah jamilah )
kau hamil tua (jamilah hamil tua)
ya jamilah (jamilah jamilah)
aduh gendutnya

aku tanya sapa doinya ( apa apa )
kata lurah engkau harus nikah

duh duh aduh jamilah
habis nangis engkau tertawa
ah masak iyah
gara gara si dia engkau menjadi gila
merepotkan orang tuanya

ya jamilah ( jamilah jamilah )
kau jangan gila (jamilah kau jangan gila)
ya jamilah ( jamilah jamilah )
aduh malunya

jangan kecewa masih ada saya
ke kua kita bisa nikah

ya jamilah ( jamilah jamilah )
nggak jadi gila (jamilah enggak gila)
ya jamilah ( jamilah jamilah )
kini bercanda

aduh manisnya kalau tertawa
ku sebut dia perawan janda
ku sebut dia perawan janda
jamilah

Posted on Friday, January 25, 2008 by M Fahmi Aulia

2 comments

Tadi malam, aku dapat ide untuk mencoba mengulik handphoneku, untuk menemukan cara-cara mengakali provider layanan selular yang kapitalis itu. Dan tak diduga, AKU BERHASIL!!!

AKU BERHASIL MENEMUKAN CARA MENELPON KE MANAPUN GRATIS DENGAN PROVIDER MANAPUN!!!

Sebenarnya, aku sedikit enggan memberikan trik yang aku temukan ini, Ilmu euy, masa aku kasih gratis? Tapi setelah aku pikir-pikir lagi, apalah arti keberadaanku di dunia ini jika untuk ilmu saja (bukan materi) aku enggan berbagi...

Jadilah, aku coba menuliskan langkah-langkah sederhana yang aku temukan tadi malam itu. Hanya pesanku, tolong jangan sebarkan info ini dengan sporadis. Kalo sampai ada pihak berwenang atau perusahaan provider jasa selular yang mengetahuinya, aku takut cara ini akan diblokir, dan gagal lah kita semua telpon-telponan gratis...

Aku ingatkan, tips ini dapat digunakan untuk semua nomer tujuan, bukan hanya 1 provider tertentu. Dapat digunakan tanpa tergantung waktu. Dapat dipakai siapa saja asal cukup melek teknologi.

Sudahlah, daripada aku berboring-boring ria ceramah, berikut langkah-langkahnya:
  • Pulsa minimal di HP anda harus Rp. 500 atau lebih
  • Pastikan nomer telpon lawan bicara anda nantinya sedang aktif
  • Pastikan anda mengetahui nomer HP lawan bicara anda tersebut
  • Catat 4 digit pertama dan 4 digit terakhir nomer telpon lawan bicara anda
  • Buka sms kosong di HP anda
  • Ketikkan nomer telpon tujuan anda
  • Langkah terakhir ketik sms dengan isi sebagai berikut....
"Friend, Telpon gue sekarang, PENTING!!"nelpon






" haree gene msh gratisan aj???? capeeeeeeeee deeeeeeeeee

Posted on Friday, January 25, 2008 by M Fahmi Aulia

13 comments

1/24/2008

Mungkin agak basbang, tapi aku masih selalu kesal setiap kali ada kasus seperti ini.

Melihat kebrutalan Aremania, terutama di pertandingan Arema vs PS Wamena, yg terjadi di stadiun Brawijaya Kediri, aku hanya bisa geleng2 kepala! Bagaimana sebuah pertandingan sepakbolah tiba2 berubah menjadi kerusuhan massal. Terlebih lagi saat melihat adegan Aremania menghantam kepala sang wasit! Benar2 tidak masuk akal manusia yg beradab!!

Hukuman 3 tahun, menurutku bukanlah solusi. Tidak cukup kalo menurutku! Hukum saja lebih berat...10 tahun misalnya! Agar mereka kapok!

Setelah keputusan jatuh, para Aremania lain langsung meradang. Mereka bilang itu adalah aksi oknum bla bla bla.. Ah, basi elo2 pade!! Kalo sudah dijatuhkan kasus, baru pada tereak bahwa dirinya merupakan suporter yg beradab, bla bla bla..

Jika memang kalian beradab, gampang kok!
1. Dukunglah kesebelasanmu dg tertib!
2. Hormati SEMUA keputusan wasit!
3. Jangan berlaku anarkis.

Nampaknya 3 poin di atas tidak sulit kan? Kalo 3 poin di atas saja ga bisa dilaksanakan, berhenti jadi...ah, sudahlah...

*nunggu para Aremania misuh2 di sini..hekkeke...whistling*

gambar dicomot tanpa ijin (lupa sumbernya darimana), hekekeke...

Posted on Thursday, January 24, 2008 by M Fahmi Aulia

8 comments

1/20/2008

Hwadah...ternyata side A punya ego lebih besar daripada side B!!halah

Tidak percaya? Dari web ini, untuk side B didapatkan hasil seperti berikut.




Sementara untuk side A

atau



Mengejutkan, huh?!cool

Posted on Sunday, January 20, 2008 by M Fahmi Aulia

1 comment

Selama seminggu ini, aku blogwalking ke blog beberapa orang, baik yg kadang rajin aku kunjungi, maupun yg 'salah click'. Nah, dari sekian banyak blog yg aku kunjungi, kira2 68% banyak menulis artikel tentang EEE PC.

Berhubung selama hampir seminggu ini aku cukup sibuk *haiyah...gaya bow!*, aku tidak sempat meneliti dan menyelidiki hal ini lebih dalam. Hingga beberapa belas menit lalu, aku 'salah masuk' ke blog seseorang, dan di sana...ADA LAGI ARTIKEL EEE PC!!!halah

Penasaran, akhirnya aku berusaha cari informasi ttg pembuatan artikel EEE PC ini.

Hwalah, ternyata penyebar virusnya adalah Priyadi, dengan menulis artikel ini. Dia juga menautkan sebuah tautan 'penting', yakni blog ini. Ternyata di blog itu sudah dipasang sebuah artikel yg berisi tantangan untuk menulis mengapa kita 'harus' mendapat EEE PC.

Sebuah tantangan yg menarik, sebenarnya. Namun, terus terang, aku tidak tertarik untuk saat ini. Bukan apa2, karena kalo sampai aku nulis artikel ttg EEE PC dan menang, kan ga enak dg yg lain, hihihi..cekikikan

Bukan itu kok sebenarnya...hanya saja, aku sudah cukup puas dg laptop yg aku terima. Selain itu, OS dan sopwer2 dari mikocok, aku dapatkan dg cara yg halal, karena kantor tempatku bekerja merupakan partner mikocok.

So, bagi teman2 blogger yg telah (dan akan) menulis ttg mengapa anda2 mesti mendapatkan EEE PC, saya ucapkan selamat berjuang...semoga menang ya?!party

Posted on Sunday, January 20, 2008 by M Fahmi Aulia

1 comment

Sepak terjang keluarga Mahendra yakni Yusril Ihza Mahendra, mantan menteri Sekretaris Negara di pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, serta Yusron Ihza Mahendra, anggota DPR, di bidang informasi nampaknya mesti diacungi 2 jempol!

Apa pasal?

Usai Yusril membuat blog pribadi, yang bercerita cukup panjang untuk tiap artikelnya (harap maklum, kaum akademis senantiasa berpanjang lebar dalam bercerita, untuk memberikan gambaran yg detail), kini keluarga Mahendra yang lain, yakni Yusron Ihza Mahendra, mendirikan stasiun televisi.

Wah, yang bener nich?!

Yap...di artikel ini aku dapatkan info tersebut.

Wah, salut untuk 2 kakak beradik ini...sudah saatnya bidang informasi menjadi salah satu andalan untuk memberitakan sesuatu yg selama ini ditutup2i pihak/penguasa media yang lain.

Posted on Sunday, January 20, 2008 by M Fahmi Aulia

No comments

1/19/2008

Judul artikel ini diambil dari lagu baru duo Maia - May Chan.
Enjoy.

Ada yang bilang gila…Aku gak peduli
Ada yang bilang jelek…Juga gak peduli
Ada yang bilang nakal…Aku gak pedlui
Ada yang bilang kampung…Juga gak peduli

Ada yang fitnah aku…Aku gak peduli
ada yang mencibirku…Juga gak peduli
Ada yang benci aku, Ku tambah gak peduli
Ada yang cinta aku.ooo…Baru ku peduli

Hidup sudah susah, jangan bikin runyam
Kita santai saja
O…Wo…Wo…

Reff:
Apa yang kau kata, Apa yang dia kata
Ku tak pernah ambil pusing
Kau mau bilang apa, Semua mau bilang apa
Ku hanya bisa berkata
EMANG GUA PIKIRIN !!!

Ada yang bilang tolol…Aku gak peduli
ada yang bilang norak…Juga gak peduli
Ada yang benci aku, Ku tambah gak peduli
Ada yang cinta aku, ooo…Baru ku peduli

Hidup sudah susah, jangan bikin runyam
Kita santai saja
O…Wo…Wo…

Ahh…Ku tak peduli
Orang mau Bilang Apa saja
Ku tak peduli…Tak peduli…

Posted on Saturday, January 19, 2008 by M Fahmi Aulia

1 comment

Ini lagu baru Maia dan May Chan, yakni Ingat Kamu.
Enjoy!!

Apakah Ini Namanya Cinta
Begitu Membingungkan
Aku Ini Sedang Jatuh Cinta
Kutanyakan Mengapa Hatiku Resah
Hatiku Gundah Semuanya Jadi Serba Salah

Aku Mau Makan Kuingat Kamu
Aku Sedang Sedih Juga Ingat Kamu
Aku Sedang Bosan Kuingat Kamu
Ooo Cinta Inikah Benar Ku Jatuh
Jatuh Cinta …

Semua Tertawa Lihat Tingkahku
Menjadi Tak Menentu
Ini Salah Begitu Pun Salah
Kutanyakan Mengapa

Hatiku Resah, Hatiku Gundah
Semuanya Jadi Serba Salah

Aku Mau Makan Kuingat Kamu
Aku Mau Tidur Kuingat Kamu
Aku Mau Pergi Kuingat Kamu
Ooo Cinta Mengapa Semua Serba Kamu

Aku Sedang Bingung Kuingat Kamu
Aku Sedang Sedih Kuingat Kamu
Aku Sedang Bosan Kuingat Kamu
Ooo Cinta Inikah Bila Ku Jatuh
Jatuh Cinta…

Apakah Ini Namanya Cinta
Begitu Membingungkan



Posted on Saturday, January 19, 2008 by M Fahmi Aulia

4 comments

1/17/2008

Beberapa waktu terakhir, aku banyak menerima sms dan 'pemberitahuan' mengenai adanya tarif baru XL. Yg semula Rp 1/detik, kini turun menjadi Rp 0,1/detik, demi 'melayani' perang tarif dengan tarif Telkomsel yg menerapkan tarif Rp 0,5/detik.

Nah, pertanyaannya, apakah tarif Rp 0,1/detik ini menguntungkan atau merugikan pelanggan? *terutama aku, yg juga menggunakan XL* Yuk, kita analisa bersama.

Aku ambil keterangan dari websitenya XL langsung, di bagian ini. Aku kupipes saja isinya...yg aku beri kurung [] merupakan komentarku.
Tarif XL bebas Tetap Termurah, Hanya Rp 0,1/detik

Jakarta, 16 Januari 2008 – PT. Excelcomindo Pratama Tbk. (XL) memperkuat posisinya sebagai operator yang fokus dalam menghadirkan layanan yang berkualitas dan tarif terjangkau, dengan mengeluarkan promo tarif baru Rp 0,1/detik bagi pengguna XL bebas untuk menelpon ke seluruh operator se-Indonesia, baik ke sesama XL maupun ke operator lain (PSTN dan selular), dan tarif khusus Rp 35/SMS (ke sesama XL). Untuk dapat menikmati tarif baru ini, pengguna XL bebas tidak perlu daftar atau membeli paket perdana khusus, karena secara otomatis seluruh pengguna XL bebas dapat menikmati tarif termurah dari XL ini. Tarif baru ini akan berlaku mulai 18 Januari hingga 30 April 2008.

Untuk promo tarif XL bebas yang berakhir 15 Januari 2008 dengan tarif Rp 1/detik, akan tetap dapat dinikmati hingga tanggal 17 Januari 2008. [Fahmi: hmm...tumben, belum ada sms dari XL yg masuk ke inboxku, memberitahukan hal ini.] Selanjutnya seluruh pengguna XL bebas akan secara otomatis menikmati tarif Rp 0,1/detik setelah 2,5 menit ke seluruh nomor, dan tarif khusus Rp 35/SMS ke sesama XL (untuk pengiriman SMS ke 11-25) hingga tanggal 30 April 2008. Dengan tarif baru ini maka pengguna XL bebas, baik yang berbicara lebih lama maupun sebentar ke nomor manapun (XL dan non XL), akan menikmati tarif yang semakin murah. [Fahmi: mari kita hitung, apakah benar tarif ini makin murah? Hitungannya di bawah]

Direktur Marketing XL Nicanor V. Santiago mengatakan, "Tarif baru ini merupakan salah satu wujud komitmen kami untuk menghadirkan layanan yang menyentuh seluruh masyarakat Indonesia, selain tentunya sebagai respon atas tingginya animo pelanggan terhadap tarif promo XL sebelumnya."

Nicanor menambahkan, tarif promoXL bebas diberlakukan secara nasional dengan mekanisme baru dan berbeda di beberapa area. Mekanisme tersebut dibedakan karena disesuaikan dengan pola penggunaan telepon di masing-masing area yang berbeda.

Di area Jabodetabek, Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah bagian Selatan (Solo, Klaten, Kebumen, Purwokerto, Magelang), DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali dan Lombok, dikenakan tarif Rp 10/detik di 2,5 menit pertama dan Rp 0,1/detik di menit berikutnya hingga menit ke 30. Kemudian di menit berikutnya dikenakan tarif Rp 1/detik. [Fahmi: lho, kok beda daerah beda aturan?]

Untuk area Sumatera dan sekitarnya dikenakan tarif Rp 12,5/detik di 2 menit pertama dan Rp 0,1/detik di menit berikutnya hingga menit ke 30. Kemudian di menit berikutnya dikenakan tarif Rp 1/detik. [Fahmi: lho, ini juga beda aturan?]

Tarif yang berlaku di Sulawesi dan Kalimantan sedikit berbeda dibandingkan dengan area lain karena mengenal jam sibuk dan jam tidak sibuk. Di Kalimantan jam sibuk dimulai pukul 11.00 - 22.59 WITA, sementara di Sulawesi mulai jam 17.00 - 22.59 WITA. Jam tidak sibuk di Kalimantan mulai pukul 23.00 - 10.59 WITA dan di Sulawesi pada pukul 23.00 - 16.59 WITA. Tarif yang berlaku di di Sulawesi dan Kalimantan pada jam sibuk adalah Rp 10/detik di 2,5 menit pertama dan Rp 0,1/detik di menit berikutnya. Sementara pada jam tidak sibuk dikenakan tarif Rp 10/detik di 0,5 menit pertama, dan Rp 0,1/detik pada menit selanjutnya. [Fahmi: ooo...emang beda aturannya toh?]

Untuk kota-kota di Jawa Tengah bagian Utara (Semarang, Pekalongan, Tegal, Kudus, Purwodadi) dikenakan mekanisme tarif promo yang sama dengan Kalimantan termasuk masa berlakunya jam sibuk dan tidak sibuk namun mengikuti waktu Indonesia bagian barat (WIB).

Untuk area baru XL di Nusa Tenggara Timur, Papua dan Ambon dikenakan tarif Rp 10/detik di 1/2 menit pertama dan Rp 0,1/detik pada menit berikutnya hingga menit ke 30 setelah itu berlaku tarif 1/detik.

Sementara telepon ke non XL secara nasional dikenakan tarif baru Rp 25/detik di 2 menit pertama dan Rp 0,1/detik di menit berikutnya hingga menit ke 4, kemudian berlaku kembali tarif Rp 25/detik di menit berikutnya hingga menit ke 6. Setelah menit ke 6 kembali berlaku tarif pertama dan kedua dengan selang waktu 2 menit.

Selain manfaat tarif telepon murah, pengguna XL bebas juga akan mendapatkan poin reward melalui program loyalitas pelanggan XL Poin Hadiah yang dapat ditukarkan dengan aneka hadiah langsung (gratis telepon, SMS, dan juga dapat berupa voucher belanja) maupun undian berhadiah uang tunai 2,8 milyar rupiah, 1 mobil BMW 320i, 7 mobil Toyota Rush, 50 motor Yamaha Jupiter MX, 100 unit Sony LCD TV & home theater, serta 135 HP Nokia E90.

Lebih lanjut Nicanor menambahkan bahwa pelanggan XL hingga akhir tahun 2007 mencapai 15,5 juta, dimana sekitar 65% merupakan pengguna XL bebas. XL juga telah membangun lebih dari 11.000 BTS untuk menghadirkan layanan yang berkualitas demi kenyamanan pelanggan.

“Tarif promo ini akan melengkapi berbagai manfaat yang dirasakan oleh pengguna XL bebas berupa manfaat berkomunikasi hemat melalui jaringan berkualitas XL, yang dikenal dengan kejernihan suara dan jangkauan luasnya,” pungkas Nicanor.


Tentang XL
XL adalah salah satu perusahaan telekomunikasi terkemuka di Indonesia. XL beroperasi secara komersial sejak 8 Oktober 1996, dan bisnis XL saat ini terfokus ke dua sisi bisnis yaitu Consumer Solutions sebagai penyedia layanan dan jaringan berkualitas dengan harga terjangkau melalui produk-produk inovatif XL prabayar dan pascabayar, serta Business Solutions sebagai penyedia layanan solusi korporat berbasis sirkit sewa (leased line), broadband dan IP (Internet Protocol). Pada 21 September 2006, XL telah meluncurkan XL 3G, layanan telekomunikasi selular berbasis 3G pertama yang tercepat dan terluas di Indonesia.
Ok, mari kita bahas tarif XL.
Pulsa percakapan
Tarif Rp 0,1/detik setelah 2,5 menit ke seluruh nomor
[Fahmi: Yang menjadi pertanyaan adalah, sebelum 2,5 menit, berapa tarif yang diberlakukan oleh XL kepada customernya? Apakah ada perbedaan tarif antara sesama XL dg non XL? Ternyata ada keterangannya, sebagai berikut:
Di area Jabodetabek, Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah bagian Selatan (Solo, Klaten, Kebumen, Purwokerto, Magelang), DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali dan Lombok, dikenakan tarif Rp 10/detik di 2,5 menit pertama dan Rp 0,1/detik di menit berikutnya hingga menit ke 30. Kemudian di menit berikutnya dikenakan tarif Rp 1/detik.

Untuk area Sumatera dan sekitarnya dikenakan tarif Rp 12,5/detik di 2 menit pertama dan Rp 0,1/detik di menit berikutnya hingga menit ke 30. Kemudian di menit berikutnya dikenakan tarif Rp 1/detik.

Untuk area baru XL di Nusa Tenggara Timur, Papua dan Ambon dikenakan tarif Rp 10/detik di 1/2 menit pertama dan Rp 0,1/detik pada menit berikutnya hingga menit ke 30 setelah itu berlaku tarif 1/detik.
Sesama XL, untuk percakapan 2,5 menit (150 detik), customer mesti mengeluarkan biaya: Rp 10 * 150 = Rp 1500, sebelum akhirnya bisa mendapatkan tarif 'murah', Rp 0,1/detik hingga menit ke 30. Kemudian tarifnya menjadi Rp 1/detik dari menit 30 dst. Ini berlaku di daerah2 yg aku sebut di atas.

Sementara untuk Sumatera, tarifnya berbeda. Rp 12,5 * 120 = Rp 1562,5 untuk bicara 2 menit. Lainnya sama tarifnya. Jadi, untuk 2,5 menit pembicaraan, harga yg dikeluarkan: Rp 1562,5 + (Rp 0,1 * 30) = Rp 1565,5.

Sedangkan untuk Nusa Tenggara, dst, untuk percakapan untuk 2,5 menit dikeluarkan biaya (Rp 10/detik * 30) + (Rp 0,1 * 120) = Rp 312 *trims buat Aespe*.

Kesimpulan sementara: tarif paling murah dinikmati di Nusa Tenggara, dan sekitarnya.

Ke non-XL, tarifnya berlaku sebagai berikut:
Sementara telepon ke non XL secara nasional dikenakan tarif baru Rp 25/detik di 2 menit pertama dan Rp 0,1/detik di menit berikutnya hingga menit ke 4, kemudian berlaku kembali tarif Rp 25/detik di menit berikutnya hingga menit ke 6. Setelah menit ke 6 kembali berlaku tarif pertama dan kedua dengan selang waktu 2 menit.
Jadi, untuk jangka waktu yg sama, biayanya: (Rp 25 * 120) + (Rp 0,1 * 30) = Rp 3000 + 3 = Rp 3003. Setelah menit ke-empat, tarifnya kembali menjadi Rp 25/detik.

Bwah, membaca syarat untuk ngobrol dg non-XL, benar2 membuat kepalaku puyeng. Ada syarat 2-menitan untuk menikmati tarif murah, sebelum akhirnya pelanggan 'ditonjok' dg tarif yg cukup mahal!!!

Kesimpulan sementara: ngobrol dg non XL sebaiknya di bawah 4 menit!!

Pulsa SMS
Tarif khusus Rp 35/SMS ke sesama XL (untuk pengiriman SMS ke 11-25) hingga tanggal 30 April 2008.
Jika mengirim 50 sms, tarif biasa = Rp 350 * 50 = Rp 17500. Dengan tarif baru ini, mengirim 50 sms menjadi: (Rp 350 * 10) + (Rp 35 * 15) + (Rp 350 * 25) = Rp 3500 + Rp 525 + Rp 8750 = Rp 12775.

Kesimpulan: cukup murah, tapi terlalu njelimet!!

Kesimpulan total:
1. Tarif ngobrol ke sesama XL = malah menjadi mahal!
Semula, untuk bicara 2,5 menit: (Rp 10 * 120) + (Rp 1 * 30) = Rp 1230, kini menjadi Rp 1500. Lebih mahal Rp 270, alias ada kenaikan 21%

2. Tarif ngobrol ke non XL = murah untuk waktu di bawah 4 menit, tapi juga mahal setelahnya!
Semula, untuk bicara 2,5 menit: (Rp 25 * 120) + (Rp 10 * 30) = Rp 3300. Kini menjadi Rp 3003, hasil dari (Rp 25 * 120) + (Rp 0,1 * 30). Sekilas lebih murah. Tapi coba hitung untuk percakapan 5 menit.
Tarif lama: (Rp 25 * 120) + (Rp 10 * 180) = Rp 3000 + Rp 1800 = Rp 4800.
Tapi dg tarif baru: (Rp 25 * 120) + (Rp 0,1 * 120) + (Rp 25 * 60) = Rp 4512

Masih terlihat murah kan? Hitung untuk percakapan 8 menit!
Tarif lama: (Rp 25 * 120) + (Rp 10 * 360) = Rp 3000 + Rp 3600 = Rp 6600.
Tapi dg tarif baru: (Rp 25 * 120) + (Rp 0,1 * 120) + (Rp 25 * 240) = Rp 9012
Nah...ADA JEBAKAN BETMEN DI SINI!!!
Ada kenaikan tarif hingga 36%!!

Terus terang, untuk tarif bicara dg non XL, aku kerepotan menghitungnya. Yg jelas, dg menggunakan rumus berikut:
6 menit pertama (Rp 25 * 240) + (Rp 0,1 * 120) = Rp 6012
2 menit berikutnya (Rp 25 * 120) + (Rp 0,1 * 120) = Rp 3012

Kesimpulan:
1. MURAH DARI MANAAAAA? DARI HONGKOOONGGGG....KALEEEE!! no komen

2. KEBANYAKAN SYARAT, TERUTAMA UNTUK BICARA DG NON XL!!

Mungkin XL mesti ganti nama jadi PT EXCELCOMINDO BERSYARAT BANYAK!! wakakak...syarat2nya menyaingi operator 3 neeeh...wakakaaka...oh go on

3. Nampaknya mesti kembali banyak2 sms. Padahal sudah membiasakan diri menelpon daripada sms, gimana nich?

Posted on Thursday, January 17, 2008 by M Fahmi Aulia

23 comments

Tujuh puluh. Hmmm...jika aku tulis posting ttg (angka) 70, apa yg terlintas di benak anda?

"Saya tahu...saya tahu..!! Umurnya Fahmi sudah 70 tahun!!"
*huss..ngawur aje...dzigh*

"Tingginya Fahmi 70 meter!!"
*wah..ini lebih kaco...ngakak*

"Kemungkinan besar, Fahmi sudah mengalami 70 generasi"
*Gilaaa...aku tidak seuzur itu!!dzigh*

"Hmmm..nomor sepatu Fahmi kali ya?"
*Wakakak...kasian EdFo kalo nomor sepatuku 70d'oh*

Jadi, apa donk?

Sebelumnya, aku mau cerita dulu. Tahukah anda, bahwa orang Perancis tidak mengenal angka 70? Mereka menyebut angka 70 sebagai 60+10.

"Lho, 70 kan memang 60 + 10. Trus apa anehnya?"

Ah, anda ini kok ngeyel sih. Maksudnya, jangan menyebut 70 (dalam bahasa Perancis) sebagai Sept-dix. Nanti anda malah ditertawakan.xixixi..

"Ok..ok..jadi, maksudmu apa nih Mi, menulis 70?"

Jadi begini...angka 70 itu menunjukkan..BERAT BADANKU SEKARANG..!!!
HEH, YANG BONENG?!kaget

Serius!! Beberapa waktu lalu aku menimbang badanku, dan jarum berhenti pada skala 70 kilogram.

"Ah, ga percaya ah...!!"
"Bohong...!!"
"Hoax...!!"
"Timbangannya rusak tuh!!"
"Badan sekecil itu, 70 kg? Gimana kalo gedenya?"

Hahahah..aku sendiri awalnya tidak percaya bahwa berat badanku sudah mencapai angka 70. Lha wong pas menikah saja, beratku masih 56 kg kok. Lha ini, kok tanpa terasa sudah mencapai 70 ya?mikir2

Tapi memang, jika melihat ke belakang, tidak perlu jauh2, 6 bulan yg lalu saja. Aku mulai ngomel2 karena banyak pakaianku yg sudah tidak cukup. Ngomel2nya karena aku menjadi tersiksa. Celana, yg sebelum nikah, ukurannya 27, saat aku cek lagi stok celana di lemari, lho...sudah jadi nomor 33? Kemudian, baju2 juga demikian, sudah mulai 'mengembang' nomornya. Belum lagi celana dalam dan kaos singlet. Semuanya ikut2 memuai.hwalaaaahh...

Dan akibatnya Wify yg jadi repot. Mesti belanja ini itu, mengganti persediaan pakaian, terutama celana dalam dan kaos singlet. Dua stok pakaian terakhir ini penting dan urgent diganti, terutama jika memaksa menggunakan celana dalam stok lama, jelas ndak cukup laahh...hihihih..

Walhasil, 2 minggu terakhir, terjadi cuci gudang lemari. Beberapa baju yg dianggap sudah tidak layak pakai, langsung out dari lemari...digantikan oleh beberapa baju baru, fresssshhh...hihihih..

Sebenarnya yg bikin aku heran adalah, nafsu makanku sudah tidak gila2an kaya dulu lagi. Sekarang, sekali makan paling 2 porsi. Itupun maksimum, karena biasanya 1 porsi sudah cukup. Bayangkan saat kuliah dulu, jika belum 3 porsi, yaa...nambah terus, ehhehe... Wisata kuliner toh tidak terlalu sering juga.

Masalah yg mulai terasa adalah badan menjadi berkurang kelincahannya. Sempat terpikir untuk kembali ke lapangan, tapi berhubung para 'atletnya' sudah pada menghilang juga, agak repot. Masa maen bulutangkis berdua doank? Apa asiknya?? heheh...nyengir

Untuk berenang, hmmm...di Jakarta kok aku belum temukan tempat renang yg ok ya? Setidaknya seperti yg di Sabuga ITB. Orang2nya memang khusus mau berenang, ga ada acara ngeceng2an ato kegiatan2 lain selain berenang.

Sementara itu, perubahan sudah kian tampak di badan. Slogan MAJU
PERUT PANTAT MUNDUR, sedikit banyak sudah terlihat pada badanku.huaaa... Wah, wah, wah...gawat juga jika kondisi ini terus berlanjut. Nampaknya memang musti lebih memperhatikan kondisi tubuh nich!!

Untung Wify rada2 strict...dengan melarangku mengonsumsi gula terlalu banyak. Untuk olahraga, yg masih menjadi masalah. Seperti aku tulis di atas, susah menemukan tempat olahraga yg sreg. Sementara untuk fitness...errr...ntar dulu deh. Buang2 duit aja kalo cuma bayar iuran, tapi susah untuk ber-fitness ria.

Tapi, aku menduga melarnya tubuhku ini mungkin karena faktor pas ....errr...ah, sudahlah, hihihih...

Posted on Thursday, January 17, 2008 by M Fahmi Aulia

16 comments

1/14/2008

Bagi para pengguna Blogspot (www.blogger.com), mungkin ada di antara anda yang mendapati huruf-huruf di samping ini ketika hendak memuat artikel anda. Banyak di antara anda yang merasa jengkel, terutama jika setelah anda ketikkan huruf-huruf konfirmasi tersebut, si mesin blogspot malah menganggap huruf yang anda ketikkan itu salah.

Kesalahan memasukkan huruf konfirmasi akan membuat si mesin blogspot menampilkan lagi sederetan huruf konfirmasi yang baru dan mesti anda ketik lagi di kotak teks yang tersedia. Semakin sering kesalahan pengetikan huruf konfirmasi yang diketikkan oleh anda, maka si mesin akan terus menampilkan huruf konfirmasi. Walhasil, alih-alih memuat artikel anda di blog, waktu anda akan lebih banyak terbuang untuk mengetikkan huruf konfirmasi.

Lantas, apakah kita mesti menyerah?

Oh, tentu saja tidak. Tentu selalu ada cara untuk menyiasati hal ini. Tapi sebelumnya, kita mesti ketahui mengapa mesin blogspot menampilkan huruf-huruf konfirmasi itu.

Berdasarkan pengalaman saya sendiri, huruf konfirmasi ini muncul karena di satu waktu kita pernah memuat artikel dalam jumlah yang cukup banyak dalam waktu yang relatif singkat. Mesin blogspot menganggap ini sebagai artikel spam (sampah) sehingga dia memasang huruf konfirmasi.

Kembali ke laptop...

Untuk menghilangkan huruf konfirmasi ini, caranya mudah. Di dekat huruf konfirmasi itu ada tautan yang akan menghubungkan anda dengan sebuah halaman. Melalui halaman anda bisa konfirmasi kepada mesin blogspot bahwa artikel-artikel yang anda postingkan BUKAN artikel sampah.

Ikuti saja petunjuk yang tertera di situ (semuanya ditampilkan dalam bahasa Inggris). Di bagian akhir, mesin blospot akan memberitahukan kepada anda bahwa mereka akan meng-cek blog anda dan artikel-artikel yang akan anda muat. Pengalaman saya, hanya butuh 1-2 hari sebelum akhirnya huruf-huruf konfirmasi itu hilang.

Nah, kini anda bisa memuat artikel lagi di blogspot dengan bebas.

Oya, artikel ini pernah dimuat di sini.

Posted on Monday, January 14, 2008 by M Fahmi Aulia

2 comments

1/12/2008

Melihat iklan Pertamina di sebuah surat kabar, seperti pada gambar di bawah ini, membuatku bertanya-tanya. Mereka ditempatkan di mana ya? Kalo kenes2 dan genit2 kaya gitu, apa para pemilik kendaraan tidak 'berubah pikiran'? Yang semula hendak mengisi bahan bakar, malah ngegodain mbak2 ini?? hahah..

Tapi memang, Pertamina sangat gencar mengampanyekan dan mempublikasikan (baca: mengiklankan) metode senyum dan pas ini. Penyebabnya apa lagi jika bukan persaingan, karena Petronas dan Shell sudah membuka layanan stasiun bahan bakar (dan nampaknya lebih diminati karena layanan plusnya).

Free Image Hosting at www.ImageShack.usHanya saja kenyataannya, iklan Pertamina di samping ini hanya iklan semata. Sejauh ini, di Jakarta, aku belum pernah temukan penjaga stasiun bahan bakar milik Pertamina seperti yg terlihat pada iklan.

Malahan aku melihat, para petugas yg senyum dan takaran saja masih jarang ditemukan. Kasus paling mudah adalah spbu Suryo, yg pernah aku tulis di sini. Hingga kini, aku masih melihat para petugasnya yaaa..begitu2 saja. Dia lagi...dia lagi...dan terus terang, aku masih meragukan ke-pas-an takaran di spbu Suryo.

Jadi, gimana nich Pertamina? Iklannya beneran cuma iklan nich? Ah, payah kalo gitu sih...hehehe..

Posted on Saturday, January 12, 2008 by M Fahmi Aulia

3 comments