Tahukah anda, bahwa bunyi petasan bisa membuat uring-uringan?



Seperti biasa, saat bulan Ramadhan adalah saatnya mendengar (kembali) bunyi petasan. Well, aku sendiri termasuk penikmat/penyuka bunyi petasan, tapi toh tetap saja ada batasan-batasan.



Nah, di Jakarta, terutama di rumah kontrakan yg baru ini, selama hampir 1/2 bulan Ramadhan dilalui, aku senantiasa senewen tiap mendengar bunyi petasan yg dibunyikan tidak kenal waktu. Hampir tidak ada waktu kosong dari bunyi petasan! Usai sahur, pagi hari, siang hari, sore hari (saat berbuka), taraweh, bunyi dar der dor senantiasa terdengar.



Dan saat-saat paling mengesalkanku mendengar bunyi petasan ini adalah di Minggu pagi!



Semalaman aku begadang, bekerja (nyambi maksudnya) ini itu. Tidak tidur, lalu dilanjut sahur, barulah aku tidur. Dan jelas, itu berarti aku butuh waktu untuk mengembalikan kebugaran tubuhku, usai diperas habis2an selama malam Minggu.



Tapi...



DHAR DHER DHOR...!!



Bunyi petasan berkali-kali mampir di telingaku! Semula aku pikir, aku sedang mimpi, tapi saat aku lihat jam di hape, waktu masih menunjukkan jam 6-7 pagi. Dodol!! Pagi2 begini sudah menyulut petasan!



Aku berusaha kembali tidur, untuk menenangkan diri. Tapi suara ledakan petasan kian kencang, dan seraya terhuyung-huyung, aku bangun dari kasur. Rencananya hendak keluar, pergi ke pagar, dan membentaki anak2 tak tahu diri yg menyulut petasan.



Tapi belum sampai keluar kamar tidur, suara petasan menghilang. Walhasil, aku menjatuhkan diri lagi ke kasur. Saat bersiap hendak tidur (lagi), mendadak dar der dor lagi.



Ah, sudahlah...cape juga ngurus anak2 tidak tahu diri itu. Aku memaksakan diri untuk tidur. Bangun di jam 11 siang, kepala cenut2, plus leher kian kaku akibat salah bantal, beuh...benar2 bunyi petasan yg mengganggu!halah..



Rasa2nya waktu aku masih doyan ber-petasan-ria, aku masih tahu diri. Setidaknya, pagi2 lebih suka menghabiskan waktu dg bermain dengan teman2 SD. Siangnya dan sore harinya, barulah aku bermain petasan, hehehe...*ngeles*nyengir

*gambar diambil dari sini*