Tahukah anda hubungan antara nasionalisme dan bendera?

Jika tahun lalu, aku sempat bertanya-tanya apakah itu nasionalisme, maka aku lihat mulai ada sedikit banyak keterkaitan antara nasionalisme dan bendera. Ternyata orang yg nasionalis, dia akan begitu menghormati bendera negaranya.

Paling gampangnya, kita lihat di olimpiade yg sedang berlangsung di Cina.

Jika memang begitu, berarti tukang bendera bukan termasuk nasionalis, karena memperlakukan bendera Republik Indonesia seenaknya seperti yg terlihat di sebelah kiri ini?

Tentu tidak saudaraku, keakraban nasionalisme dan bendera tidaklah semudah itu kita nilai. Ada nilai2 dan parameter2 lain yg mesti diikutsertakan dalam penilaian.

Para koruptor, mungkin memperlakukan bendera dengan baik. Mereka rawat dengan baik, simpan dengan baik, bahkan mungkin senantiasa diberi wangi2an. Tapi, apakah mereka nasionalis? Nasionalis gombalis mungkin iya, karena sikapnya nasionalis untuk bendera tapi korupsinya tetap jalan terus.

Jika demikian, seperti apa hubungan nasionalisme dan bendera? Entahlah, jangan tanyakan padaku. Juga jangan mas-mas di foto sebelah ini, karena dari tampangnya yg kusut dan pandangan yg cenderung kosong, dia juga masih mempertanyakan bagaimana nasionalisme bisa dikait-kaitkan dengan bendera? Si mas itu membawa bendera yaaa...mungkin karena tuntutan lingkungan sekitarnya, yg 'memaksa' dia mesti memasang bendera.

Dan jangan salahkan pula si pemotret sebagai rakyat Indonesia yg tidak nasionalis hanya karena jarinya muncul di foto, karena itu bukanlah suatu kesengajaan.

Jika bendera sudah dipasang, apakah nasionalisme masih (bisa) dipertanyakan lagi? Tentu saja. Meski bendera sudah terpasang, tetap ada peluang nasionalismenya dipertanyakan. Yg (di)jadi(kan) masalah, TINGGI TIANG BENDERAMU MENUNJUKKAN SEBERAPA TINGGI NASIONALISME!!halah..