Tahukah anda bahwa billing statement Telkomsel sama lemotnya dengan si Flash?

Kejadian ini sebenarnya terjadi sejak sebulan usai aku langganan si Flash, yg lemotnya ga tanggung2. Jika merujuk dari ucapan CS Telkomsel, bahwa tgl pembayaranku yg jatuh tempo tgl 11 tiap bulannya, maka logika orang yg berakal sehat, tagihan akan datang sebelum tgl jatuh tempo. Ok ok, aku kasih toleransi deh, T+3 dari tgl jatuh tempo.

Dengan kata lain, selambatnya, harapanku, tgl 14 tiap bulannya sudah ada tagihan yg datang, menyapaku sebagai tukang browsing pake Flash.

"Pak Fahmi, sudah tgl 14 nich...mau bayar tagihan ga?"
"Ogah ah..."

"Apa? Ga mau bayar? Knapa?"
"Percume bayar, kalo aksesnya lemot kaya keong..."

"Eh eh, situ kan customer, knapa ngomel2?"
"Lho, situ sapa emangnya? Customer kan raja...?"

"Eh eh, customer raja itu kan cuma hoax."
"Hoax?"

"Ya iya lah pak..hoax. Buat kami, yg penting kan untung. Customer merana, egepe donk..."
"Oh, pantesan, hoax ternyata. Pokoknya saya ga mau bayar...!!"

"Eh eh, berani ga bayar ya? Mau kena penalti kontrak hah?"
*menggerutu...* "Ah, dem. Ya ya ya...dibayar deh...kalo ada duitnya."

Kenyataannya, dialog di atas tidak pernah terjadi, tidak saja karena dialog di atas hanyalah dialog hasil karanganku saja, tapi yg perlu dicatat dan dicamkan, tagihan baru datang T+10!! Walhasil, yaaa...begitulah, bikin bete saja!!

Dan di bulan ini, Agustus 2008, hal yg sama terjadi lagi. Tagihan yg tidak datang, membuatku rada2 sante, menikmati akses internet dg Flash. Hingga sore tadi, Jum'at sore, tepatnya jam 16an, mendadak si Flash ngadat, ga mau konek sama sekali.

Tiap dicoba konek, selalu saja alasan yg basi itu muncul berulangkali. "A Connection to the remote computer could not be established, so the port used for this connection was closed." *eh, ini hasil ketik ulang lho, bukan sekedar kupipes*

Liat tanggal, wak waaooowww...sudah tgl 22 rupanya, berarti mungkin koneksiku diputus. Tapi, dem...masalahnya hingga T+11 ini, TAGIHANNYA BELUM DATANG!! Jadi, siapa yg ngeh kalo sudah lewat dan bakal diputus koneksinya?

Walhasil, di malam hari, usai wisata kuliner makan pempek pak Raden (yg kini harganya rata2 naik sekitar 1000 perak untuk tiap item), aku sempatkan diri untuk membesuk atm BCA terdekat untuk membayar tagihan si Flash ini. Tidak sampai 10 menit, selesailah transaksi.

Segeralah aku pulang (tentu saja bareng istriku, Wify, bukan istri orang lain) dan berharap koneksi sudah bisa dilakukan, karena malam ini ada beberapa hal penting yg mesti aku lakukan, yg tentu saja terkait dengan internet, karena tidaklah mungkin mengirim email menggunakan jasa pak pos. Namun, hingga 30 menit usai pembayaran, ternyata si Flash ini masih kumat penyakitnya, suka bengong, disertai dengan alasan basi itu yg bikin mataku berair...bukan karena pesan itu, tapi karena aku teringat rasa pedas kuah pempek.

Walhasil, hingga artikel ini dimuat, entah di hari keberapa sejak aku membayar, koneksi si Flash masih belum pulih.

Ah, operator kampungan ah!! Uji kelayakan dulu gih sebelum launch product...!! *tendangin orang2...ah, sudahlah, sensi lagi nih*
*update: koneksi akhirnya 'normal' setelah 3 jam dari waktu pembayaran*
halah..