Aku yakin sebagian besar dari kita pernah punya pas foto, terlebih bagi yg 'hobi' mengirim lamaran kerja (yg lamarannya mesti dikirim hardcopy. HARE GENE MASIH KIRIM HARD COPY?). 'Perjalanan' pas foto milik kita, dimulai dari TK (bagi yg mengalami) saat hendak masuk SD. Foto bocah culun itu akan terpasang di raport kelas 1. Tiap tahun kita akan diminta memperbaharui (pas) foto kita, hingga tiap raport yg berbeda kita akan dapati diri foto kita berbeda juga.

SMP dan SMA juga demikian, bahkan hingga kuliah dan lulus. Tidak luput juga, seperti aku tulis di atas, bagi para pencari kerja, membutuhkan pas foto ini.

Biasanya, aku meng-update pas foto tiap 2 tahun sekali. Tapi sudah 3 tahun terakhir aku tidak melakukan update foto, meskipun sebenarnya tidak ada keperluan khusus. SIM sudah tidak butuh pas foto yg 'ditempel', sudah lebih canggih, dengan menempatkan pas foto langsung pada sim kita. Barangkali KTP yg masih membutuhkan pas foto 'manual'.

Bagaimana pose anda ketika pas foto?

Kebanyakan orang akan berpose serius pada saat pas foto. Beberapa kali aku lihat pas foto teman2ku (dan aku sendiri), memang, lebih dari 68% mukanya serius. Ada juga yg senyum saat pas foto, tapi itu jumlahnya suedikit suekaliiiii...!!

Menurutku, pas foto memang SEBAIKNYA serius, terutama jika pas foto itu hendak digunakan untuk keperluan melamar kerja. Melamar kerja di tempat yg 'serius', biasanya kita diminta menampilkan keseriusan kita. Entah jika kita hendaka melamar di EO, barangkali bukan pas foto yg diminta, tapi foto CLOSE UP!!

Pakaian yg digunakan di pas foto

Berikutnya, pakaian seperti apa yg sebaiknya dikenakan saat pas foto? Tidak banyak aturan, setahuku. Lengan pendek atau lengan panjang, berdasi atau berjas, it's ok. Free Image Hosting at www.ImageShack.us(setahuku) Yg penting adalah rapi! Namun, tentu saja mesti ada faktor2 yg diperhitungkan, misalnya kita hendak melamar ke perusahaan yg bonafid, jelas tidak mungkin pas foto (yg disertakan bersama curriculum vitae) adalah pas foto saat kita mengenakan kaos. Alamat bakal langsung dibuang cv kita!

Rata2 lulusan perguruan tinggi pernah berfoto dengan pakaian resmi. Resmi di sini adalah mengenakan jas + dasi bagi pria, ataupun kebaya atau perlengkapan lain bagi perempuan. Dengan tampang dan penampilan resmi, pas foto model ini biasanya menjadi andalan untuk melamar kerja.nyengir

Foto di samping sengaja 'disamarkan' untuk menghindari hal2 yg tidak diinginkan, hahaha...