Sekitar tiga hari terakhir ini, aku temukan ada beberapa fitur baru yg diluncurkan di blogger.com dan bisa digunakan oleh para blogger yg memanfaatkan blogger.com sebagai tempat ngeblog mereka. Satu diantaranya malah diberitahu oleh si mbake ini.

Apa saja fitur2 baru itu?

1. Kotak Komentar (Setting - Comments)
Kotak komentar yg baru bisa tampil tepat di bawah artikel yg kita buat. Fitur ini aku telat terima di blogku. Setidaknya, saat si mbake ini komen, aku cari2 di bagian comments, pilihannya belum muncul. Setelah 1 hari berlalu, barulah fitur ini muncul.

Dengan adanya kotak komentar yg baru ini, para komentator tidak perlu menunggu (pakai) lama untuk memberikan komentarnya.

2. Form Artikel Yang Baru (Posting - Create atau Posting - Edit Posts)
Jika anda mengisi (membuat atau mengedit) artikel, anda akan temukan form entry artikel yg baru. Lebih menarik memang, bahkan mirip dengan tampilan wordpress. Tapi, form ini sedikit menyebalkan. Menyebalkannya, jika anda click 'Edit HTML' maka icon2nya akan 'menghilang'.

Sementara itu di form lama, icon2 bantu untuk proses entry atau edit tetap muncul. Well, tidak apa2 deh, its ok. Hal lain adalah fitur preview yg lebih ciamik dan lebih mendekati tampilan yg akan muncul di blog. Di waktu lalu, antara preview dengan tampilan di blog seringkali berbeda jauh.

Sayangnya, aku tidak punya skrinsut tampilan lama.

Selain itu, ada pilihan di bagian bawah, yg hingga aku tulis artikel ini, aku belum temukan manfaatnya (lihat gambar kiri atas). *barangkali ada yg tahu, silakan berbagi cerita di sini ya?*

3. Export/Import Blog (Setting - Basic)
Well, ini merupakan fitur yg cukup paling inovatif, karena kita benar2 memegang kendali atas blog kita di blogger.com ini. Sayangnya, fitur ini masih belum cukup sempurna. Aku sempat coba fitur 'Export Blog'. Ternyata aku mesti mendownload file xml, berisi isi blog kita. Saat aku cek hasil downloadnya, ternyata dia hanya mendownload SATU TAHUN KE BELAKANG SAJA!!!

Nampaknya aku mesti explore lebih jauh mengenai fitur export/import blog ini.

Fitur yg masih perlu ditambahkan, menurutku, adalah:
1. Mengedit komentar
2. Mendapatkan informasi (alamat email dan ip) dari pemberi komentar
3. *ada usulan lainnya?*