Hampir 3 minggu terakhir ini, aku mengalami 2 peristiwa yg membuat darahku terkuras begitu banyaaaakkk. Terkurasnya darahku ini jelas sedikit banyak membuat aku jadi keleyengan dan sempoyongan. Untungnya Wify segera memasakkan beberapa masakan yg lezat dan nyam nyam serta mak nyus, sehingga staminaku tidak drop terlalu lama.

Peristiwa pertama, BEKAM.

Well, bagi anda2 yg belum tahu apa itu bekam, mungkin bisa membaca di side A, artikel bekam. Di sana aku tuliskan alasan2nya, meski lebih banyak tinjauan agama daripada medis.

Bekam yg aku lakukan adalah yg kali kedua. Yg pertama, aku lakukan di bulan Peb-Maret 2008. Dan idealnya, berbekam ini dilakukan sekitar 1-2 bulan sekali. Namun karena faktor sibuk *halah, alesan basi* aku baru bisa lakukan di bulan Juni 2008 ini.

Oke, aku jelaskan proses bekam ini.
1. Pertama, kita akan disuruh tengkurap di sebuah tempat tidur. Seperangkat alat bekam biasanya sudah tersedia di samping tempat tidur, seperti gambar di samping ini.
2. Sang tabib *katakanlah begitu* akan mengoles punggung anda dengan minyak. Aku kurang tahu persis minyak apa yg dipakai. Saat mengoles, dia akan menggunakan sarung tangan karet. Minyak dioleskan dari leher hingga ke bagian pinggang.
3. Selanjutnya dilakukan bekam kering. Hati2, meski hanya bekam kering, tapi punggung anda akan terasa ditarik2 dg alat penghisap yg super kuat. Jadi, jika dirasa tidak kuat, mendingan gigit sesuatu, sandal karet lebih baik...biar ada pengalihan rasa sakit.
4. Titik2 bekam kering akan ditusuk2 dg jarum, atau di beberapa tempat disayat dg silet. Mengerikan? Well, tidak kok!! Tidak akan terlalu terasa, setidaknya menurutku. Yg aku alami, metodenya pakai jarum. Tenang saja, jarumnya 1x pakai buang, jadi ga akan ada penularan penyakit2 yg berbahaya. Sementara jika pakai silet, yg disayat adalah kulit atasnya saja, tidak sampai dalam2 banget!
5. Berikutnya adalah bekam basah. Darah akan mengalir keluar, memenuhi cungkup bekam. Proses ini berlangsung lebih kurang 10-15 menit. Kira2 yaaa seperti gambar di samping.
6. Usai 15 menit, sang tabib akan membuka cungkup bekam, dan membersihkan darah.

Selesai!!

Oya, ada beberapa hal yg perlu diperhatikan:
1. Bagi beberapa orang, proses ini dirasakan terlalu mengerikan, sehingga mereka ketakutan. Padahal beneran lho, ndak ngeri2 banget lah.
2. Yg mesti diperhatikan juga, bagi yg menderita hemophilia (penyakit darah susah beku), bekam tidak dianjurkan. Bisa2 malah mati kehabisan darah.
3. Hendaknya makan dahulu sebelum bekam, agar kita masih ada energi. Darah yg keluar, meski tidak sebanyak donor, tapi jika kita tidak makan, yaaa...ndak disarankan.
4. Bekam, secara ilmiah, tidak banyak diteliti. Bagi beberapa orang, bekam dianggap penipuan, karena tidak ada hasil penelitian yg cukup valid. Well, mereka beranggapan hadits ttg bekam itu benar, tapi tidak ada data ilmiahnya. Untuk hal ini, yaaa...terserah pada anda semua. Aku kembalikan kepada diri masing2 saja.kedip2
5. Aku sendiri merasakan manfaat, aku yakin bukan sugesti kok. Usai bekam, pusing di kepala hilang, lalu penglihatan jadi lebih terang. Kemudian sakit2 di sekitar pinggang juga lenyap.

*gambar ttg bekam diambil dari sini, sini, dan sini*

Kejadian kedua, masih tentang penghisapan dan penyedotan darah, adalah DONOR DARAH!

Donor darah kali ini, aku lakukan di Mal Amb*asa*do*r, sama seperti kasus darah muncrat. Alhamdulillah, kali ini tidak ada kejadian2 yg mengerikan dan 'horor'.nyengir

Yg patut diperhatikan dari donor darah kali ini adalah....BERKURANGNYA ITEM BONUS!! Silakan anda bandingkan jumlah item bonus yg aku terima di bulan Maret 2008 *gambar kiri* dengan jumlah item yg aku terima di bulan Juni ini!! Phewwww...seperti langit dan bumi yach? Apa gara2 BBM naik lantas jumlah item dikurangi?auk aaahh...!