Sejak membina rumah tangga, kami senantiasa menggunakan minyak tanah sebagai bahan bakar. Penyebabnya bukan karena kami tidak mampu membeli kompor gas, bukan itu. Kompor gas malah sudah ada dan siap digunakan. Yg menjadi penyebabnya mungkin karena harga minyak tanah yg saat itu relatif murah dan mudah diperoleh dibandingkan dengan gas, yg saat itu hanya tersedia dalam ukuran (minimal) 12 kg.

Selain itu, Wify sendiri tidak intens memasak, dalam artian 1 kali masak bisa digunakan untuk 2x sajian. Walhasil, kami pikir minyak tanah lebih ekonomis dibandingkan dengan gas.

Akan tetapi, mindset ini terpaksa kami ubah usai Wify mendapat pengalaman yg 'menakjubkan'.

Alkisah, persediaan minyak tanah kami sudah habis. Seperti biasa, saat ngantor Wify membawa jerigen minyak tanah ukuran 5 liter. Hal ini dikarenakan di dekat kantor Wify bekerja, ada warung penjual minyak tanah. Seperti biasa, Wify pesan full (5 liter). Nah, saat membayar, terjadilah percakapan berikut:
Wify:"Jadi berapa nih bu...?"
Penjual:"Full ya mbak? 5 liter kan? Jadi Rp 40 ribu totalnya."

Wify: *glek* "Berapa bu?"
Penjual:"Rp 40 ribu mbak."

Wify:"Errr...bu, 3 liter saja deh bu."
Penjual: *merutuk dalam hati*

Yak...ternyata harga minyak tanah meroket hingga Rp 8ribu/liter. Dan kenaikan harga ini tidak kami ketahui, walhasil Wify terkaget-kaget.

Saat pulang, akhirnya kami diskusi, LAKUKAN KONVERSI KE GAS!! Selain harga yg kian mencekik, kami teringat dg target pemerintah untuk 'meniadakan' minyak tanah dari pelosok Jakarta sejak 1 Juni 2008. Daripada apes di belakang hari, lebih baik kami (yg waras ini) ngalah.

So, sudah 3 bulan ini, tepatnya saat kami pindah ke kontrakan baru, kami gunakan gas untuk keperluan memasak. Dan walaupun harga minyak tanah 'hanya' menjadi Rp 2500/liter, ternyata dengan gas lebih murah (meski sekarang harganya naik lagi...DASAR PEMERINTAH MEMALUKAN!!) dari yg semula Rp 15 ribu/3kg, menjadi Rp 17 ribu/3kg!!d'oh

Untuk beralih ke tabung gas ukuran 12 kg, errrr...kami masih pikir2 dulu deh...! Sementara untuk menggunakan BLUE ENERGY...PLIS DEH...KAMI MASIH PUNYA AKAL SEHAT GITU LHO!!!ngakak guling2